Dosis Tepat Vitamin C Bisa Redakan Gejala Asam Urat

Vitamin C Untuk Meredakan Gejala Asam Urat

Sebuah jurnal Archieves of Internal Medicine, bahwa pada setiap peningkatan dosis 500 mg asupan vitamin C per hari, maka akan bisa menurunkan resiko asam urat, khususnya pada pria sebesar 17%. Manfaat vitamin C ini akan lebih berasa, saat konsumsinya dinaikan menjadi 1500 mg per hari, dimana resiko berkurang sekitar 45% nya.

Sebelumnya, pernah dibahas mengenai seluk beluk asam urat disini. Asam urat biasa disebut radang sendi yang disebabkan tingginya kadar asam urat, dalam darah akibat gangguan metabolisme ini. Sampai saat ini penderita asam urat termasuk tinggi jumlahnya, dan di antar mereka selalu membutuhkan informasi mengenai cara penyembuhan penyakit ini.

Banyak herbal yang menjanjikan dapat mengatasi masalah ini. Namun, jika diselidiki lebih jauh, ternyata salah satu manfaat vitamin C adalah mengurangi resiko untuk menderita asam urat, khususnya pada pria yang lebih rentan terkena penyakit ini.

Penelitian Manfaat Vitamin C Untuk Asam Urat

Seperti yang dijelaskan di atas, penelitian mengenai manfaat vitamin C untuk masalah asam urat telah diterbitkan di jurnal Archieves of Internal Medicine. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari Boston University School of Medicine. 

Tidak aada klasifikasi tertentu mengenai jenis vitamin C yang bisa dikonsumsi. Namun, konsumsi vitamin C dari bahan-bahan alami, seperti makanan dan buah-buahan tetap lebih dianjurkan. Untuk mencukupi, vtamin C dalam bentuk minuman, bisa membantu.

Dalam penelitian yang menguji manfaat vitamin C dan dilakukan dalam rentang waktu 20 tahun tersebut telah ditemukan 317 kasus aam urat. Tim peneliti membandingkan pria yang asupan vitamin C kurang dari 250 mg/hari, pria dengan asupan Vitamin C antara 500-999 mg/hari ternyata risiko terjadinya asam urat berkurang 17%.

Pada pria dengan asupan Vitamin C antara 1000-1499 mg/hari, risiko asam uratnya berkurang sampai 34 %. Sedangkan mereka yang minum Vitamin C lebih dari 1500 mg/hari, risiko asam urat berkurang sampai 45%.

Bagaimana Asam Urat bisa dicegah dengan Vitamin C

Dalam penelitiannya, disimpulkan bahwa, manfaat vitamin C dalam menurunkan resiko asam urat adalah dengan cara mengurangi kadar asam urat yang terdapat dalam darah, sehingga jumlah kristal urat yang terbentuk akan berkurang. Vitamin C sendiri, memiliki sifat urikosurik, yang bisa menghambat reabsorbsi asam urat oleh ginjal, sehingga kecepatan kerja ginjal mengeluarkan asam urat melalui urinpun akan meningkat.

Tidak hanya itu, jauh-jauh hari juga telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat vitamin C dalam mengurangi peradangan sangatlah besar, hal ini juga mendukung agar peradangan yang disebabkan asam urat tidak terjadi.

Konsumsi Vitamin C Tidak Lebih dari 2000 mg/hari

Maksimal jumlah vitamin C yang bisa dikonsumsi sehari adalah 2000 mg.

 Walapun dikatakan jumlah asam urat yang dikonsumsi berbanding lurus dengan presentase kemungkinan penurunan resiko terjadinya asam urat pada pria, tapi perlu diperhatikan bahwa konsumsi vitamin C tetap harus dibatasi dalam sehari. Menurut beberapa ahli kesehatan, maksimal jumlah vitamin C yang bisa dikonsumsi sehari adalah 2000 mg.

Penting juga diingat, bagi penderita asam lambung atau maag, konsumsi vitamin terlalu berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang bisa mengganggu keadaan lambung. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan mengkonsumsi melebihi batas yang dianjurkan. Jangan sampai manfaat vitamin c yang begitu besar, harus dikorbankan dengan efek tidak nyamannya pada penderita penyakit lambung kronis.

Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung kadar vitamin C tinggi sangat dianjurkan, daripada mengkonsumsi vitamin C kimiawi. Banyak buah yang bisa dimanfaatkan, diantaranya adalah jeruk, strawbery, kiwi ataupun ceri. Buah-buahan di atas dikatakan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Ceri misalnya, sebuah penelitian pernah membuktikan, dengan mengkonsumsi ceri secara rutin dalam setahun, mampu mengurangi resiko terjadinya asam urat sampai dengan 35%. Dikatakan, bahwa kandungan vitamin C yang juga sebagai antioksidan, mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Sama halnya dengan ceri, manfaat vitamin C lainnya bissa dirasakan dari buah kiwi. Walaupun belum banyak diketahui, ternyata kiwi memiliki kandungan vitamin C yang lebih besar dari jeruk, Banyak ahli herbalis, menyarankan membuat jus kiwi campur leci untuk mengatasi masalah asam urat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait