Alergi Makanan

Alergi Makanan

Alergi makanan dapat terjadi pada semua orang tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa.  Anda mungkin berpikir sakit perut atau mual yang anda alami dan rasakan setelah memakan sesuatu merupakan hasil dari pengolahan makanan tersebut yang tidak higienis serta hal terburuk yang bisa terjadi adalah tidak layaknya makanan tersebut dikonsumsi.  Sedikit dari anda akan berpikir bahwa mungkin sakit perut atau mual tersebut merupakan salah satu alergi yang dapat terjadi, kecuali jika anda memang memperhatikan dan menandai perubahan yang terjadi pada tubuh anda setelah memakan suatu jenis makanan.

Alergen merupakan suatu kandungan yang menyebabkan suatu jenis makanan tersebut dapat menyebabkan alergi bagi tubuh anda.  Sehingga alergen yang terkandung dalam suatu jenis makanan merupakan pemicu munculnya alergi makanan.  Alergen yang terkandung ini sebagian besar berupa protein yang tidak rusak pada saat memasak dan tidak rusak saat berada pada keasaman lambung sehingga masuk ke dalam peredaran darah dan menjadi penyebab reaksi alergi  kepada makanan.

Penyebab Alergi Makanan

Alergi pada makanan ini bisa terjadi pada anak kecil yang umumnya alergi makanan telur, susu, kacang tanah dan stroberi.   Pada orang dewasa, alergi makanan umumnya berasal dari makanan laut, kacang-kacangan dan telur. Zat pemicu munculnya alergi makanan ada tiga yaitu :

  1.  Immunoglobulin E, merupakan zat antibodi dalam sistem imun tubuh kita yang bisa menjadi alasan untuk memicu timbulnya suatu jenis alergi makanan.  Alergi pada makanan yang disebabkan karena hal ini gejalanya akan muncul langsung setelah memakan suatu jenis makanan.  Contohnya seperti munculnya warna kemerahan pada kulit, pembengkakan pada area mulut dan wajah, rasa gatal di daerah tenggorokan.
  2. Non-Immunoglobulin E, merupakan zat antibodi dalam sistem imun tubuh yang bisa menjadi alasan untuk memicu timbulnya suatu jenis alergi makanan.  Alergi pada makanan yang disebabkan krena hal ini gejalanya akan muncul setelah beberapa saat memakan suatu jenis makanan tertentu.  Contohnya seperti munculnya warna kemerahan pada kulit dengan tekstur yang berbeda dan biasa disebut dengan exim atau penyakit kulit dimana permukaan kulit anda menjadi kering, pecah-pecah dan berwarna kemerahan.
  3. Kombinasi dari Immunoglobulin E dan non-Immunoglobulin E, anda yang mengalami alergi makanan yang disebabkan karena kombinasi dari 2 zat antibodi maka anda akan merasakan juga kombinasi dari dampak 2 gejala diatas.

Gejala Alergi Makanan

Gejala-gejala yang dapat ditimbulkan pada alergi makananumumnya berupa pembengkakan di sebagian area tubuh yang sering terjadi adalah pada daerah wajah, perut mual, sulit tidur, sakit kepala, sulit bernafas, pingsan bahkan sampai pada tingkat kematian seseorang juga bisa terjadi.  Jika anda mengalami alergi makanan maka hal yang pertama terjadi adalah terasa gatal di area mulut, sulit bernafas dan sulit menelan makanan tersebut. Itu merupakan tanda telah terjadinya pembengkakan.  Gejala berikutnya yang akan dialami adalah mual, diare bahkan sampai nyeri perut.  Gejala ini terjadi saat makanan pada lambung dan usus halus.  Jika alergen sampai pada kulit anda maka akan anda akan merasakan gatal-gatal, bentol-bentol dan kulit akan berwarna kemerahan.

Alergi makanan dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh anda salah menganggap bahwa makanan yang anda konsumsi merupakan benda asing yang harus dilawan sehingga sistem kekebalan tubuh anda memerintahkan beberapa sel-sel dalam tubuh anda untuk melepaskan histamin dan senyawa kimia lain kedalam aliran darah.  Histamin ini kemudian akan mempengaruhi kinerja dari beberapa organ tubuh anda seperti mata, tenggorokan, kulit ataupun saluran pencernaan.  Dengan kata lain, alergi makanan merupakan sistem kekebalan tubuh yang tidak normal terhadap suatu jenis makanan yang dikonsumsi.

Cara Mengobati 

Cara untuk mengobati alergi makanan ini yang paling utama adalah menghindari untuk memakan suatu jenis makanan yang dapat memicu alergi.  Berikan obat antihistamin untuk memperkecil dampak alergi pada makanan.  Cara lain yang dilakukan untuk mengurangi dampak alergi pada makanan adalah banyak minum air putih, minum air kelapa, tidak menggaruk bagian yang gatal, meminum obat antigatal, taburkan bedak antigatal, gunakan minyak gosok dan umumnya orang lain akan menggunakan minyak kayu putih untuk mengurangi dampak alergi pada makanan.

Jika anda termasuk orang yang kurang perhatian dengan dampak yang ditimbulkan dari suatu jenis makanan yang masuk kedalam tubuh maka lakukan tes tusuk kulit yaitu tes kulit dibagian volar.  Volar merupakan bagian dalam lengan dekat dengan telapak tangan.

Anda juga dapat menggunakan ramuan-ramuan tradisional serta alami untuk dapat mengurangi dampak dari alergi makanan tersebut gunakan bedak tabur antigatal, kompres dengan air hangat, gunakan minyak angin atau minyak kayu putih, meminum jamu-jamuan anti-gatal, minumlah obat anti gatal.  Terakhir periksakan ke dokter jika alergi pada makanan yang diderita tidak juga selesai.  Itu tandanya anda harus mendapatkan penanganan dari ahlinya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Alergi Dingin Alergi dingin adalah suatu reaksi tubuh yang sensitif secara berlebihan terhadap suatu suhu dingin yang kontak dengan tubuh secara langsung, seperti udara dan air. Nah reaksi yang muncul bisa bermacam-macam, hal itu tergantung bagian […]
  • Alergi Alergi adalah suatu reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu substansi atau benda dari luar tubuh yang diterima oleh tubuh. Reaksi tersebut merupakan substansi atau benda berbahaya bagi tubuh anda. Padahal […]
  • Alergi Obat Alergi obat adalah salah satu reaksi alergi yang mana sistem kekebalan tubuh akan bereaksi secara berlebihan atau tidak normal terhadap obat-obatan tertentu yang anda konsumsi. Kondisi alergi ini memang karena obat tertentu dan […]
  • Alergi Telur Telur merupakan lauk alternatif yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat selain daging, tahu, tempe dan ikan. Meski demikian, tidak semua orang bisa mengkonsumsi telur. Hal ini dikarenakan ada sebagian orang yang memiliki alergi jika […]
  • Alergi Susu Susu merupakan minuman penambah gizi yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Meski susu merupakan minuman yang banyak dikonsumsi tetapi ada sebagian orang yang tidak bisa […]