Cantengan – Ingrown Toenail

Cantengan

Cantengan (bubulan, jawa) merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukkan kondisi dimana ujung jari mengalami pembengkakan serta mengalami rasa sakit yang sangat yang pada umumnya terjadi lantaran pertumbuhan kuku yang tidak normal sehingga melukai jari. masalah ini juga sering terjadi pada area sekitar jempol pada kaki. Kondisi ini pada umumnya juga diperparah dengan infeksi di area tersebut sehingga mengakibatkan luka tersebut menjadi bernanah.

Cantengan atau yang memiliki istilah asing ingrown toenail tidak hanya ditemui di Indonesia, banyak masyarakat dunia yang mengalami masalah yang sama. Dalam dunia medis, masalah kesehatan ini disebut dengan onychocryptosis.

Onychocryptosis sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu onyx “kuku”  dan Kryptos “tersembunyi” atau kuku yang tumbuh ke dalam.

Gejala

Munculnya masalah pada kaki ini pada umumnya dapat ditandai dengan gejala-gejala seperti berikut :

  1. Ditandai dengan rasa sakit yang teramat sangat saat tersentuh
  2. Area Jari terjadi pembengkakan
  3. Daerah jari yang sakit seringkali berdarah dan bernanah
  4. Pada umumnya masalah Cantengan seringkali timbul pada area Ibu Jari (Jempol)

Penyebab Cantengan

Cantengan sendiri dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya seperti pertumbuhan kuku yang tidak normal dimana kuku tumbuh menjorok ke dalam sehingga melukai ujung jari. Hal ini pada umumnya dikarenakan pemotongan kuku yang salah. Selain itu masalah ini sering muncul akibat jari kemasukan benda asing seperti potongan kayu atau batu sehingga terjadi infeksi pada jari tersebut.

Infeksi inilah yang memicu pertumbuhan kuku menjadi tidak wajar sehingga membuat pertumbuhan kuku menjadi menyamping sehingga mengakibatkan rasa sakit yang hebat. Selain itu, hal sepele seperti ukuran sepatu yang terlalu kecil atau kesalahan dalam pemilihan alas kaki juga menjadi penyebab timbulnya masalah ini.

Cara Pengobatan Cantengan 

Untuk pengobatan Cantengan dapat dilakukan dengan beberapa cara, bahkan diantaranya anda dapat melakukan pengobatan sendiri dirumah.

Pengobatan Cantengan Di Rumah

  1. Rendam kaki dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam Epsom, hal ini berguna untuk membersihkan luka dari kuman.
  2. Sedikit demi sedikit renggangkan antara kuku yang menancap dengan jari dibantu dengan cotton bud agar mengurangi rasa sakit.
  3. Olesi area yang nyeri dengan menggunakan salep antibiotik yang banyak di jual di Apotik, atau jika tidak ada dapat menggunakan air lemon atau cuka sari apel untuk membunuh bakteri dan menghindari infeksi
  4. Jika mengalami rasa nyeri yang hebat dapat menggunakan obat pereda nyeri sesuai takaran penggunaan.
  5. Pastikan area kaki terlindung dari kuman.

Pengobatan Cantengan Dengan Pergi Ke Dokter

Jika mengalami sakit dan infeksi berkepanjangan atau infeksi pda kaki semakin membesar hingga bernanah, anda sebaiknya langsung melakukan konsultasi dengan dokter guna mendapat penanganan yang tepat. Rasa sakit yang berkelanjutan dapat menjadi pertanda bahwa infeksi pada kaki semakin menjalar. Guna mencegah hal yang tidak diinginkan segera konsultasikan dengan dokter.

Pencegahan Cantengan 

Tentu pencegahan menjadi jalan paling bijak guna menghindari masalah seperti ini, adapun beberapa cara pencegahan paling ampuh dalam menangkal timbulnya penyakit seperti ini diantaranya seperti :

  1. Menjaga kebersihan badan dan jari-jari kaki
  2. Melakukan pemotongan kuku dengan tidak terlalu pendek
  3. Memotong kuku secara horizontal, bukan mengikuti bentuk jari
  4. Potong kulit keras yang ada pada pinggiran kuku guna menghindari infeksi
  5. Gunakan alas kaki yang nyaman terutama saat berpergian jauh
  6. Pastikan kaki selalu dalam keadaan bersih
  7. Lakukan kontrol rutin pada dokter guna menjaga kesehatan tubuh.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Gangrene gangrene adalah kondisi dimana jaringan tubuh mati. Kondisi seperti ini pada umumnya berawal dari beberapa bagian tubuh paling ujung seperti tungkai, .jari tangan dan jari kaki. Meski […]
  • Tips Menghilangkan Warna Hitam Kuku Akibat Infeksi Jamur Secara Alami Untuk banyak wanita, kuku adalah perhiasan tubuh yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan rambut ataupun wajah. Tidak mengherankan, wanita juga bersedia menghabiskan waktu di salon […]
  • Melanoma Subungual Melanoma Subungual adalah tipe kanker kulit yang didefinisikan sebagai kanker melanoma kuku, paling sering di jempol kuku kaki atau tangan. Kanker melanoma kuku adalah satu-satunya kanker […]
  • Luka Diabetes Di Kaki Sulit Sembuh? Cobalah Ramuan Mengkudu Ini Data pada tahun 2015 yang diperoleh dari PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi) menunjukkan jumlah penderita diabetes di Indonesia yang mencapai angka 9,1 juta jiwa. Jumlah tesebut […]
  • Efek Kemoterapi Pada Kulit Di Kaki & Tangan Serta Solusinya Topik: efek kemoterapi pada kulit. Kemoterapi memberi efek samping pada kulit, terutama di tangan dan kaki, disebut sindroma tangan kaki, atau sindrom Palmar-plantar. Kemoterapi […]