Cegukan

Cegukan

Cegukan atau yang dalam bahasa medis disebut dengan Singultus merupakan kondisi dimana terjadi kontraksi secara tiba-tiba dan tak disengaja pada diafagrama yang muncul pada umumnya secara berulang-ulang pada skala yang berbeda. Meski sering dianggap tidak berbahaya dan sering terjadi, namun jika mengalami masalah ini dalam waktu yang lama juga dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Kondisi Cegukan terjadi pada saat diafragma melakukan kontraksi tersebut, orgam dalam tubuh tubuh yang memiliki peran cukup penting dalam pernafasan akan ikut menggerakkan pita suara sehingga menghasilkan suara yang khas sebagai pertanda seseorang mengalami cegukan dan menghasilkan suara yang khas “haik”

Di tahun 1990 seorang pria asal Lowa, Amerika Serikat pernah tercatat dalam museum rekor dunia untuk pemecahan waktu cegukan terlama yang dialami manusia. Charles Osborne memecahkan rekor Singultus yang ia derita sejak tahun 1922 hingga 1990 dengan intensitas 40-20 kali Singultus permenit tanpa henti. Dengan total waktu Charles diklaim mencapai 68 Tahun.

Gejala

Gejala cegukan memang sukar diprediksi lantaran sifatnya yang mendadak, namun beberapa orang berpendapat masalah ini muncul lantaran pola makan yang salah atau efek terkejut.

Beberapa gejala yang menjadi indikasi masalah ini diantaranya :

  1. Dada merasa sesak dan merasakan efek terkejut
  2. Pita suara yang tertarik akan menghasilkan bunyi yang khas “Haik”
  3. Dalam beberapa kasus pada umumnya juga akan disertai dengan batuk

Penyebab Cegukan

Seperti dijelaskan diatas Cegukan pada umumnya bersifat mendadak dan hanya berlangsung singkat, beberapa pakar berbendapat bahkan untuk masalah Singultus seperti ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu untuk merasa cemas. Untuk lebih jelasnya inilah beberapa contoh penyebab munculnya masalah Singultus singkat, diantaranya yaitu :

  1. Mengkonsumsi makanan atau minuman panas
  2. Meminum soda secara cepat
  3. Mengkonsumsi minuman beralkohol
  4. Makan makanan pedas
  5. Kebiasaan merokok
  6. Beban pikiran seperti rasa takut dan stress
  7. Makan terlalu terburu-buru

Namun seperti yang dialami oleh Charles Osborne di atas, cegukan dalam waktu yang lama memiliki resiko yang cukup besar untuk kesehatan, anda dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter jika berlangsung cegukan lebih dari dua hari. Hal ini dikarenakan ada kekhawatiran terjadinya masalah kesehatan seperti :

  1. Gangguan Pencernaan, contohnya seperti Peradangan pada saluran pencernaan atau mengidap penyakit GERD
  2. Gangguan Pernafasan, contohnyamengidap penyakit Asma atau gangguan pernafasan lainya sehingga muncul masalah ini
  3. Gangguan Pada Sistem Saraf, Gangguan pada sistem saraf juga dapat memicu munculnya masalah Singultus seperti peradangan pada jaringan otak atau memiliki riwayat penyakit stroke
  4. Faktor Perasaan, seperti yang dijelaskan di atas, terlalu sedih atau stress yang berkepanjangan juga berperan dalam munculnya masalah cegukan.

Bagi pasien yang memiliki riwayat sakit yang diharuskan mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang cukup lama juga memiliki resiko yang cukup besar dalam munculnya masalah Singultus ini, diantaranya obat-obatan seperti berikut :

  1. Obat-obatan penunjang dalam kemoterapi bagi pasien penyakit kanker
  2. Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri (Opioid)
  3. Obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi masalah peradangan
  4. Konsumsi obat bius (Anastesi) pasca operasi

Jika anda mengalami cegukan untuk waktu yang lama, jangan ragu untuk melakukan konsultasi pada dokter atau pakar kesehatan yang ada di kota anda. Yang menjadi perhatian adalah jika anda mengalami masalah ini dalam waktu yang lama bisa menjadi indikasi mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

Cara pengobatan Cegukan 

Jika anda mengalami masalah seperti ini, anda dapat melakukan pengobatan sederhana untuk meredakan masalah cegukan anda diantaranya dengan :

  1. Minum air dingin (es) tanpa gula secara teratur
  2. Meminum air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis
  3. Coba lakukan tidur dalam posisi telungkup dengan dada berada di atas lantai
  4. Duduk dengan posisi kaki lurus ke depan, coba sentuh ujung jari dengan tangan dan pastikan dada menempel pada lutut
  5. Ambil satu sendok makan gula pasir dan masukkan dalam mulut
  6. Coba untuk menahan nafas dalam waktu beberapa detik dan hembuskan secara perlahan
  7. Minum air kelapa muda tanpa gula
  8. Tarik lidah secara perlahan dengan menggunakan tangan
  9. Coba untuk mandi atau berendam dengan air dingin
  10. Melakukan posisi membalik tubuh dengan posisi kaki dan dada lebih tinggi dari kepala

Jika cara-cara di atas tidak efektif dalam mengatasi masalah anda dan bahkan menjalar pada masalah kesehatan yang lain, ada baiknya anda segera melakukan konsultasi pada dokter, hal ini penting agar dapat segera dilakukan deteksi dini guna mencari kemungkinan adanya penyakit yang lainya.

Beberapa kasus memang munculnya cegukan dikarenakan masalah kesehatan, sebagai contoh kecil bagi pengidap penyakit asma jika mengalami masalah ini harus melakukan penanganan Asma terlebih dahulu. begitu pula dengan cegukan yang diakibatkan oleh obat-obatan, konsultasikan ke dokter agak dilakukan penggantian obat yang tidak mengakibatkan masalah seperti ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Melanoma Maligna Melanoma Maligna adalah jenis kanker kulit paling berbahaya, menyumbang hingga 75% kematian akibat kanker kulit. Ia hadir sebagai tambalan kulit yang gelap, mirip tahi lalat yang lebar dengan batas atipikal. Warna dapat bervariasi […]
  • Kanker Prostat Apa itu kanker prostat? Kanker prostat adalah sebuah tumor ganas yang menyerang kalenjar prostat. Prostat merupakan sebuah kelenjar pada sistem reproduksi pria yang seukuran buah kenari, terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi […]
  • Buta Warna Buta warna bisa berarti gangguan mata yang tidak mampu melihat sesuatu yang berwarna secara normal. Pada kondisi gangguan total, apapun jenis warna yang dilihat oleh mata penderita akan terlihat hitam dan putih saja. Kondisi ini […]
  • Cacar air Cacar air merupakan kondisi tubuh yang sangat umum terjadi pada setiap orang. Dalam hidup seseorang, biasanya akan ada masa dimana ia mengalami sakit cacar ini. Bisa dibilang cacar ini terjadi sekali dalam hidup dan tidak akan […]
  • Bulimia Bulimia merupakan salah satu gangguan makan yang sangat serius . Masalah ini juga akan berpotensi untuk mengancam jiwa seseorang. Masalah ini biasanya akan terkait denan rasa rendah diri yang sangat ekstrim, depresi, kecanduan […]