Ascariasis – Infeksi Cacing Gelang

Ascariasis – Infeksi Cacing Gelang

Ascariasis merupakan jenis penyakit yang penularannya dikarenakan cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia. Cacing ini adalah jenis cacing parasit atau sangat merugikan bagi tubuh, cacing pada penyakit ini disebut cacing gelang. Telur cacing gelang yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan atau minuman (nantinya akan berubah menjadi cacing gelang dewasa/ascaris lumbricoides) akan hidup di dalam usus, cacing gelang tersebut akan hidup dan mengalami perkembangbiakkan.

Ketika cacing gelang berkembangbiak dengan cara menghasilkan telur-telur yang sangat banyak maka akan menimbulkan gejala bagi manusia tersebut bahkan dapat mengakibatkan komplikasi serius.

Proses perkembangbiakkan cacing gelang memiliki 2 fase, yaitu fase awal dan fase lanjut. 

  • Pada fase awal, berawal dari telur-telur cacing gelang yang tanpa sengaja tertelan oleh manusia sehingga telur-telur cacing gelang tersebut akan dapat menetas di dalam perut menjadi larva-larva cacing.
  • Kemudian akan mengalami fase kedua, yaitu fase lanjut yang dimana fase tersebut setelah larva-larva bermunculan dari telur-telur yang menetas kemudian larva-larva cacing gelang tersebut akan berpindah ke dalam usus.

Di dalam usus, cacing-cacing gelang tersebut dapat berkembangbiak menjadi cacing-cacing gelang dewasa.

Gejala Ascariasis

Gejala yang timbul pada penyakit ascariasis umumnya terjadi hingga hari ke-21 apabila manusia yang terserang terindikasi berada pada fase awal, gejala-gejala tersebut diantaranya:

  1. Penderita akan mengalami demam
  2. Penderita akan sering menderita batuk-batuk tanpa dahak (kering)
  3. Penderita memiliki napas yang setengah-setengah/pendek
  4. Penderita akan bernapas dengan mengeluarkan bunyi “ngik” (mengi)

Apabila manusia yang terserang terindikasi berada pada fase lanjut tipe ringan hingga menengah, maka gejala yang akan timbul diantaranya:

  1. Penderita mengalami sakit perut yang tidak wajar
  2. Penderita mengalami mual-mual bahkan muntah-muntah
  3. Penderita sering mengalami diare
  4. Ketika berak, tinja penderita akan muncul darah

Untuk penderita penyakit ascariasis yang telah memasuki tahap parah, akan muncul gejala-gejala diantaranya:

  1. Sering mengalami sakit perut hingga tak tertahankan
  2. Penderita sering mengalami muntah-muntah
  3. Penderita akan sering kelelahan ketika beraktivitas
  4. Terdapat cacing pada saat penderita muntah atau di dalam tinja ketika berak
  5. Mengalami penurunan berat pada badan

Penyabab Ascariasis

Setiap orang berpotensi terserang penyakit ascariasis terutama pada daerah-daerah yang memiliki iklim tropis maupun subtropis. Hal ini dikarenakan penyebab atau penularan penyakit ini berasal dari makanan atau minuman yang mengandung telur-telur cacing gelang. Bahan makanan yang tumbuh berasal dari tanah berpeluang terkontaminasi cacing-cacing gelang.

Pertumbuhan cacing-cacing gelang juga dapat terjadi dari beberapa faktor yang beresiko seperti:

  1. Kebersihan makanan maupun minuman yang kurang terjaga, terutama bagi makanan yang penanamannya dengan pupuk dari memanfaatkan tinja manusia.
  2. Faktor usia juga mempengaruhi terjadinya pertumbuhan dan perkembangbiakkan cacing-cacing gelang terutama bagi anak-anak berusia 10 tahun maupun dibawah usia 10 tahun.
  3. Sering terjadi pada daerah yang memiliki padat penduduk dengan jumlah yang tinggi.

Setelah mengenal dan mengetahui penyebab-penyebab dari penyakit ini, sebaiknya anda menghindari hal-hal yang dapat mengakibatkan penyakit tersebut. Berikut cara-cara untuk mencegah penyakit ini, antara lain:

  1. Anda hindari makanan yang disajikan tanpa adanya sanitasi atau kebersihan tidak terjaga untuk dikonsumsi.
  2. Hindari air yang akan dikonsumsi berasal dari sumber-sumber yang telah tercemar.
  3. Hindari tanah yang kemungkinan telah tercemar kotoran manusia.
  4. Sayuran akan dikonsumsi harus dicuci hingga bersih.
  5. Setelah dari kamar mandi, cucilah tangan hingga bersih bahkan ketika akan makan.

Cara mengobati

Pengobatan dapat dilakukan melalui resep pengobatan dari dokter. Obat-obatan untuk penyakit ascariasis yang cukup bekerja membunuh cacing-cacing gelang dewasa, dokter akan memberikan resep obat jenis anti-parasit diantaranya:

  1. Obat membendazole, Obat jenis ini dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita berusia 1 tahun ke atas. Obat ini memiliki efek samping seperti mengalami diare, ruam kulit (kulit akan merasa gatal dan perih bahkan terkupas), dan penderita akan sering buang angin.
  2. Obat piperazine, Obat jenis ini dianjurkan untuk dikonsumsi bayi berusia 3-11 bulan sebanyak 1 kali dalam sehari. Efek samping dari obat ini diantaranya akan menimbulkan sakit perut, juga terjadi diare, mual bahkan muntah, dan nyeri pada perut (kolik).
  3. Obat albendazole, Oba jenis ini dianjurkan bagi penderita untuk mengkonsumsi obat ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Obat ini juga memiliki efek samping diantaranya menimbulkan sakit perut, mual bahkan muntah, mengalami pusing, dan sakit ruam kulit.

Untuk kasus yang termasuk penyakit ascariasis berat dimana terjadinya obstruksi atau perforasi pada usus, juga obstruksi pada saluran empedu, serta usus buntu mungkin penderita akan disarankan untuk melakukan endoskopi atau biasa disebut pembedahan.

Oleh sebab itu, kebersihan air minuman maupun makanan sangatlah penting untuk menghindari penyakit ascariasis ini. Perhatikan pula kebersihan pada lingkungan anda yang juga memiliki peluang mencemari minuman dan makanan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Cacing Kremi Cacing kremi merupakan parasit berukuran kecil yang menjangkiti usus besar dalam tubuh manusia. Cacing tersebut berwarna putih, sekilas tampak seperti benang putih. Cacing dewasa jantan berukuran sekitar 2-5 mm x 0,1-02 mm, cacing betina […]
  • Gastroenteritis Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi di usus yaitu perut yang diakibatkan karena beberapa jenis virus. Dalam dunia medis penyakit ini dikenal dengan istilah virus lambung. Infeksi gastroenteritis dapat menyebabkan […]
  • Gastroenteritis Apa Itu Gastroenteritis? Gastroenteritis adalah infeksi mikroba yang menyebabkan radang pada lapisan perut (lambung), usus kecil dan usus besar diandai dengan diare, muntah, sakit perut dan kram perut sebagai ciri-ciri gastroenteritis […]
  • Keratitis Acanthamoeba Penyakit mata keratitis acanthamoeba adalah penyakit mata serius, jarang, dan menyakitkan yang mempengaruhi kornea mata, di bagian mata transparan untuk cahaya masuk. Acanthamoeba keratitis merupakan infeksi mata yang mempengaruhi […]
  • Filariasis Atau Penyakit Kaki Gajah Filariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit Filariasis dapat menyerang hewan bahkan manusia. Memang penyakit filariasis bukan merupakan infeksi yang mengancam jiwa tetapi dapat menyebabkan kerusakan […]