Cacar air

Cacar air

Cacar air merupakan kondisi tubuh yang sangat umum terjadi pada setiap orang. Dalam hidup seseorang, biasanya akan ada masa dimana ia mengalami sakit cacar ini. Bisa dibilang cacar ini terjadi sekali dalam hidup dan tidak akan tertular bila orang tersebut pernah mengalaminya. Cacar ini kebanyakan menjangkiti anak-anak. Timbulnya ruam serta binti yang mengandung cairan memberikan kemungkinan besar menularkan penyakit ini pada orang yang ada di sekeliling penderita.

Dalam dunia medis, penyakit cacar air juga disebut dengan varisela. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak dibawah usia 10 tahun. Selain anak-anak, orang dewasa juga akan mengalami penyakit ini dengan gejala yang lebih berat.

Gejala 

Sebagai gejala utama penyakit umum ini, maka akan muncul ruam-ruam pada kulit, ruam ini akan berubah menjadi bintil merah yang akan terasa gatal, berisi cairan dan pada beberapa waktu tertentu akan mengering.  Bintil yang kering akan menjadi koreng dan mengelupas dari kulit pada kurun waktu tujuh hingga empat belas hari. Bagian tubuh yang dapat ditumbuhi bintil merah ini seperti belakang telinga, tangan, kaki, wajah bahkan seluruh tubuh. Gejala lain yang muncul, yaitu:

  1. Demam
  2. Mual pada perut, tubuh terasa lemas dan kelelahan sehingga mengakibatkan nafsu makan yang menurun
  3. Sakit kepala
  4. Terjadi nyeri dan sakit pada otot-otot tubuh

Penyebab

Penyakit ini disebabkan oleh virus. Virus ini dapat dengan mudah dan cepat menginfeksi tubuh seseorang bahkan mudah untuk berpindah atau tertular dari tubuh satu ke tubuh orang lainnya. Virus ini tersebar di udara dan air melalui batuk dan bersin penderitanya. Usahakan untuk menjauh terlebih dulu atau tidak berkontak langsung dengan penderita. Penyebab utama penyakit ini adalah virus varicella zoster. Virus ini dapat berkembang sangat cepat pada tubuh yang terinfeksi. Faktor-faktor yang dapat membuat anda mengidap penyakit ini, adalah:

  1. Belum pernah mengalami cacar air sebelumnya.
  2. Belum mendapatkan vaksin khususnya juga bagi ibu hamil, sehingga tubuh sangat rentan terinfeksi virus varicella zoster ini.
  3. Kekebalan tubuh yang bisa dibilang lemah, akibat dari menderita penyakit tertentu.
  4. Bekerja di tempat umum yang berkemungkinan besar tertular dari penderita yang tidak diketahui.
  5. Satu atap dengan penderita penyakit ini.
  6. Bayi yang baru lahir yang belum menerima vaksin.

Cara Mengobati Cacar Air

Tidak ada pengobatan khusus yang dilakukan untuk menangani penyakit ini. Namun penyakit ini dapat dikurangi pada gejala yang terjadi pada penderitanya. Ada Obat-obatan yang biasanya dapat ditemukan pada apotek, sehingga dapat menangani masalah ini dengan segera setelah gejala muncul. Ada dua jenis obat atau analgesik yang dapat diberikan pada penderita, yaitu pertama menggunakan obat paracetamol dengan cara meminumnya, yang berfungsi menurunkan demam yang terjadi. Yang kedua menggunakan losion atau bedak kalamin, bedak ini dapat berfungsi mengurangi rasa gatal pada kulit. Jangan pernah menggunakan aspirin pada anak-anak karena dapat menjadikan risiko yang lebih besar seperti kerusakan pada otak dan hati.

Pada kasus cacar air yang lebih parah dan serius, perlu dirujuk ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan bahkan rawat inap. Pada kondisi wanita hamil, bayi yang baru lahir, orang dewasa dengan kekebalan tubuh yang lemah sangatlah rentan mengalami sakit ini. Pentingnya dilarikan ke dokter segera, agar tidak ada komplikasi yang justru memperparah kondisi yang ada. Gejala yang lebih parah terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Akan mengalami kesulitan dalam bernafas
  2. Dada akan terasa sakit
  3. Mulut terasa kering akibat dehidrasi
  4. Bintil yang akan menjadi gatal dan perih akibat terinfeksi

Langkah-langkah lainnya untuk mengatasi penyakit ini juga bisa dilakukan:

  1. Sebaiknya minumlah air sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi tubuh
  2. Jangan menggaruk bintil, agar cairan yang keluar dari bintil tidak menular ke bagian tubuh lainnya karena menggaruk juga dapat meninggalkan bekas luka.
  3. Hindari untuk menggunakan pakaian yang ketat. Usahakan menggunakan pakaian yang lembut dan longgar untuk menghindari irutasi yang serius pada kulit penderita.
  4. Gunakan salep agar kulit tidak kering dan terjaga kelembabannya.
  5. Berikan makanan yang bernutrisi bagi penderita agar tubuh penderita tidak mengalami lemas dan kelelahan yang serius.
  6. Potonglah kuku penderita untuk menghindari iritasi yang terjadi, akibat dari penderita yang sengaja maupun tidak memencet cairan dalam bentol tersebut.

Upaya pencegahan yang sebaiknya dilakukan adalah, seperti:

  1. Jika yang menjangkit penyakit ini anak-anak, sebaiknya jangan biarkan anak yang menderita penyakit ini untuk sekolah atau berada di lingkungan terbuka.
  2. Bagi penderita penyakit ini, tempatkan penderita pada ruangan khusus sehingga tidak cepat menulari anggota keluarga lainnya.
  3. Segera lakukan pemberian vaksin cacar air pada anak agar anak lebih kebal terhadap virus ini.

Alternatif penanganan lainnya yakni pemberian obat acyclovir yang dimaksudkan mengurangi gejala yang timbul dan juga terapi imunoglobulin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Batu Kandung Kemih Batu kandung kemih atau biasa disebut kencing batu merupakan suatu penyakit dimana di dalam kandung kemih atau saluran air kencing terdapat batu yang berasal dari endapan mineral sisa air kencing yang kemudian mengeras menjadi batu. […]
  • Gagal Ginjal Akut Sebelum membahas Gagal ginjal akut (GGA) terlebih dahulu anda harus memahami fungsi ginjal. Ginjal merupakan organ utama dalam sistem perkemihan yang memproses plasma darah dan mengeluarkan buangan dalam bentuk urine dan juga memiliki […]
  • Bulimia Bulimia merupakan salah satu gangguan makan yang sangat serius . Masalah ini juga akan berpotensi untuk mengancam jiwa seseorang. Masalah ini biasanya akan terkait denan rasa rendah diri yang sangat ekstrim, depresi, kecanduan […]
  • Bronkiolitis Bronkiolitis merupakan penyakit yang terjadi di dalam paru-paru, tepatnya di dalam saluran pernapasan kecil atau disebut juga bronkiolus. Pada penyakit ini, saluran napas terinfeksi yang mengakibatkan radang serta penyumbatan. Penyakit […]
  • Campak Campak merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mudah  menular. Masalah ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus campak golongan paramixovirus. Umumnya penularan campak dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu bisa […]