Mengapa Bayi Butuh Nutrisi Buah Segar dalam Porsi Seimbang?

Mengapa Bayi Butuh Nutrisi Buah Segar dalam Porsi Seimbang?

Bagi ibu yang saat ini telah memasuki masa 6 bulan pemberian ASI ekslusif, pasti bertanya, setelah ini makanan tambahan apa yang akan diberikan kepada bayi Ibu. Atau para ibu yang anak-anaknya sudah bisa menikmati berbagai macam buah, pasti juga bertanya buah apa saya yang akan dikenalkan kepada balita Anda.

Mengenalkan buah pada bayi atau balita sejak dini, sangat baik untuk kesehatan mereka. Setidaknya, hal ini akan membangun minat mereka untuk mencintai buah di masa dewasa nanti.

Tidak sulit mengenalkan buah kepada bayi, karena pada umumnya bayi belum mengenal banyak rasa. Ketika bayi Anda diberikan buah, mungkin ia akan merasa sesuatu yang baru, di luar ASI yang sehari-hari ia konsumsi.

Karenanya, mengenalkan buah kepada bayi sejak dini, akan jauh bermanfaat, karena mereka belum mendapatkan beraneka makanan lain, sehingga ilihan mereka belum terlalu banyak. Setelah ibu mengenalkan buah kepada bayi, lalu strategi selanjutnya adalah mempertahankan agar bayi menyukainya hingga mereka dewasa.

Memulai Mengenalkan Buah Kepada Bayi

Banyak aneka buah yang bisa dikenalkan kepada bayi. Di usia 6 bulan, buah pisang biasanya menjadi salah satu pilihan utama. Ibu biasa memberikan pisang dengan cara dihaluskan dan ditambahkan dengan ASI.

Di usia yang sedikit lebih maju, beberapa ibu menambahkan yougurt ke dalam campuran pisang. Buah pisang sendiri memiliki banyak manfaat untuk bayi, karena ia mengandung banyak nutrisi seperti fosfor, vitamin A dan asam folat.

Buah lainnya yang bisa ibu berikan adalah papaya, buah ini sangat baik untuk pencernaan bayi, selain membuat perut bayi lebih nyaman. Namun, jangan terlalu banyak memberikannya kepada bayi. Berikan buah-buahan dalam porsi yang seimbang.

Jeruk baby juga bisa menjadi salah satu pilihan buah yang bisa dikenalkan kepada bayi. Jeruk ini mengandum banyak vitamin C, yang berarti mengandung antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh bayi. Banyak bayi yang menyukai buah jeruk ini, dikarenaka memberikan kesegaran kepada mereka. Namun, disbanding dengan jeruk lainnya, ibu memang lebih disarankan memberikan jeruk baby ketika memulai mengenalkan buah kepada bayi ibu.

Agar Bayi Tidak Bosan Mengkonsumsi Buah

Bagaimanapun, ibu harus menciptakan pola makan yang seimbang untuk keseharian bayi. Mengenalkan buah kepada bayi bukan berarti melupakan manfaat makanan lain seperti ssayur dan sumber karbohidrat. Menyusun pola makan adalah penting, agar bayi tidak jenuh.

Dalam seminggu cobalah memberikan bayi aneka variasi buah yang berbeda. Sehingga bayi tidak cepat merasakan bosan. Jika ibu mau, ibu bisa mengganti bentuk buah jeruk dengan jeruk peras. Atau bisa juga membuat modek potongan buah yang unik, yang kiranya akan disukai bayi dan anak-anak.

Misalnya, dengan membuat bentuk model bulat, segitiga atau bintang pada potongan papaya dan melon. Tentu hal ini akan membuat bayed an anak lebih bersemengat mencoba.

Beri Vote Jika Bermanfaat

Artikel Terkait

Bagikan Ke Temanmu: