Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Diet

Susu Kedelai untuk Diet

Khasiat susu yang terbuat dari kedelai begitu baik bagi kesehatan. Karenanya, susu kedelai bisa dijadikan alternatif untuk mereka yang alergi dengan susu sapi.

Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai tidak mengandung kolesterol dan kandungan lemak jenuhnya pun begitu rendah. Karenanya, susu kedelai bisa dijadikan minuman untuk memenuhi kebutuhan serat serta mampu menjadikan organ pencernaan semakin sehat.

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan begitu berharga. Ini karena kandungan gizi yang ada pada susu kedelai cukup banyak. Antara lain
lemak nabati, protein, serat, karbohidrat, vit A, vit B1, dan vit B2. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat dari minum susu sari kedelai ini, berikut ulasannya.

Khasiat susu kedelai

Rendah kalori

Dari 100ml susu kedelai hanya terdapat 45 kalori. Jadi minum susu ini sangat cocok bagi mereka yang dalam program diet sebab selain rendah kalori, susu kedelai juga tidak mengandung lemak.

Kandungan proteinnya sangat baik

Protein nabati yang terkandung dalam susu kedelai dapat mengurangi  LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Selain itu, rutin minum susu kedelai  juga baik untuk pertumbuhan otot.

Tinggi nutrisi

Kandungan vitamin dan mineral pada susu kedelai sangat tinggi. Dalam satu cangkir susu kedelai mengandung 8 gram karbohidrat, 7 gram protein dan 1 gram serat. Susu kedelai juga bisa jadi sumber dari vitamin A, D, dan kalsium  yang baik.

Cegah kanker

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan yang sangat luar biasa yaitu dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pria yang secara rutin minum susu kedelai memiliki resiko yang lebih sedikit terkena kanker prostat. Sedangkan khasiat susu kedelai untuk wanita yaitu dapat mencegah terjadinya menopause dini.

Baik untuk diet

Susu kedelai bisa dijadikan minuman yang baik untuk diet karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan minum susu kedelai saat diet, maka kebutuhan serat harian dapat tercukupi. Sistem metabolisme tubuh akan semakin lancar dan perut pun akan merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Meskipun manfaat susu kedelai begitu baik, namun sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena susu kedelai mengandung phytoestrogen (zat penghasil hormon estrogen) yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan testosteron atau mengurangi kesuburan pada pria.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait