Manfaat Sinar Matahari Untuk Penderita Hipertensi

Bagi Anda yang terbiasa menghabiskan akhir pekan dengan bersantai, tanpa melakukan aktivitas apapun utnuk meningkatkan kesehatan, maka Anda bisa dikategorikan orang yang akan rugi di hari tua nanti. Banyak hal-hal ringan, yang bisa dilakukan ketika akhir pekan, termasuk melakukan olahraga yang ringan.

Jogging bisa dikategorikan sebagai olahraga ringan, dan Anda bisa melakukannya dengan santai di pagi hari, sambil menikmati manfaat sinar matahari, yang selalu gratis untuk Anda.

Banyak orang yang tidak menduga, bahwa ada banyak manfaat sinar matahari untuk kesehatan. Sayangnya lagi, justru orang menyebut sinar matahari sebagai pencetus utama penyakit-penyakit kulit, termasuk kanker kulit, karena kandungan UV yang ada di dalamnya.

Penelitian-penelitian sebelumnya, juga menyimpulkan hal yang hampir sama. Sinar matahari dianggap sebagai pencetus munculnya kerusakan kulit, melanoma, penuaan dini dan lain sebagainya. Padahal, dibalik serangkaian masalah yang dikemukakan, ada banyak manfaat sinar matahari, yang sangat besar untuk tubuh dibanding dengan risiko nya.

Manfaat Sinar Matahari Untuk Menjaga Tekanan Darah

Sebuah situs terkenal di dunia, pernah menuliskan bahwa, seorang peneliti dari Edinburgh University menemukan manfaat sinar matahari untuk kesehatan tubuh, yaitu untuk mengatasi hipertensi. Sinar matahari dianggap bisa menurunkan tekanan darah. Dengan adanya manfaat ini, maka otomatis sinar matahari juga memberikan kontribusi untuk mencegah strok dan seragan jantung.

Menurut peneliti, ketika seseoang terpapar dengan sinar matahari, maka tubuh akan melepaskan nitrit oksida. Senyawa ini sangat berperan dalam membantu tubuh menurunkan tekanan darah yang tinggi. Peneliti juga menyebutkan bahwa, manfaat sinar matahari untuk mengatasi hipertensi jauh lebih besar ddibanding ddengan risikonya untuk menyebabkan kanker kulit.

Sinar Matahari Membantu Lepaskan Hormon Serotonin

Anda yang sering terpapar sinar matahari, maka mood Anda akan lebih baik. Begitulah yang disebutkan dalam situs CNN.

Sinar matahari berperan membantu pelepasan hormon serotonin ke dalam darah. Hormon ini bertanggung jawab untuk mengendalikan perasaan senang dan menjaga mood seseorang. Ketika Anda rutin melakukan lari pagi, dan terkena sinar matahari pagi, maka manfaat sinar matahari  untuk menjega mood Anda sepanjang hari, akan mulai Anda rasakan.

Seseorang yang kerap mengalami depresi atau stress, mencoba untuk berjemur di bawah sinar matahari, mungkin dapat membantu menyelesaikan masalah Anda. Horrmon serotonin yang dikeluarkan, akan membangkitkan mood dan perasaan senang di hati, sehingga bisa mengaburkan perasaan cemas, depresi dan stress.

Beberapa peneliti bahkan menyebut, efek dari sinar matahari utnuk mencegah depresi sama baiknya dengan penggunaan obat-obatan antidepresan. Disamping itu, kelebihan sinar matahari adalah, efek samping seperti pembakaran kulit, yang masih bisa dicegah dan diatasi.

Jika selama ini Anda lebih senang berteduh di tempat yang tidak terpapar sinar matahari, mungkin saatnya Anda merubah gaya tersebut. Menikmati manfaat sinar matahari juga sangat bagus untuk Anda, dan bisa membantu Anda untuk menjadi lebih sehat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!