Hemangioma

Hemangioma

Hemangioma adalah tanda lahir yang timbul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah yang lebih atau tidak normal pada umumnya, berbentuk benjolan elastis serta berwarna merah cerah. Penyakit ini termasuk jenis tumor pembuluh darah. Penyakit ini bisa membuat kulit terlihat berwarna biru atau juga ungu jika muncul pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Dalam medis umumnya hemangioma ditemukan ketika lahir, sehingga sering disebut sebagai tanda lahir seperti stroberi karena bentuknya menonjol kemerahan dan juga begitu elastis di kulit. Sebagian lainnya berkembang pada saat awal kelahiran. Penyakit ini pada organ hati jarang menimbulkan gejala yang dapat muncul. Biasanya, kondisi ini ditemukan secara tidak sengaja, saat pengidap melakukan medical check up.

Kebanyakan tanda hemangioma muncul di sekitaran kulit kepala, dada, punggung, namun penyakit ini juga dapat muncul di beberapa bagian tubuh. Seiring waktu tanda lahir penyakit hemangioma bisa menyusut dan pudar hingga anak saat berusia 10 tahun.

Penyakit hemangioma pada kulit dapat menyerang setiap bayi yang baru lahir yang seiring waktu terus membesar dan bertambahnya usia. Walaupun ada batasan tertentu, ketika bayi sudah mencapai batas umur, biasanya akan berangsur menyusut dan pada umumnya akan menghilang saat usia 10 tahun. Penyakit ini berukuran kecil, namun pada beberapa kasus dapat menjadi besar serta menimbulkan kelainan pada bagian kulit sehingga hal ini membutuhkan tindakan dalam menghilangkannya. Namun, tidak ada cara yang dapat dicegah saat pertumbuhan penyakit ini di kulit ataupun organ dalam.

Gejala

Gejala awal pada penyakit ini biasanya berupa munculnya tanda merah di tubuh dan dapat tumbuh dan berkembang secara cepat serta membuat kulit menjadi tampak menonjol. Setelah itu, penyakit hemangioma akan memasuki fase tidak aktif dan hilang secara perlahan dengan seiringnya waktu. Penyakit ini bisa sudah ada ketika lahir, tapi bisa juga baru muncul setelah si anak berusia beberapa bulan saja.

Umumnya anak hanya memiliki satu tanda lahir. Namun beberapa anak mungkin memiliki lebih dari satu tanda lahir. Dalam tahun pertama, tanda merah tersebut tumbuh pesat. Penyakit ini kemudian memasuki tahapan istirahat dan, akhirnya, tanda merah tersebut mulai perlahan menghilang. Penyakit ini pada kulit biasanya tampak seperti beberapa bercak atau benjolan kecil dengan warna merah.

Perbedaan pada warna kulit akan terus ada dan bersifat permanen (selamanya), namun warna tanda lahir tersebut akan menjadi pudar saat penyakit ini muncul saat pertama kali. Sekitar 50% penyakit ini sudah mulai hilang ketika anak sudah berusia 5 tahun.

Saat anak tumbuh besar, tanda merah ini serupa dengan tanda lahir berwarna merah. Situasi ini terkadang disebut sebagai penyakit hemangioma stroberi, karena warnanya yang berwarna merah terang. Selain itu jenis tanda merah ini lebih banyak ditemukan pada bagian leher atau wajah si anak. Penyakit ini pada bagian kulit umumnya tidak menimbulkan masalah pada kesehatan atau gejala sejak kemunculannya. Namun, dapat menyebabkan beberapa gejala lain jika sudah tumbuh besar.

Penyebab

Penyebab daripada hemangioma hingga kini masih belum diketahui. Ada beberapa kemungkinan saat meningkatnya faktor risiko, yaitu :

  • Faktor keturunan
  • Bayi prematur
  • Bayi perempuan

Penyakit ini pada kulit berkembang saat beberapa gabungan pembuluh darah tumbuh secara berlebihan dan membentuk sebuah benjolan. Menurut para medis hal ini diduga disebabkan oleh protein tertentu yang diproduksi pada plasenta ketika masa kehamilan.

Cara Mengobati

Umumnya penyakit hemangioma yang muncul tidak memerlukan perawatan yang khusus karena memang tidak menimbulkan gangguan fisik dan akan memudar secara perlahan seiring dengan berjalannya waktu. Namun penyakit ini dapat mengganggu penampilan seseorang. Hal itulah yang menjadi alasan beberapa dari orang tua merasa bahwa perawatan penyakit ini itu wajib dilakukan.

Perawatan penyakit hemangioma dapat dilakukan jika selama perkembangannya menyebabkan munculnya beberapa masalah, seperti terganggunya pada penglihatan pada si anak, oleh karena itu pemberian kortikosteroid harus dilakukan. Sayangnya perawatan penyakit hemangioma dengan kortikosteroid tersebut, sejatinya menimbulkan beberapa efek samping, yaitu :

  • Katarak.
  • Tekanan darah menjadi tinggi.
  • Meningkatkan kadar gula.
  • Gangguan pada pertumbuhan.

Selain dari pada hal diatas, perawatan pada penyakit hemangioma juga bisa dilakukan dengan menjalani operasi laser untuk menghentikan berkembangnya penyakit hemangioma dan juga mengatasi rasa sakit yang muncul. Perawatan penyakit hemangioma melalui operasi laser dapat menimbulkan beberapa efek samping, yaitu :

  • Timbul bekas luka.
  • Perubahan warna kulit.
  • Pendarahan.
  • Rasa sakit.

Konsultasikan kepada dokter jika anak Anda menderita hemangioma yang mengganggu dan memerlukan perawatan khusus.

Dalam menangani penyakit ini, para ahli medis atau dokter mendiagnosis dengan melihat melalui penglihatan kasat mata selama pemeriksaan pada fisik. Sedangkan untuk penyakit ini pada organ dalam biasanya akan terlihat selama menjalani tes pencitraan, yaitu USG, dan CT scan, dan biasanya akan terdeteksi sebagai temuan yang insidental. Untuk satu buah penyakit ini yang kecil biasanya tidak memerlukan pengobatan secara mendalam dan kemungkinan akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Penyakit ini sendiri tidak memerlukan pengobatan sampai hemangioma menimbulkan beberapa masalah berupa pendarahan, luka terbuka, serta infeksi setelah anak berusia 10 tahun.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Gagal Ginjal Akut Sebelum membahas Gagal ginjal akut (GGA) terlebih dahulu anda harus memahami fungsi ginjal. Ginjal merupakan organ utama dalam sistem perkemihan yang memproses plasma darah dan mengeluarkan buangan dalam bentuk urine dan juga memiliki […]
  • Kanker Tulang Ada beberapa tipe-tipe kanker tulang. Sebagian besar dari tipe-tipe kanker tulang adalah tipe primer namun masih dalam kategori tumor yang disebut sarkoma. Apa itu sarkoma? Sarkoma adalah sejenis kanker yang menyerang jaringan lunak […]
  • Cholangitis Cholangitis merupakan penyakit infeksi yang ada pada saluran empedu (saluran yang dilewati cairan empedu dari hati ke kantung empedu serta usus). Seperti yang diketahui bahwa empedu diperlukan pula untuk membantu proses pencernaan […]
  • Hernia hiatus Hernia hiatus adalah suatu kondisi dimana terdapat celah atau lubang pada dinding diafragma sehingga memungkinkan sebagian lambung terdorong ke atas diafragma bahkan beberapa kasus bisa sampai ke rongga dada. Sebelumnya, perlu diketahui […]
  • Limfoma Sel-T Kutaneus Ada beberapa kanker kulit tidak terkait dengan sinar radiasi UV matahari, namun beberapa di antaranya dapat berakibat fatal. Salah satu kanker tersebut adalah Limfoma Cutaneous Sel T (CTCL: Cutaneous T-cell lymphoma). Meskipun dapat […]