Flu Singapura

Flu Singapura

Flu singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan dan juga luka lepuhan yang muncul pada tangan, kaki, dan beberapa kasus terjadi pada bagian bokong. Virus ini merupakan penyakit menular, terlebih virus ini menyerupai virus yang seringnya menyerang para anak-anak berusia 1 sampai 3 tahun. Flu singapura sering menyerang para pria karena lebih rentan ketimbang wanita. Meskipun anak-anak lebih rentan, namun orang dewasa juga dapat terserang.

Ciri awal terkena flu singapura adalah terserangnya demam yang cukup tinggi dan munculnya ruam di mulut berupa bintik-bintik merah, yang kemudian menjadi luka atau blister. Biasanya penderita masalah ini mengalami bintil-bintil air dan luka-luka di sekitar atau di mulut, tangan dan kaki. Namun, sesekali luka-luka tersebut juga muncul di siku tangan, bokong, lutut, dan lipat paha.

Pada dasarnya penyakit ini tidak berbahaya, serta tidak memerlukan perawatan spesifik, dan biasanya hilang dalam jangka waktu sekitar 2 minggu. Namun, dalam kasus langka, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius seperti meningitis, polio, dan jika sudah pada tingkatan yang serius bisa menimbulkan terjadinya kematian.

Gejala

Pada gejala penyakit kronis ini umumnya diawali dengan munculnya demam. Setelah waktu itu berakhir, sekitar 1 atau 2 hari, akan muncul luka di sekitar daerah gusi, lidah, dan pipi bagian dalam. Beberpa penderita merasakan sakit saat makan, minum, atau menelan. Selanjutnya, akan muncul ruam di sekitar telapak tangan, serta terkadang pada selangkangan dan bagian bokong.

Gejala Flu singapura biasanya akan muncul 3 sampai 6 hari setelah pengidap terpapar atau terkena virus. Ini disebut masa-masa inkubasi.  Gejala dan Ciri-ciri flu singapura antara lain: Awal mulanya anak akan mengalami

  • Demam dengan suhu tubuh 101°F (38°C).
  • Lesu disertai pilek.

Flu Singapura, sejatinya tidak membutuhkan bantuan medis, karena gejala-gejala penyakit ini dapat mereda dengan sendirinya dalam waktu 7 hari tanpa penanganan apa pun. Namun bila penderita mengalami dehidrasi, gejala tidak membaik dalam waktu satu minggu, dan muncul gejala fisik lainnya, segera berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab

Umumnya pada perkembangan kelompok virus flu singapura adalah melalui bagian mulut. Flu Singapura sendiri menyebar dari satu orang ke orang lain adalah karena adanya kontak langsung dengan pengidap, dengan beberapa cara, seperti :

  • Air liur yang menyebar di udara saat bersin dan batuk.
  • Cairan dari hidung maupun tenggorokan yang keluar saat bersin.
  • Cairan yang berasal dari luka melepuh.
  • Permukaan benda yang sudah terkontaminasi oleh kotoran penderita (tinja).

Coxsackievirus A16 dan Enterovirus 71 merupakan penyebab flu singapura serta beberapa jenis virus lainnya. Virus ini bisa ditemukan dalam kotoran dan cairan tubuh pada bagian hidung serta tenggorokan. Virus flu singapura ini menyebar dari satu orang ke orang lainnya dengan mudah yaitu hanya cukup menyentuh cairan tubuh seseorang mengidap flu burung.

Karena pada dasarnya penyebaran penyakit ini melalui virus maka penyakit inidapat dengan mudah menular. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa penularannya seperti penyakit flu yaitu melalui droplet saat bersin, air liur, tinja, dan cairan dari vesikel atau ekskreta. Penyebaran virus dapat juga dengan penularan kontak tidak langsung melalui benda yang sudah terkontaminasi oleh cairan tersebut. Balita usia 2 minggu sampai 5 tahun mudah sekali untuk terserang fli singapura, namun beberapa kasus ditemukan juga penderita pada usia anak hingga usia 10 tahun. Sedangkan Orang dewasa umumnya kebal terhadap enterovirus ini, namun bisa saja terjadi.

Cara Mengobati

Umumnya, flu Singapura tidak membutuhkan pengobatan. Kondisi ini biasanya pulih dengan sendiri setelah kurang lebih satu minggu. Sejatinya penyebaran Flu Singapura disebabkan oleh virus yang mudah menyebar di udara, sehingga Anda tidak bisa mengonsumsi antibiotik untuk meredakannya. Untuk langkah baiknya, Anda bisa dapat mengikuti beberapa perawatan sendiri untuk meredakan efeknya.

Dalam meredakan rasa nyeri dan demam, berikan ibuprofen, selain itu tidak boleh mengonsumsi aspirin karena dapat berbahaya bagi penderita anak-anak dan remaja di bawah usia 15 tahun, karena berisiko menimbulkan suatu penyakit bernama sindrom Reye.

Jangan memberikan makanan atau minuman asam dan pedas, karena bisa membuat luka di mulut dan akan terasa lebih perih. Berikan makanan lunak dan juga sup, karena kondisi ini akan membuat mereka kesulitan dalam menelan

Dalam mengurangi resiko terkena flu Singapura, ada beberapa cara yang dapat diterapkan :

  • Mengisolasi penderita flu Singapura, oleh karena itu penderitanya disarankan untuk diisolasi sampai benar-benar sembuh.
  • Biasanya untuk cuci tangan menggunakan sabun dengan bersih. terlebih setelah melakukan menyajikan makanan., BAB, dan mengganti popok anak.
  • Membersihkan daerah yang terkontaminasi virus, daerah ini meliputi kuris, meja, pakaian, seprei, serta peralatan makan.

Untuk Anda yang khawatir mulai dari sekarang jaga gaya hidup serta pola makan yang seimbang, sehingga penyakit virus flu singapura tidak mudah menyerang ke tubuh Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • HIV dan AIDS HIV dan AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. HIV (Human Immunodeficiency Virus) dapat menyebabkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit menjadi lemah dan bahkan dapat menyebabkan rusaknya sistem […]
  • Gastritis Gastritis adalah suatu penyakit yang berpusat pada peradangan dinding lambung di dalam tubuh. Ini bukanlah penyakit, namun sebuah kondisi yang disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda, seperti konsumsi alkohol berlebihan, stres, […]
  • Herpes Labialis Herpes Labialis, Herpes Pada Mulut dan Bibir Luar (herpes oral). Herpes labialis merupakan penyakit umum akibat infeksi pada daerah mulut oleh virus herpes simpleks tipe 1, sering menyerang orang usia muda pada 20 th-an. Apa itu herpes […]
  • 3 Herbal Ampuh Untuk Obat Alami Herpes Genitalis Herbal Ampuh Untuk Obat Alami Herpes Genitalis. Para ilmuwan telah mempelajari semua pengobatan alternatif atau solusi alami, seperti ekstrak herbal dan suplemen, berdasarkan beberapa klaim pasien herpes genitalis bahwa beberapa herbal […]
  • Bronkitis Penyakit bronkitis atau yang di masyarakat biasa dikenal dengan paru-paru basah adalah peradangan pada selaput lendir pada bagian bronkial paru-paru sehingga menyebabkan gangguan pernafasan. Peradangan ini mengakibatkan […]