Hamil Anggur

Hamil anggur adalah suatu kehamilan yang tidak normal diakibatkan tumor jinak yang tumbuh dalam rahim pengidap. Penyakit ini terjadi ketika sel telur yang sudah dibuahi dan plasenta yang tidak dapat berkembang secara normal. Efeknya sel-sel abnormal tersebut akan membentuk sejumlah kista.

Tentu hal ini membuat kegagalan pada pembuahan yang disebabkan karena sel telur yang dibuahi sama sekali tidak mengandung inti sel telur atau disebut nukleus yang umumnya adalah bakal janin si wanita. Pada sel dan jaringan yang terbentuk disebabkan pembuahan ini disebut Mola hidatidosa. Meskipun pada kenyataanya hasil pembuahan bukanlah berupa janin, hamil anggur ini bisa dirasakan dan memunculkan beberapa tanda dan ciri-ciri kehamilan.

Hamil anggur sebetulnya dapat dirasakan oleh wanita yang mengalaminya meskipun sebagian besar wanita tidak menganggap hal tersebut sebagai pertanda akan terjadinya hamil anggur. Tentu hamil anggur ini merupakan suatu hal yang tidak diinginkan dapat terjadi oleh para wanita. Hal tersebut dikarenakan karena kehamilan anggur merupakan sebuah tumor jinak dan bukan janin, hal itu terjadi karena kegagalan pembuahan sehingga akan menggumpal dan pada akhirnya terbentuk seperti butiran buah anggur pada umumnya.

Hamil anggur termasuk masalah kasus pada kesehatan yang amat jarang terjadi. Kondisi mengidap ini tentuperlu ditangani dengan secepat mungkin untuk menghindari risiko komplikasi pada wanita. Karena ini dapat memunculkan penyakit lain, yaitu trofoblastik gestasional.

Ciri-ciri dari penyakit hamil anggur secara umum sulit untuk dideteksi dari luar dan harus melalui cara pemeriksaan yang lebih khusus. Namun, jika hamil anggur tidak kunjung cepat dideteksi dan diobati, maka dapat berkembang menjadi tumor yang berbahaya bagi wanita. Oleh karena itu, mengetahui ciri-ciri dari ini merupakan suatu hal yang sangat penting bagi para wanita, agar dapat mengatasi atau mengobati gangguan ini sejak dini sebelum tumor tersebut berkembang.

Gejala

Penyakit ini pada mulanya menyebabkan gejala yang sama dengan kehamilan normal pada umumnya. Oleh karena kemiripan indikasinya dengan umumnya kehamilan biasa, kondisi saat hamil anggur cenderung tidak disadari oleh wanita pengidap.

Penting untuk Anda mengenali gejala-gejala seperti dibawah ini :

• Rahim lebih besar dari usia kandungan umumnya.
  • Hipertensi.
  • Pendarahan dari mulut vagina.
  • Keluarnya jaringan berbentuk anggur dari mulut vagina.
  • Mual dan muntah
  • Kista ovarium.
  • Nyeri tulang panggul.
  • Anemia.

Jika Anda mengalami gejala tersebut diatas segera periksakan diri Anda ke ahli medis atau dokter secepat mungkin terutama pada awal masa kehamilan.

Penyebab

Penyebab dari pada penyakit ini adalah karena ketidakseimbangan kromosom dalam tubuh. Kelainan ini juga terjadi ketika sel telur yang dibuahi tidak memiliki infromasi genetika atau juga dapat terjadi karenasatu sel telur normal dibuahi oleh dua sperma sekaligus. Penyebab inilah yang mengelompokkan penyakit ini dalam dua kategori, yaitu hamil anggur, parsial, dan hamil anggur lengkap.

Hamil anggur parsial terjadi saat kondisi dimana satu sel telur normal dibuahi oleh dua sperma sekaligus. Pada jaringan plasenta abnormal akan tumbuh secara bersamaan dengan fetus yang juga dikondisikan abnormal. Oleh sebab itu jaringan fetus akan mengalami kerusakan fatal dan tidak akan berkembang secara normal pada umumnya.

Sedangkan pada hamil anggur lengkap dapat terjadi ketika sel telur tanpa informasi genetika dibuahi oleh sperma dan tidak sanggup berkembang menjadi fetus, melainkan hanya sekumpulan jaringan abnormal yang lama-kelamaan dapat memenuhi rahim si wanita.

Penyebab daripada penyakit penyakit ini sendiri karena adanya kesalahan genetika dalam sel telur ataupun sel sperma sehingga hal ini tidak bisa menjadikan sel telur berkembang menjadi janin seperti biasanya.

Penyakit hamil anggur atau mola hidatidosa ini umumnya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Pada beberapa kasus penyebabnya sendiri tidak jelas dan tidak dapat dipastikan secara ilmu medis. Oleh karena itu Anda harus selalu waspadai, selain itu Anda juga harus mengetahui apa saja penyebab fenomena hamil anggur ini supaya bisa lebih waspada. Berikut ini beberapa penyebab daripada penyakit ini yaitu :

• Penyebab umum karena wanita tersebut kekurangan beberapa nutrisi penting untuk tubuh.
  • Karena kondisi ovum sudah mati.
  • Terjadinya imunoselektif.
  • Terjadi infeksi virus dalam rahim.

Cara Mengobati

Jika Anda positif terdeteksi tengah mengalami penyakit ini, maka segeralah konsultasi ke ahli medis atau dokter, biasanya akan dianjurkan untuk menjalani penanganan secepatnya. Ini dilakukan untuk mencegah daripada terjadinya komplikasi.

Langkah ini dapat dilakukan melalui beberapa prosedur yang meliputi:

• Kuret.
  • Histerektomi.

Setelah menjalani prosedur pengangkatan diatas, dokter akan mengawasi dan memantau serta mengulangi pemeriksaan kadar hormon HCG.

Pada kondisi yang dianggap berbahaya bagi kesehatan wanita tersebut dapat dilakukan tindakan pengangkatan rahim (jika memungkinkan). Namun keputusan ini juga mempertimbangkan faktor usia dari pada si ibu dan jumlah anak yang sudah dia miliki.