Beberapa Makanan Yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan IQ Otak Anak

Memiliki anak yang pintas adalah dambaan setiap orang tua. Semua orang tua berharap, anak-anak mereka dapat menempuh ujian dengan sukses dan mendapatkan nilai yang baik. Karenanya, menjelang ujian, setiap anak-anak diwajibkan untuk belajar lebih intens. Beberapa orang tua, seringkali lebih mementingkan cara belajar anak saat ujian, sehingga lupa untuk membuatkan makanan yang bisa menambah kecerdasan anak.

Ada orang tua yang berkata bahwa, memberikan makanan yang menambah kecerdasan, ketika anak sudah masuk usia sekolah tidak besar pengaruhnya. Terkecuali jika diberikan di usia emas anak. Padahal, nutrisi dan gizi makanan, diperlukan untuk seumur hidup.

Membuatkan anak-anak menu makanan yang menambah kecerdasan boleh dilakukan kapan saja, termasuk menjelang ujian. Seetidaknya, makanan yang menambah kecerdasan bukan hanya bisa membuat cerdas, tetapi juga membuat anak lebih sehat. Jika anak lebih sehat saat ujian, maka otak mereka pun akan berpikir lebih jernish, sehingga hasil ujian semakin baik.

Konsumsi Banyak Makanan yang Mengandung Vitamin C

Ketika menjelang ujian, vitalitas yang maksimal amat dibutuhkan. Mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sangat dianjurkan. Misalnya, jeruk, apel, kubis, dll.  Vitamin C berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh Anda, dan membuat penyerapan zat besi semakin besar.

Jika tubuh dapat menyerap zat besi lebih banyak, maka peredaran darahpun akan menjadi lebih baiki, sehingga oksigen dapat diedarkan dengan baik menuju otak. Jika tubuh memiliki cukup kandungan oksigen, otak pun akan bekerja dengan lebih baik.

Telur Mensuplai Protein Tinggi

Telur merupakan salah satu makanan yang menambah kecerdasan anak. Telur memiliki kadar protein yang tinggi. Selain telur, kacang-kacangan juga memiliki protein yang tinggi. Kadar protein yang tinggi sangat baik untuk fungsi otak.

Selain protein, dalam telur juga terkandung fosfolipid dan kaolin, yang juga sangat baik untuk otak. Namun, disarankan untuk mengolah telur dengan cara yang tepat. Lebih baik telur dikonsumsi dengan cara direbus, bukan digoreng. Jika Anda ingin menggoreng, pilihlah minyak zaitun untuk mengganti minyak goreng.

Makanan Berserat Merupakan Makanan yang Menambah Kecerdasan

Berikan anak-anak Anda makanan yang tinggi serat. Walaupun secara langsung tidak ada hubungan antara serat dan makanan yang menambah kecerdasan, namun secara tidak langsung, makanan yang tinggi serat adalah makanan yang bisa meminimalisir rasa gugup dan stress.

Makanan tinggi serat pada umumnya mengandung banyak vitamin B. Vitamin B inilah yang berperan dalam membuat tubuh merasa lebih nyaman dan rileks, sehingga menjelang ujian, anak bisa lebih tenang berpikir.

Disamping itu, makanan tinggi serat juga baik untuk pencernaan. Jika pencernaan anak dalam keadaan sehat menjelang ujian, maka metabolisme tubuh anak juga akan baik. Dan tubuh yang sehat adalah salah satu faktor mengapa otak lebih banyak mencerna sesuatu.

Jangan Lupa Konsumsi Banyak Ikan yang Mengandung Omega 3

Menjelang ujian, sebaiknya konsumsi daging digantikan dengan ikan.  Sebagian besar ikan mengandung omega-3 yang sangat baik sekali untuk otak. Jika anak-anak Anda bukan penggemar ikan, maka coba buat menu  masakan dari lele. Lele juga mengandung omega 3 yang tinggi, dan dengan kolesterol yang rendah.

Terkadang, seorang ibu perlu menyiapkan banyak waktu untuk menyiapkan hidangan ikan, sebagian ibu yang bekerja mungkin merasakan kesulitan. Jika demikian, ikan sarden bisa dijadikan alternatif makanan ikan yang sederhana, dan tetap mengandung gizi.

Semoga 4 jenis makanan yang menambah kecerdasan ini, bisa membantu anak-anak Anda mengahadapi ujian, sehingga mereka menjadi kaum terdidik yang pintas dan membanggakan orang tua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Cara Menurunkan Badan Secara Alami dengan Jeruk Nipis Manfaat jeruk nipis untuk diet memang sudah banyak dicoba oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jeruk nipis bisa menjadi bahan pelangsing tradisional yang bisa Anda gunakan setiap hari. Cara melangsingkan badan secara alami […]
  • Cara Cepat Mengecilkan Perut Gendut Secara Alami Perut buncit bisa disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat di era modern ini. Karena sibuknya dengan pekerjaan, banyak orang yang tidak memiliki kesempatan untuk berolahraga. Hal ini bukan hanya mempengaruhi kesehatan, tetapi […]
  • Cara Menambah Berat Badan Sehat Dan Alami Tubuh yang terlalu kurus terkadang kurang enak dilihat. Oleh karena itu, beberapa orang ingin menambah berat badannya agar lebih ideal. Dengan berat tubuh ideal, semua orang pasti akan tampil lebih percaya diri bukan? Tak harus […]
  • Minuman Diet yang Cepat Melangsingkan Tubuh Terkadang, diet yang dilakoni oleh banyak orang terkesan sangat menyiksa karena harus membatasi makanan dan minuman tertentu. Apalagi jika yang dihindari adalah makanan dan minuman yang enak-enak, tentu ini akan membuat tersiksa sehingga […]
  • Lihat Menu Diet Sehat Disini, Semoga Memberi Manfaat Anda ingin makanan yang lezat untuk menyediakan energi dihari anda yang cerah? tetapi tidak ingin banyak lemak dan kalori? Ternyata Anda dapat memiliki keduanya, makanan sehat, dan makanan yang tidak menambah lingkar […]