Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Asam Lemak Omega-3 Sejak Bayi Hingga Dewasa

Siapa yang tidak mengenal asam lemak omega-3. Fungsinya yang sangat banyak untuk kesehatan, kerap membuat produk yang mengandung asam lemak omega 3 ini sering dikonsumsi banyak orang.

Beragamnya penelitian yang menuliskan manfaat mengkonsumsi asam lemak omega-3 ini membuat produk omega-3 banyak diproduksi dan dijual di pasaran, baik dengan harga yang relative murah atau yang sangat mahal.

Manfaat mengkonsumsi asam lemak omega-3 bagi tubuh memang tidak bisa diragukan lagi. Manfaatnya yang paling sering terdengar adalah untuk kesehatan jantung. Di samping itu, asam lemak omega-3 juga dilangsir berpengaruh pada tingkat kecerdasana anak.

Apa itu Asam Lemak Omega-3?

Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Namun, tubuh tidak bisa memproduksi sendiri zat ini, sehingga manusia mengambilnya dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ada beberapa kandungan yang menyebabkan munculnya banyak manfaat mengkonsumsi asam lemak omega-3. Tiga kandungan utama asam lemak omega-3 dikatakan sebagai kandungan yang paling bermanfaat, yaitu: DHA (Docosahexaenoic acid), EPA (Eicosapentaenoic acid), dan LNA (Linolenic acid).

Ketiga zat di atas menberikan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh. Misalnya, DHA memberi fungsi sebagai jaringan yang berperan dalam melancarkan perintah melalui saraf, dan meneruskan rangsangan atau perintah menu ke otak. DHA ini sangat berkaitan dengan respon seseorang dalam menerima rangsangan dari luar.

Bagi penderita jantung, manfaat mengkonsumsi asam lemak omega-3 ini terlihat dengan kehadiran EPA. EPA berperan dalam pembentukan sel-sel darh dan jantung. EPA juga dapat membantu melancarkan system peredaran darah, sehingga seseorang bisa terhindar dari penyakit terkait sirkulasi darah seperti hipertensi, jantung dan stroke.

Sedangkan, manfaat LNA bagi tubuh adalah membantu tubuh untuk mengedarkan sari-sari makanan yang dikonsumsi oleh manusia, untuk disampaikan ke organ-organ tubuh lainnya yang membutuhkan. Oksigen dan sari makanan adalah salah satu sumber energi yang penting bagi tubuh, agar tubuh dapat berfungsi secara normal.

Manfaat Mengkonsumsi Asam Lemak Omega-3 dari Kandungan Hingga Dewasa

Dengan banyaknya bukti dari manfaat mengkonsumsi asam lemak omega-3, maka tidak mengherankan jika ahli gizi menyarankan setiap orang untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 setidaknya 300 mg setiap harinya.

Ketika bayi dalam kandungan dokter akan menyarankan ibu hamil mengkonsumsi ikan. Dalam ikan terdapat kandungan omega 3 yang cukup tinggi, sehingga masa-masa pembentukan otak dalam kandungan akan lebih baik.

Tidak hanya dalam kandungan, omega 3 juga dibutuhkan pada masalah pertumbuhan anak sampai dengan lima tahun, karena sangat baik untuk perkembangan kecerdasan anak.

Saat dewasa, asupan omega tigajuga berfungsi untuk banyak hal. Selain untuk esehatan jantung, omega 3 juga memperbaiki kerja otak, karena ia memberikan dan menyalirkan energy pada makanan sampai ke otak. Hal ini juga berlanjut pada saat lansia, dimana omega 3 membantu untuk mencega peradangan sendi, sebuah penyakit yang sangat sering menyeranag lansia.

Ada banyak sumber asam lemak omega-3, walaupun yang paling banyak disebut adalah dari ikan-ikanan, seperti salmon, tuna, tenggiri dan sarden. Lele uga mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Selain ikan, omega 3 juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang kenari.

Jika Anda kekurangan banyak waktu untuk mengkonsumsi makanan, atau tidak cukup suka dengan hidangan ikan, mungkin anada bisa mengkonsumsi produk minyak ikan di pasaran.

Namun, ANda harushati-hati memilih dan mengkonsumsinya, karena dalam jumlah berlebih minyak ikan juga tidak baik untuk tubuh. Hubungin ahli gizi atau dokter untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan Anda terhadap omega 3.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!