Bronkitis

Bronkitis

Penyakit bronkitis atau yang di masyarakat biasa dikenal dengan paru-paru basah adalah peradangan pada selaput lendir pada bagian bronkial paru-paru sehingga menyebabkan gangguan pernafasan. Peradangan ini mengakibatkan pembengkakan dan penebalan pada selaput lendir dan menjadikan saluran udara pada paru-paru mengalami penyempitan.

Gejala

Secara umum, penyakit kronis ini ada dua jenis yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Gejala Bronkitis akut biasanya ditandai dengan batuk-batuk selama kurang lebih 3 mingguan. Gejala lainnya bisa juga seperti dada terasa sakit, sesak nafas dan demam. Hal ini disebabkan karena bagian bronkus mengalami peradangan akibat infeksi pada saluran pernafasan oleh virus. Adakalanya jenis bronkitis akut ini dapat sembuh dengan sendirinya, atau bisa diatasi dengan istirahat dan minum air yang cukup. Akan tetapi, jika selama kurang lebih 6 mingguan masih tetap dan belum sembuh juga, bisa jadi itu sudah masuk pada gejala bronkitis kronis.

Penyebab

Ada Beberapa hal yang menyebabkan penyakit bronkitis yang perlu anda ketahui, sehingga anda bisa melalukan pencegahan lebih dini, Adapun penyebab penyakit ini antara lain:

1. Polusi industri

Yang pertama yaitu karena polusi udara. Seperti yang diketahui bahwa di zaman modern seperti ini, tak bisa dipungkiri lagi akan kemajuan industri selain manfaatnya yang besar bagi manusia, juga tidak sedikit membawa dampak negatif  terutama pada lingkungan dan kesehatan manusia. Seseorang yang kesehariannya sering terkena asap pabrik ataupun sering berada di daerah yang berdebu, ada kemungkinan akan terkena penyakit ini.

2.Virus

Yang kedua yaitu karena virus. Tanpa kita sadari, dengan seringnya kita berinteraksi dengan bermacam-macam manusia, penyebaran virus yang dapat mengganggu kesehatan sering terjadi. Seperti halnya infeksi pada paru-paru seringkali disebabkan oleh virus. Biasanya jenis virus yang menyerang adalah virus influenza.

3.Rokok

yang ketiga yaitu karena rokok. Seperti yang diketahui bahwa rokok adalah sesuatu hal yang meskipun sudah anda ketahui bersama bahwa itu memiliki kadungan-kandungan zat yang berbahaya, tetapi masih saja banyak yang memakainya. Hal ini kalau tidak di siasati tentunya juga menimbulkan penyakit pada diri sendiri khususnya bagi si pemakai tersebut. Karena, dengan menghisap rokok secara berlebihan bisa juga menyebabkan banyaknya lendir pada saluran bronkial.

Gejala Penyakit Bronkitis

1.Batuk dan hidung tersumbat

Batuk dan hidung tersumbat merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian manusia. Tak jarang banyak yang meremehkan penyakit ini. Padahal jika dibiarkan tidak segera diobati ada kemungkinan  masuk pada gejala terkena penyakittersebut.

2.Demam

Demam juga merupakan gejala umum ketika anda mengalami serangan penyakit akibat virus dan infeksi.

3.Badan akan terasa lemas dan cepat mengalami kekelahan pada saat beraktivitas.

4.Menurunnya nafsu makan.

Akan tetapi ini hanyalah gejala umum, untuk memastikan apakah seseorang menderita bronkitis atau tidak, akan lebih baik dengan melakukan check up ke dokter.

Cara Mengobati Bronkitis

Ada berbagai macam cara yang mungkin dapat dilakukan sebagai usaha penyembuhan pada orang yang terkena penyakit ini, mulai dari pengobatan tradisional, herbal sampai pengobatan medis. Ada berbagai macam tanaman disekitar kita yang bisa digunakan sebagai obat alami bronkitis, misalnya:

1.Kunyit

Bahan ini sangat efektif untuk pengobatan penyakit bronkitis. Dengan bahan kunyit ditambah daun patikan kebo dan gula merah, direbus dan diminum secara rutin.

2.Jahe

Kandungan sifat anti inflamasi yang terdapat pada jahe cepat mengatasi iritasi dan pembengkakan pada paru-paru. Dengan teratur meminum air jahe hangat, batuk bronkitis perlahan dapat mereda.

3.Jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki kandungan banyak diantaranya vitamin C. Air perasan jeruk nipis dicampur madu dan diseduh dengan air hangat juga dapat meredakan batuk-batuk yang berat.

4.Air garam

Dengan berkumur air garam 3 kali sehari juga dapat mengurangi dahak yang menggumpal pada saluran pernafasan dan mengurangi iritasi pada radang tenggorokan.

5.Madu

Madu memiliki kandungan antibiotik alami pada madu dapat mencegah serangan penyakit tersebut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain melakukan pengobatan seperti cara yang sudah tertera di atas, anda juga dapat melakukan pencegahan sejak dini.

Pencegahan Penyakit Bronkitis

Sebelum anda sampai terserang penyakit seperti ini, Sebaiknya anda melakukan pencegahan lebih awal dengan cara yang sederhana seperti hal-hal dibawah ini:

1.Suntik vaksin

Menyuntik vaksin sebagai bentuk pencegahan penyakit bronkitissangat disarankan untuk anak-anak yang masih rentan terhadap penyakit.

2.Pola makan yang sehat

Hal ini juga bisa anda lakukan sebagai pencegahan. Mengingat bahwa dengan menjaga pola makan juga termasuk didalamnya adalah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang cukup. Maka daya tahan tubuh anda akan menjadi kuat dan dapat menahan masuknya virus yang menyerang tubuh.

3.Perlindungan pada saluran pernafasan

Perlindungan pada saluran pernafasan yaitu apabila anda sering melakukan aktivitas diluar rumah, dijalanan atau ditempat-tempat yang banyak polusi. Disarankan memakai penutup hidung (masker) untuk mencegah masuknya virus.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Benarkah Penyakit Asma Adalah Resiko Seumur Hidup? Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh SKRT atau Survey Kesehatan Rumah Tangga, mulai dari tahun 1986 sampai dengan 1995, insiden penyakit asma di Indonesia semakin meningkat dan […]
  • Bolehkah Penderita Asma Minum Kopi Kafein ditemukan dalam kopi, teh, minuman cola dan coklat. Kafein merupakan zat aditif yang sangat mirip dengan teofilin (Theophylline). Theophylline adalah obat bronkodilator yang […]
  • Seputar Pengobatan Alami Asma Menurut Dokter Ahli Pengobatan secara alami untuk asma menjadi trend akhir-akhir ini dengan alasan karena biaya pengobatan medis yang yang mahal. Mungkin Anda akan melakukan apa saja untuk mengobati asma, […]
  • Mitos & Fakta, Bolehkah Penderita Asma Minum Susu Sebuah mitos mengatakan bahwa penderita asma harus menghindari susu. Mitos ini berawal dari kesalahpahaman bahwa produk susu akan meningkatkan lendir di saluran udara, sehingga memicu […]
  • 6 Jenis Makanan Yg Dilarang Bagi Penderita Asma Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Asma adalah semua makanan yang memicu alergi dan menyebabkan gejala asma. Alergi makanan dapat menyebabkan reaksi parah yang mengancam jiwa pada […]