Bursitis

Bursitis

Bursitis adalah suatu penyakit yang mudah terjadi di kalangan masyarakat terutama yang memiliki pekerjaan dengan membutuhkan tenaga lebih. Pengertian bursitis sendiri yaitu terjadinya peradangan pada kantong cairan, kantong cairan tersebut berada di bawah kulit dan memiliki fungsi untuk bantalan jaringan ikat tendon dengan tulang. Nama lain kantong cairan dalam lingkup kedokteran yaitu bursa.

Gejala 

Gejala yang terlihat dari penyakit ini biasanya terjadi pembengkakan dan kulit berwarna merah, selain itu terasa sakit dan kaku. Rasa sakit dan kaku akan lebih terasa apabila digerak-gerakkan atau ditekan. Masyarakat yang awam tidak akan tahu gejala tersebut adalah penyakit bursitis sehingga reaksi beberapa orang terhadap gejala tersebut biasanya cukup dengan mengoleskan minyak urut atau membiarkan sembuh dengan sendirinya, tetapi ada juga sebagian orang yang memiliki kekhawatiran terhadap sakit memilih untuk melakukan pemerikasaan ke dokter.

Untuk gejala infeksi bakteri terjadi karena adanya bakteri pada bursa atau terhadap orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Contoh sebab infeksi bakteri yaitu pada orang-orang yang kecanduan meminum alkohol, pada penyakit HIV/AIDS, gangguan pada ginjal, pada penyakit diabetes mellitus, dan juga dapat terjadi dari efek samping melakukan kemoterapi. Selain gejala di atas, akan terjadi gejala lain untuk bursitis dari infeksi bakteri ini. Gejala tersebut berupa kerusakan pada kulit yang mengalami pembengkakan dan peradangan, infeksi yang terjadi pada lapisan kulit dalam atau biasa dikenal selulitis, dan demam yang tinggi dan menggigil yang tidak dikarenakan perubahan cuaca.

Selanjutnya munculnya komplikasi, contohnya dari penyakit rheumatoid arthritis atau juga disebut radang lapisan sendi yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh, dari penyakit asam urat, dan juga dari penyakit ankylosing spondylitis atau biasa disebut radang sendi yang terjadi dalam waktu lama di bagian tulang belakang.

Penyebab

Bursitis merupakan Penyakit umum yang disebabkan karena cidera, infeksi bakteri, dan komplikasi dari penyakit. Cidera terjadi yang disebabkan beberapa hal diantaranya mengangkat barang-barang berat yang berakibat pada bahu atau terjadi benturan keras pada kulit biasanya pada lutut yang apabila terjatuh dari sepeda dan siku yang sering digunakan untuk menyangga. Setelah terjadinya cidera tanda selanjutnya yaitu mengalami iritasi yang kemudian akan mengalami pembengkakan dan peradangan.

Cara Mengobati Bursitis

Sebelum dilakukan pengobatan terhadap gejala di atas sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Cara mengobati penyakit tersebut umumnya tidak perlu perawatan dari rumah sakit, cukup dengan minum obat-obatan yang dianjurkan dokter untuk meredakan sakitnya. Bagi anda yang telah mengetahui gejala dari penyakit tersebut sebaiknya melakukan pengobatan di rumah sebagai pertolongan pertama dengan mengkompres bagian tubuh yang mengalami gejala yang telah disebut di atas dengan es batu sekitar 10 hingga 20 menit dan memposisikan bagian tubuh yang sakit tersebut lebih tinggi dari pada dada dengan menggunakan bantalan agar peradangan dapat berkurang, selanjutnya dilakukan pemeriksaan ke dokter supaya diresepkan obat-obatan dan antibiotik untuk meredakan sakit dan mencegah timbulnya infeksi.

Anjuran untuk gejala pembengkakan sebaiknya tetap melakukan perawatan mengkompres dengan es batu dan memposisikan bagian tubuh yang bengkak lebih tinggi dari dada secara rutin setiap beberapa jam sekali yang bisa dilakukan di rumah. Rasa sakit biasanya hilang dalam kurun waktu beberapa minggu, sedangkan bagian yang bengkak memerlukan kurun waktu yang relatif lebih lama tetapi bergantung pada penyebab dan bagian tubuh yang meradang.

Apabila gejala yang terjadi adalah demam tinggi dan menggigil, kemungkinan yang akan dilakukan oleh dokter adalah mengambil sampel atau sedikit pengambilan cairan pada kantong cairan (bursa) yang kemudian cairan tersebut akan diperiksa di laboratorium agar dapat diketahui penyebabnya berasal dari infeksi bakteri atau komplikasi penyakit asam urat.

Apabila gejala tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kesembuhan, periksalah kembali ke dokter sehingga dokter akan mendiagnosis kondisi lain dengan melakukan pemindaian MRI yang mendeteksi terjadinya robekan tendon kemudian dilakukan tes darah untuk mengetahui kemungkinan penyakit lain misalkan rheumatoid arthritis.

Pengobatan dari dokter untuk yang termasuk parah yaitu dengan diberi suntikan obat kortikosteroid yaitu suatu hormon untuk peradangan biasanya peradangan dapat direda apabila tidak dapat dilakukan dengan obat yang biasa. Dapat pula dilakukan aspirasi atau cara penyedotan kantong cairan agar rasa sakit dapat berkurang dan gerak sendi mampu dipulihkan. Kemudian alternatif lain yaitu dilakukan operasi untuk mengangkat kantong cairan (bursa) yang meradang tersebut, tetapi cara ini umumnya akan dilakukan untuk peradangan dari gejala infeksi bakteri dimana pengobatan dengan antibiotik tidak mampu menyembuhkan.

Bursitis dapat dicegah yaitu dengan cara pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas yang beresiko dan juga sebelum melakukan olahraga, kemudian istirahat teratur apabila anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan tenaga lebih, untuk melenturkan dan menguatkan otot menghindari penyakit tersebut dapat dilakukan dengan latihan-latihan rutin, dan yang terakhir menurunkan berat badan yang memiliki kemungkinan beresiko terhadap penyakit tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait