Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Mata Bayi dan Orang Tua

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Mata Bayi dan Orang Tua

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Mata. Asam lemak merupakan nutrisi penting untuk fungsi sel, otot, saraf dan organ tubuh. Asam lemak juga dibutuhkan untuk suatu senyawa mirip hormon yang membantu mengatur tekanan darah, detak jantung dan pembekuan darah.

Salah satu asam lemak disebut asam lemak esensial (EFA) – diambil dari makanan karena tubuh kita tidak dapat memproduksinya. Agar tetap sehat, kita harus mendapatkan asam lemak ini dari makanan sehat.

Dua jenis EFA adalah asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Studi telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Ada beberapa jenis dari asam lemak omega-3 meliputi asam docosahexaenoic (DHA), asam eikoapentaenoat (EPA) dan asam alfa-linolenat (ALA).

Manfaat omega 3 untuk kesehatan mata bayi

Sejumlah penelitian klinis telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 sangat penting untuk pengembangan penglihatan normal bayi .

DHA dan asam lemak omega-3 lainnya ditemukan dalam ASI ibu, namun juga ditambahkan ke beberapa formula susu tambahan untuk bayi yaitu formula suplemen Omega-3 untuk merangsang perkembangan penglihatan bayi.

Menurut sebuah analisis yang dilakukan oleh para periset di Harvard School of Public Health dan dipublikasikan di jurnal Pediatrics, menemukan bahwa bayi pra-sehat yang diberi susu formula dilengkapi DHA memiliki ketajaman visual yang lebih baik pada usia 2 dan 4 bulan dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula tanpa omega-3.

Makanan selama kehamilan juga mempengaruhi perkembangan kesehatan mata janin. DHA dan asam lemak omega-3 yang adekuat dalam makanan ibu hamil juga penting untuk meningkatkan kualitas penglihatan bayi secara normal.

Manfaat Omega-3 Untuk Mata Orang Dewasa

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata orang dewasa dari degenerasi makula dan sindrom mata kering. Asam lemak esensial juga dapat membantu sirkulasi cairan intraokular di mata, mengurangi risiko tekanan mata dan mencegah glaukoma.

Studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya dua porsi tuna putih per minggu memiliki risiko mata kering yang jauh lebih rendah daripada wanita yang makan satu porsi atau lebih sedikit  per minggu.

Asam lemak omega-3 juga bisa membantu mengobati mata kering. Dalam sebuah studi baru-baru ini tentang mata kering yang diinduksi pada tikus, krim topikal dari asam lemak omega-3 ALA bisa menurunkan gejala dan peradangan akibat sindrom mata kering.

Sumber makanan mengandung Asam Lemak Omega-3

Sumber makanan terbaik dari asam lemak omega-3 adalah ikan air dingin, baik DHA maupun EPA, termasuk ikan sarden, herring, salmon dan tuna putih. Ikan hasil tambak atau petani ikan tidak lebih baik dibanding ikan liar karena ikan hasil pertanian biasanya dikenai polutan dan bahan kimia tinggi.

American Heart Association merekomendasikan minimal dua porsi ikan air dingin setiap minggu untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan banyak dokter mata juga merekomendasikan diet tinggi asam lemak omega-3 untuk mengurangi risiko sakit mata.

Jika Anda bukan pecinta ikan karena amis, cara lain untuk mendapatkan cukup omega-3 adalah mengambil suplemen minyak ikan.

Sumber lain omega 3

Sumber lain yang baik dari asam lemak omega-3 termasuk biji rami, minyak biji rami, kenari dan sayuran berdaun hijau gelap. Namun, tubuh Anda tidak dapat memproses asam lemak omega-3 dari diet vegetarian ini dibandingkan jika Anda memakan ikan air dingin.

Minyak bunga matahari dan minyak jagung, juga sangat tinggi asam lemak omega-6. Namun, memasak minyak dengan suhu tinggi akan menciptakan asam trans-lemak berbahaya, atau “lemak trans.”

Lemak trans mengganggu penyerapan asam lemak omega-3 yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit serius, termasuk kanker, penyakit jantung, aterosklerosis (pengerasan arteri), tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, artritis dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Berapa dosis minyak ikan untuk kesehatan mata

Menurut American Heart Association, penelitian menunjukkan aturan minum minyak ikan untuk kesehatan mata, atau asupan harian DHA dan EPA (kombinasi) berkisar antara 500 miligram (0,5 gram) sampai 1,8 gram (baik dari suplemen minyak ikan atau daging ikan) secara signifikan menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk ALA, dosis asupan harian 1,5 sampai 3 gram (g).

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Studi: Efek Makan Malam Langsung Tidur Terkait Hormon Melatonin Bukan makanan apa yang Anda makan, tapi kapan saat Anda mulai makan adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Slogan ini didorong oleh sebuah penelitian kecil di AS yang melibatkan 110 mahasiswa. Periset ingin mengukur pola tidur […]
  • Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Asam Lemak Omega-3 Sejak Bayi Hingga Dewasa Siapa yang tidak mengenal asam lemak omega-3. Fungsinya yang sangat banyak untuk kesehatan, kerap membuat produk yang mengandung asam lemak omega 3 ini sering dikonsumsi banyak orang. Beragamnya penelitian yang menuliskan manfaat […]
  • Tips Mencegah Mata Buram Akibat Efek Metformin Salah satu efek samping metformin adalah mata buram, atau pandangan berkunang-kunang. Mata buram atau mata kabur terjadi akibat kekurangan Vitamin B12 karena Metformin diketahui mengganggu penyerapannya. Vitamin B12 sangat penting […]
  • Mengapa Metabolisme Usia 40 Melambat Dan Cenderung Gemuk? Apa itu metabolisme istirahat? Metabolisme istirahat adalah proses pembakaran kalori saat tubuh Anda tidak beraktifitas fisik, meskipun Anda duduk atau berbaring, tubuh Anda masih membakar kalori. Seiring bertambahnya usia, metabolisme […]
  • Pentingnya ASI Sebagai Langkah Utama Pencegahan Diare Bayi Diare pada bayi termasuk keadaan yang harus mendapat perhatian khusus tenaga kesehatan. Banyaknya kematian bayi, biasa disebabkan akibat kurang baiknya terapi diare pada bayi. Pada umumnya, orang tua menganggap diare pada bayi adalah hal […]