Campak

Campak merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mudah  menular. Masalah ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus campak golongan paramixovirus. Umumnya penularan campak dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu bisa melalui penghirupan udara yang terkontaminasi ataupun percikan ludah pada penderita campak. Wabah penyakit campak terjadi setiap 2 hingga 3tahun yang utamanya adalah menyerang pada anak usia pra-sekolah dan anak  SD. Namun saat ini telah ada vaksinasi campak yang diwajibkan untuk semua anak-anak.

Meskipun demikian kekebalan tubuh manusia tidaklah sama, beberapa orang akan tetap terkena campak apabila daya imunitas sangat rendah meski telah mendapat imunisasi campak. Setelah terkena campak maka tubuh tidak akan terserang campak dua kali karena tubuh akan membentuk sistem kekebalan tubuh untuk menyerang campak. Oleh karena itu orang dewasa bisa juga terserang campak apabila masa kecilnya belum terkena campak.

Gejala

Penyakit umum  ini dapat diidentifikasi melalui beberapa tahapan gejala campak  sebagai berikut :

1. Yang pertama yaitu infection dan incubation. Tahap ini merupakan masa inkubasi virus yang mana terjadi selama 7 sampai dengan 14 hari. Pada tahap ini beberapa gejala belum terlihat secara maksimal.
  2. Yang kedua yaitu nonspecific signs dan symptoms. Tahap ini merupakan tahap dimana gejala mulai terlihat, seperti demam, batuk kering, hidung berair, sakit tenggorokan dan peradangan mata (conjunctivitis).
  3. Yang ketiga yaitu acute illness and rash. Tahap ini merupakan tahap dimana akan muncul bintik-bintik merah dibelakang telinga (garis rambut) dan setelah beberapa hari berikutnya, bintik kemerahan akan menyebar ke bagian-bagian tubuh lain. Pada puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° celsius.
  4. Yang keempat yaitu communicable period. Pada tahap ini virus akan menyebar dalam beberapa hari kurang lebih 8 harian. Pada hari ke empat, akan muncul bintik-bintik dan akan berhenti menyebar 4 hari pasca ruam itu muncul. Sekitar 4 harian suhu tubu akan menurun dan penderita akan merasa lebih baik.

Penyebab

Penyebab penyakit campak adalah virus rubella. Virus campak jenis ini tidak aktif oleh panas, cahaya, ph asam, eter dan tripsin (enzim) serta virus campak banyak menginfeksi manusia. Kelangsungan hidupnya singkat di udara, yang menyebabkan virus ini dapat menginfeksi manusia dalam penghirupan udara, bersin atau pada benda dan permukaan dalam waktu singkat.

Mekanisme virus campak/ virus rubella menular melaui dalam lendir di hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi terdapat virus campak. Pada saat bersin, batuk, bernapas atau memasukkan jari-jari mereka di dalam mulut atau hidung setelah menyentuh permukaan yang terindeksi virus dari penderita campak. Lendir yang terinfeksi dapat hingga di hirup orang lain. Selama 2 jam di permukaaan yang terinfeksi virus tetap aktif dan menular. Siapa saja yang tidak diimunisasi campak 2 kali dan keadaan imunitasnya menurun akan ditramisi campak terjadi secara begitu mudah.

Cara Mengobati

Beberapa orang yang terinfeksi virus campak/ virul rubella sebagian besar sembuh, namun perlu diperhatikan lagi mengnai komplikasi campak. Komplikasi oleh campak ini akan berkembang sekitar 6 sampai 20 persen orang yang terkena penyakit. Komplikasi ini terjadi dalam berbagai cara yaitu infeksi telinga, pnemonia dan ensefalitis. Jika penyakit ini tidak segera di atasi akan menjadi lebih parah serta dapat menular pada orang lain terutama orang yang berada diekitar penderita.

Jika penyakit tersebut  menjadi lebih parah, tentunya hal itu tidak diingikan. Oleh sebab itu anda bisa melakukan pencegahan sejak dini . Menurut medis, cara yang terbaik untuk mencegah timbuknya campak adalah dengan cara menerima imunisasi sejak kecil, terutama pada bayi yang berumur 9 bulan, 2 tahun dan 6 tahun. Anak-anak yang berumur 9 bulan, 2 tahun dan 6 tahun akan diberikan vaksin khusus campak pada tubuhnya agar bisa terhindar penyakit campak yang berbahaya. Nah, jenis vaksin inilah yang sudah diwajibkan pemerintah bagi setiap warga negaranya.

Pencegahan campak utamanya dapat dilakukan dengan melakukan imunisai yang tepat pada setiap orang. Namun saat imunitas dalam keadaan lemah maka campak tetap saja akan menyerang. Beberapa cara pencegahan dan pengobatan campak dapat kita lakukan sendiri menggunakan beberapa ramuan herbal. Campak memang terjadi sekali seumur hidup namun untuk mengurangi akibat campak yang tidak diinginkan tidak ada salahnya bila mencoba obat tradisional. Berikut ini adalah beberapa ramuan yang mudah dibuat dan menggunakan bahan-bahan yang mudah sekali untuk diperoleh dalam mengobati campak yaitu seperti ramuan herbal menggunakan biji bunga cengkih, ramuan herbal menggunakan akar alang-alang dan ramuan herbal dengan tangkai mawar.

Perlu anda tahu bahwa penyakit ini sangat mudah menular ke siapapun. Oleh sebab itu, jika anda sedang menjangkit penyakit campak, sebaiknya hindarilah pusat keramaian agar tidak tertular pada orang yang ada disekitar anda.