Manfaat Makanan Karotenoid Untuk Kesehatan Mata Dari Sinar Biru

Manfaat Makanan Karotenoid Untuk Kesehatan Mata Dari Sinar Biru

Penelitian membuktikan bahwa nutrisi adalah kunci penting untuk kesehatan mata. Kualitas penglihatan bisa kita dapatkan dengan makan cukup karotenoid dalam makanan Anda.

Khususnya, karotenoid dapat melindungi mata Anda dari bahaya sinar biru, dimana sinar ini bisa meningkatkan degenerasi makula di kemudian hari. Sinar ini berasal dari handphone, komputer, televisi, smartphone, laptop, cahaya lampu led, dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

Blue light atau cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek daripada cahaya lainnya yang lebih mudah menyebar dan mengintervensi mata, menyebabkan silau, mengurangi sensitivitas kontras terhadap warna dan menurunkan ketajaman penglihatan.

Apa itu karotenoid?

Karotenoid adalah pigmen yang memberi warna oranye, kuning dan hijau pada buah atau sayuran. Karoten bertindak sebagai antioksidan dan memiliki sifat anti kanker

Bagaimana Karotenoid Bisa Menjaga Kesehatan Mata?

Makula adalah bagian paling sensitif dari retina mata. Makula memiliki konsentrasi fotoreseptor tertinggi di retina berperan penting untuk mengahsilkan pandangan tertajam sehingga kita bisa membedakan setiap warna.

Tiga karotenoid yaitu lutein, zeaxanthin dan meso-zeaxanthin adalah komponen pembentuk pigmen di makula juga melindungi jutaan sel fotoreseptor yang terletak di daerah retina ini.

Jenis Makanan yang mengandung karotenoid adalah

Makanan mengandung karotenoid terutama lutein dan zeaxanthin yang ditemukan pada sayuran hijau termasuk

– kubis
– bayam
– Sawi hijau
– Lobak hijau
– Kacang hijau
– Labu
– Telur

Sedangkan makanan yang mengandung sumber meso-zeaxanthin ada di ikan trout, ikan sarden dan salmon. Sumber meso-zeaxanthin juga telah ditemukan dalam telur meksiko.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait