Cholangitis

Cholangitis

Cholangitis merupakan penyakit infeksi yang ada pada saluran empedu (saluran yang dilewati cairan empedu dari hati ke kantung empedu serta usus). Seperti yang diketahui bahwa empedu diperlukan pula untuk membantu proses pencernaan makanan. Cairan empedu yang normal sifatnya steril. Namun jika ada penyumbatan pada saluran empedu, maka akan terjadi penumpukan cairan empedu. Tumpukan cairan empedu ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Itulah yang akan menyebabkan timbulnya cholangitis. Infeksi ini bisa meyebabkan kerusakan pada organ hati. Akhirnya penderita mengalami gagal fungsi hati.

Infeksi pada saluran empedu ini bisa mulai dari ujung menuju ke ujung satunya. Oleh karena itu dalam keadaan Kronis infeksi bisa meluas dari saluran dekat hati sampai ke saluran empedu yang menuju usus dua belas jari atau duodenum.

Penyebab Cholangitis

Sebagaimana infeksi pada umumnya, cholangitis disebabkan juga oleh infeksi bakteri. Saluran empedu yang tersumbat misalnya karena tumor atau batu empedu bisa menyebabkan bakteri berkembang biak lalu menyerang saluran empedu. Selain karena bakteri, seseorang rentan terserang penyakit ini karena:

  1. Memiiki riwayat batu empedu
  2. Menderita penyempitan saluran empedu
  3. Menderita HIV/AIDS
  4. Menderita sclerosing cholangitis
  5. Pernah mengunjungi wilayah yang rentan dengan infeksi parasit
  6. Infeksi cacing Ascaris lumbricoides

Gejala Cholangitis

Infeksi ini bisa dialami oleh siapapun lelaki maupun perempuan. Umumnya terjadi pada umur 50-60 tahun. Jika kondisinya parah, cholangitis bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan benar atau diabaikan. Cholangitis bisa menyebabkan kematian dengan resiko 13-88%.

Pada umumnya pasien atau penderita penyakit cholangitis akan mengalami gejala-gejala yang dapat dideteksi dini seperti contoh gejala berikut:

  1. Nyeri pada perut bagian kanan atau bagian tengah
  2. Warna urin nampak lebih gelap
  3. Tinja berwarna coklat tua
  4. Badan menggigil
  5. Demam
  6. Mual-mual lalu muntah
  7. Berat badan berkurang
  8. Rasa gatal pada tubuh
  9. Mudah terasa lelah
  10. Kulit kuning seperti terkena penyakit kuning dan biasa hilang dan timbul.

Nyeri yang disebabkan oleh Cholangitis bisa bervariasi rasanya bisa tajam, tumpul atau seperti kram. Selain pada perut bagian kanan atau tengah, nyeri kadang-kadang biasa terasa sampai punggung dan bagian bawah pada belikat kanan.

Penderita masalah ini pada umumnya juga akan mengalami beberapa komplikasi seperti cedera ginjal yang akut, disfungsi sistem pernafasan, disfungsi sistem saraf, disfungsi sistem hematologis, syok septik, sampai disfungsi ginjal.

Cara Mengobati

Segera temui dokter jika menderita gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas. Makin cepat, makin baik jika segera diobati. Peluang sembuh juga meningkat. Cholangitis bisa menyebabkan kematian.

Umumnya, pengobatan diberikan dengan obat-obatan antibiotik. Tujuannya antara lain membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Pengobatan untuk gejala-gejala juga akan dilakukan misalnya untuk meredakan gatal, diare sampai pemenuhan asupan gizi pada penderita.

Jika pengobatan tidak juga berhasil, maka dokter akan segera melakukan operasi. Dokter biasanya memantau keadaan pasien terlebih dahulu sampai benar-benar stabil. Penyakit ini sifatnya progresif atau menyebar dengan cepat. Pasien yang kondisinya buruk, biasanya akan langsung dioperasi. Penderita yang sudah parah penyakitnya bisa direkomendasikan untuk melakukan cangkok atau transplantasi hati.

Pengobatan paling mutakhir bernama ESWL atau Extracorporeal shock-wave lihotripsy (ESWL). Ini digunakan untuk menghancurkan batu ginjal. Teknik ini dikembangkan untuk mengobati batu empedu. Pengobatan yang satu ini sering digabungkan dengan prosedur endoskopik untuk memudahkan batu ginjal yang mengeras. Kadang-kadang, batu empedu bisa dihancurkan dengan menggunakan bahan kimia yang langsung dimasukkan pada saluran bilier.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Batu Empedu Batu empedu adalah kumpulan cairan empedu yang mengeras dan membentuk butiran batu dengan ukuran yang bervariasi. Empedu merupakan cairan yang berada dalam kantong empedu yang berfungsi […]
  • Bagaimana Batu Empedu Terjadi Pada Penderita Diabetes? Batu Empedu Pada Diabetes. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 dan obesitas, risiko lebih besar untuk batu empedu adalah jelas. Orang dengan gangguan batu empedu pada DM Tipe 1 telah […]
  • Gastritis Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah penyakit, namun sebuah kondisi yang disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda, […]
  • Hepatitis A Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada organ hati. Seperti Anda ketahui bahwa hati atau liver adalah organ penting dalam tubuh manusia […]
  • Pemeriksaan Dan Tes Kadar Bilirubin Untuk Sirosis Hati Tes kadar bilirubin adalah sebuah prosedur untuk mengukur jumlah bilirubin dalam sampel darah, biasanya dilaksanakan ketika Anda mendapat penyakit hati serius atau kondisi penyakit lain […]