Alergi

Alergi adalah suatu reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu substansi atau benda dari luar tubuh yang diterima oleh tubuh. Reaksi tersebut merupakan substansi atau benda berbahaya bagi tubuh anda. Padahal substansi atau benda diluar tubuh tersebut merupakan hal yang tidak berbahaya bagi tubuh hanya saja reaksi tubuh setiap orang itu berbeda-beda. Orang yang mengalami alergi memiliki sistem kekebalan tubuh pada beberapa zat yang tidak berbahaya di sekitar lingkungan mereka. Adapun beberapa contoh substansinya yaitu seperti jamur, debu, serbuk sari dan lain-lain.

Ada yang menganggap substansi atau benda-benda tersebut berbahaya ada juga yang menganggap tidak berbahaya.  Karena ini berhubungan dengan tubuh yang bekerja sebagai pelindung atau penangkal alami tubuh dari substansi atau benda-benda luar adalah antibodi atau sistem kekebalan tubuh anda yang berperan penting. Alergi merupakan penyakit yang banyak ditemukan dalam masyarakat bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi dalam lingkungan terdekat anda dan bahkan besar kemungkinan akan bisa terjadi pada diri sendiri.

Sebagian besar orang menganggap jika indikasi alergi yang muncul merupakan hal biasa. Oleh sebab itu selanjutnya sebaiknya bisa menghindari hal-hal tersebut sehingga membuat tubuh tidak mengalami reaksi yang berbeda dari biasanya.  Banyak ahli mengatakan bahwa reaksi ini merupakan suatu bentuk reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu atau beberapa substansi dalam lingkungan sekitar anda.  Kekebalan yang berlebihan itulah yang akan menimbulkan alergi.

Setiap orang memiliki antibodi atau sistem kekebalan tubuh berbeda-beda. Ada yang memberikan reaksi secara normal ada juga yang memberikan reaksi secara berlebihan atau disebut dengan alergi.  Tergantung dari pembentukan antibodi atau sistem kekebalan tubuh anda karena komponen utamanya berupa sel-sel darah putih.  Antibodi atau sistem kekebalan tubuh terbagi menjadi dua yaitu :

Antibodi bawaan

Antibodi bawaan merupakan antibodi atau sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari beberapa komponen yang akan memberikan reaksi yang sama terhadap suatu benda asing diluar tubuh anda.

Antibodi yang didapat

Antibodi yang didapat merupakan antibodi atau sistem kekebalan tubuh diluar dari yang didapat dari lahir yaitu pengenalan terhadap benda-benda asing baru setelah dilahirkan sehingga antibodi ini terbentuk dari pengenalan juga rasa trauma terhadap suatu benda yang lebih spesifik.

Gejala Alergi

Hal-hal yang ditimbulkan dari reaksi yang berlebihan dari suatu antibodi atau sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu substansi atau benda asing bagi tubuh dinamakan gejala atau indikasi.  Gejala-gejala yang dapat ditimbulkan juga bervariasi pada setiap orang.  Ada berbagai tingkat resiko dari gejala-gejala yang ditimbulkan. Sebagian orang ada yang memberikan gejala alergi yang ringan ada juga yang memberikan gejala alergi yang berat serta sangat berlebihan.

Gejala alergi yang ringan dari antibodi atau sistem kekebalan tubuh terhadap substansi atau benda asing diluar dari tubuh manusia umumnya yaitu seperti:

  1. Bersin-bersin
  2. Kulit merah
  3. Merasakan gatal di suatu area tertentu dari tubuh
  4. Cegukan
  5. Mata merah
  6. Rasa sakit di salah satu bagian tubuh
  7. Iritasi
  8. Hidung berair
  9. Merinding
  10. Batuk

Selain gejala alergi ringan, ada juga gejala yang berat atau sangat berlebihan dari antibodi atau sistem imun atau sistem kekebalan tubuh terhadap substansi atau benda asing diluar dari tubuh manusia umumnya yaitu seperti:

  1. Muntah
  2. Pingsan
  3. Sulit tidur
  4. Gatal-gatal yang berkepanjangan
  5. Sakit kepala
  6. Sakit perut
  7. Sulit bernafas
  8. Pandangan berkunang-kunang
  9. Gagap
  10. Mimpi buruk

Penyebab Alergi

Penyebab alergi pada masing-masing orang juga bermacam-macam. Beberapa substansi penyebab alergi biasanya tidak berbahaya bagi tubuh. Selain itu juga tidak mengakibatkan gejala tersebut pada orang lain disekitarnya. Beberapa jenis alergen yang bisa menyebabkan munculnya masalah ini seperti:

  1. Masalah dengan makanan tertentu, misalnya udang, telur, susu, kepiting
  2. Masalah karena gigitan serangga, misalnya digigit lebah
  3. Masalah karena udara, misalnya dari debu, bulu hewan dan serbuk sari.
  4. Masalah karena obat-obatan, misalnya antibiotik penisilin..
  5. Masalah yang bersentuhan dengan kulit secara langsung, misalnya kulit tersebut terkena parfum, shampo, sabun atau bahan lateks.

Reaksi yang ditimbulkan mungkin berbeda-beda pada setiap orang. Nah reaksi alergi ini akan muncul jika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap alergen yang dianggapnya berbahaya, meskipun sebenarnya tidak berbahaya.oleh sebab itu, terbentuklah antibodi yang disebut dengan  imunoglobulin E.

Faktor keturunan juga bisa sebagai penyebab timbulnya alergi. Jika salah satu keluarga anda sering mengalami seperti ini, besar kemungkinan anda juga akan mengalami gangguan ini. Selain itu faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi resiko terjadinya gangguan yang sama.

Pengobatan

Jika anda mengalami alergi, anda bisa melakukan pengobatan dengan cara menghindari alerginya. Selain itu anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang memang digunakan untuk menangani masalah ini seperti: Antihistamin, obat semprot kortikosteroid, dekongesten, dan penghambat leukotriena. Jenis-jenis obat ini sangat efektif untuk menangani masalah pada tubuh anda. selain itu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengatasi masalah ini secara tepat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!