Alergi Dingin

Alergi Dingin

Alergi dingin adalah suatu reaksi tubuh yang sensitif secara berlebihan terhadap suatu suhu dingin yang kontak dengan tubuh secara langsung, seperti udara dan air. Nah reaksi yang muncul bisa bermacam-macam, hal itu tergantung bagian mana yang terkena dan tingkat sensitif tubuh tersebut. Seperti contoh pada kulit akan muncul gatal-gatal, biduran atau bahkan pada pernafasan yaitu bisa terjadi bersin-bersin.

Ada yang menganggap udara atau sesuatu bersuhu rendah tersebut berbahaya dan ada juga yang menganggap tidak berbahaya. Karena ini berhubungan dengan tubuh maka yang bekerja sebagai pelindung atau penangkal alami tubuh dari substansi atau benda-benda luar adalah antibodi atau sistem kekebalan tubuh anda yang berperan penting. Tingkat keparahan orang yang mengalami alergi dingin yang muncul tentunya berbeda-beda. Sebagian orang bisa sampai kehilangan kesadaran, mengalami tekanan darah yang sangat rendah dan untuk tingkat yang paling parah yaitu dapat menyebabkan kematian.

Alergi dingin merupakan alergi yang banyak ditemukan dalam masyarakat dan bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi dalam lingkungan terdekat anda. Sebagian besar orang menganggap jika indikasi alergi terhadap udara atau suhu rendah yang muncul merupakan hal biasa karena udara atau sesuatu yang bersuhu rendah tersebut memang dibawah suhu rata-rata manusia sehingga sering dianggap sebagai gejala flu.

Gejala Alergi Dingin

Hal-hal yang ditimbulkan dari reaksi yang berlebihan dari suatu antibodi atau sistem imun atau sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap udara atau sesuatu bersuhu rendah bagi tubuh dinamakan gejala atau indikasi.  Gejala-gejala yang dapat ditimbulkan dari alergi dingin juga bervariasi pada setiap orang. Tingkat serta resiko dari gejala-gejala yang ditimbulkan juga dapat  bervariasi.  Sebagian orang ada yang memberikan gejala alergi dingin yang ringan ada juga yang memberikan gejala alergi dingin yang berat serta sangat berlebihan.

Gejala alergi dingin yang ringan dari antibodi atau sistem imun atau sistem kekebalan tubuh terhadap udara atau sesuatu yang bersuhu rendah bagi tubuh manusia umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Bersin-bersin
  2. Bentol-bentol
  3. Iritasi
  4. Pembengkakan laring faring
  5. Hidung berair
  6. Batuk

Gejala alergi dingin yang berat serta sangat berlebihan dari antibodi atau sistem kekebalan tubuh terhadap udara atau sesuatu yang bersuhu rendah bagi tubuh manusia umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Kematian
  2. Sulit tidur
  3. Sakit kepala
  4. Sakit perut
  5. Sulit bernafas
  6. Gagap

Penyebab Alergi Dingin

Penyebab alergi dingin pada masing-masing orang bervariasi tergantung dari antibodi atau sistem imun atau sistem kekebalan tubuh seseorang yang terbentuk sebagai pelindung tubuh dari udara atau sesuatu bersuhu rendah diluar tubuh.  Setiap udara atau sesuatu bersuhu rendah diluar tubuh anda masuk ke dalam tubuh melalui syaraf pada kulit maka secara otomatis antibodi atau sistem imun atau sistem kekebalan tubuh anda akan menganggap hal itu adalah musuh dan akan menyerang udara atau sesuatu bersuhu rendah yang masuk tadi.  Ada tubuh dengan sedikit antibodi yang dikeluarkan cukup untuk menangani sesuatu bersuhu rendah tersebut ada juga yang harus mengeluarkan banyak antibodi bahkan sampai berlebihan.

Alergi dingin dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya seperti apa, Namun seringkali hal ini bisa terjadi dalam satu keluarga, kemungkinan besar karena faktor keturunan. Meskipun penyebabnya belum bisa diketahui secara pasti, Tapi anda dapat mengamati beberapa pemicu alergi dingin, misalnya karena paparan suhu yang sangat dingin, berenang di air dingin, mengkonsumsi makanan dan minuman dingin, ketika hujan atau udara yang sangat dingin terutama di pagi hari.

Cara Mengobati

Cara mengobati alergi dingin secara umum yaitu dengan cara menghindari beberapa faktor pemicu yang menyebabkan alergi suhu dingin tersebut. Untuk langkah awal sebaiknya anda harus mengetahui apa pemicu yang menyebabkan gejala alergi dingin yang muncul pada diri anda. salah satunya adalah dengan cara menjaga tubuh anda agar selalu tetap hangat, seperti contoh hidarilah udara dingin di luar atau udara dingin di ruangan ber AC dengan suhu yang sangat rendah dan kalau bisa pada pagi hari, mandilah menggunakan air hangat.

Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi obat alergi. Obat dibawah ini bukan hanya digunakan untuk mengobati alergi dingin saja melainkan juga dapat mengatasi alergi secara umum. Adapun obatnya seperti:  Antihistamin, Steroid, Doxepin dan omalizumab.

Antihistamin dapat memblokir antihistamin yang menyebabkan munculnya gejala alergi seperti gatal dan kemerahan. Beberapa contoh obatnya seperti loratadin, cetirizine, CTM, interhistin. Steroid dapat menurunkan reaksi imunitas tubuh sehingga dapat menekan alergi, beberapa contoh obatnya seperti dexamethason, prednison metilprednisolon. Doxepin dapat mengobati kecemasan dan depresi, obat ini juga dapat mengurangi gejala urtikaria dingin. Dan yang terakhir yaitu omalizumab dapat mengobati asma, namun bisa digunakan sebagai obat alergi ini. Namun jika alergi suhu dingin yang anda semakin parah, sebaiknya konsultasikanlah kepada dokter ahli untuk mengatasi permasalahan ini lebih lanjut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Alergi Susu Susu merupakan minuman penambah gizi yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Meski susu merupakan minuman yang banyak dikonsumsi […]
  • Alergi Obat Alergi obat adalah salah satu reaksi alergi yang mana sistem kekebalan tubuh akan bereaksi secara berlebihan atau tidak normal terhadap obat-obatan tertentu yang anda konsumsi. Kondisi […]
  • Alergi Makanan Alergi makanan dapat terjadi pada semua orang tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa.  Anda mungkin berpikir sakit perut atau mual yang anda alami dan rasakan setelah […]
  • Alergi Telur Telur merupakan lauk alternatif yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat selain daging, tahu, tempe dan ikan. Meski demikian, tidak semua orang bisa mengkonsumsi telur. Hal ini dikarenakan […]
  • Dermatitis Kontak Apa itu dermatitis kontak? Bila kulit Anda bersentuhan dengan substansi alergen di lingkungan Anda, mungkin kulit akan bereaksi, menyebabkan kulit gatal dan merah. Ini disebut dermatitis […]