Efek Buruk Cairan Pembersih Tangan Jika Sering Digunakan

Efek Buruk Cairan Pembersih Tangan Jika Sering Digunakan

Saat ini produk pembersih tangan atau hand sanitizer semakin marak diiklankan di televise. Berbagai manfaat penggunaan produk ini gencar dipromosikan. Selain menyederhanakan system pencucian tangan, manfaat pembersih tangan ini juga semakin digemari, karena simple dan terbilang tidak mahal.

Argumentasi mengenai manfaat pembersih tangan ini untuk membunuh kuman dan mikroorganisme juga didukung oleh banyak penelitian. Di Amerika Serikat, rumah sakit Ohio misalnya, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap audience selama 34 bulan menghasilkan kesimpulan bahwa, manfaat pembersih tangan untuk memperkecil kejadian infeksi hasilnya cukup significant, yaitu sekitar 30,4%

Penelitian tersebut juga didukung oleh Texas Society of Infection Control Practicioners dari Houston, Texas, Amerika Serikat. Penelitian yang dilakukan di salah satu kota besar di Amerika tersebut, para peneliti melihat adanya manfaat pembersih tangan yang berhubungan dengan penurunan infeksi sebesar 36,1%.

Pembersih Tangan Sebabkan Resistensi Antimikroba

Pastinya banyak orang yang tergoda untuk sekadar membeli pembersih tangan ini. Selain harga yang tidak terlalu mahal, pembersih tangan ini juga mudah dibawa kemana saja, sehingga ketika seseorang membutuhkan pembersih tangan, tidak perlu sulit menemukan air terlebih dahulu.

Namun, ada baiknya penggunaan pembersih tangan ini juga dibatasi. Sebaiknya tidak selalu dalam setiap kesempatan pembersih tangan ini digunakan. Karena dibalik manfaatnyayang cukup baik untuk menekan angka infeksi, ternyata dalamjangka waktu panjang justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Ketika pembersih tangan ini digunakan dalam jangka waktu lama, maka efeknya bisa sama dengan penggunaan antibiotik, yaitu menyebabkan resistensi bakteri.  Dalam setiap produk pembersih tangan terdapat triklosan. Penggunaan pembersih tangan dalam waktu lama, akan menyebabkan beberapa bakteri menjadi resisten terhadap triklosan.

Hal tersebut pernah diteliti oleh Molly B. Schmid dan Nachum Kaplan, peneliti asal Kanada. Dari analisa yang mereka lakukan selama lebih dari satu tahun, mereka menyimpulkan bahwa infeksi dari bakteri Methicillin-resistent Stapylococcus aureus (MRSA) resiten terhadap triclosan. Tidak hanya terhadap bakteri, menurut peneliti, penurunan sensitifitas virus terhadap triklosan juga dapat melemahkan kekebalan tubuh manusia.

Manfaat Pembersih Tangan VS Kerugiannya

Setelah kita mengamati dan membandingkan manfaat pembersih tangan dan kerugiannya, ada baiknya kita bijak untuk menggunakan pembersih tangan tersebut dalamkehidupan sehari-hari.

Tidak bias dipungkiri, manfaat pembersih tangan untuk melindungi manusia dari penyakit infeksi sangatlah baik, namun hal tersebut tentu masih bias digantikan dengan menggunakan air. Jika tidak dalam keadaan benar-benar terpaksa, gunakan pembersih tangan sesuai dengan kebutuhan.

Karena, jika Anda menggunakannya sebagi proteksi, selain akan menyebabkan beberapa mikroorganisme bermutasi menjadi resisten, sehingga anda resisten terhadap antimikroba, kulit Anda pun sangat rentang menjadi kering. Di samping itu. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitive juga harus berhati-hati dalam menggunakan pembersih tangan ini, karena kandungan alkoholnya cukup tinggi yaitu 45% – 95%.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • 10 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Setelah Usia 40 Tahun Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh. Laju metabolisme tergantung seberapa cepat tubuh Anda membakar kalori. Beberapa orang memiliki metabolisme yang cepat. Pria cenderung membakar lebih banyak kalori daripada wanita, meskipun saat […]
  • Bahaya Memilih Makanan Dari Kemasan Plastik, Mengapa? Bahaya Kemasan Plastik. Menjaga makanan sehat keluarga ternyata bukan hanya mewaspadai zat zat kimia berbahaya yang mungkin ditambahkan dalam makanan, namun juga memperhatikan hal hal pendukung makanan tersebut, seperti halnya kemasan […]
  • Rajin Minum Teh Ini Bikin Tulang Kuat Dan Cegah Osteoporosis Ada kabar baik bagi seseorang yang hobi minum teh, karena kesukaannya pada teh, berbonus pada kesehatan tulang. Tulang adalah salah satu organ penyangga tubuh yang sangat vital. Namun pentingnya nilai tulang, saat ini tidak diiringi […]
  • Terapi Kerokan Saat Masuk Angin, Bahaya Atau Tidak? Siapa yang tidak kenal istilah kerokan. Terapi ini kerap menjadi terapi favorit banyak orang yang menderita masuk angina, atau sekadar sakit linu pada otot-otot. Banyak yang berpikir terapi ini sangat efektif, namun beberapa orang […]
  • Sering Deg-Degan Bisa jadi Gejala Penyakit Jantung Aritmia Tidak banyak orang yang mengetahui mengenai aritmia, bahkan saat mereka sering mengalami gangguan jantung ini. Aritmia jantung kerap ditandai dengan detak jantung yang sangat cepat atau sebaliknya, sangat lambat. Gangguan jantung aritmia […]