Sering Mengalami Mimpi Buruk? Inilah 5 Penyebabnya

Sering Mengalami Mimpi Buruk? Inilah 5 Penyebabnya

Penyebab Mimpi Buruk – Mimpi biasa disebut-sebut sebagai bunganya mimpi, biasanya orang akan mimpi indah jika tidur nyenyak. Namun lain halnya jika tertidur dan mimpi buruk, biasanya tidur akan gelisah, dan ketika bangun pagi pun rasanya badan tidak segar dan terasa lelah. Alhasil aktifitas sehari-hari pun bakalan kacau gara-gara mimpi buruk.

Penyebab Mimpi Buruk

1. Stres dan cemas

Stres yang dialami seseorang dalam selama beberapa hari belakangan dapat memicu terjadinya mimpi buruk diwaktu tidur. Stres dapat disebabkan karena bangkrut, perceraian, dan masalah keuangan. Selain stres, ternyata cemas akibat masa lalu dapat mengakibatkan Anda mengalami mimpi buruk.

Dari hasil penelitian International Association for the Study of  Dreams mengatakan bahwa kehilangan orang yang dicintai dan menyaksikan kecelakaan tragis dapat menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk.

2. Makan yang berlemak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak makanan berlemak yang dikonsumsi maka jumlah dan kualitas tidur akan berkurang. Dalam sebuah penelitian Psychological Reports  menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan organik dan orang yang mengonsumsi makanan junk food memiliki mimpi yang berbeda.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat–obatan seperti anti depresi, narkotika dan barbiturat menyebabkan mimpi buruk sebagai efek sampingnya. Menurut penlitian yang di terbitkan di  Journal Psychopharmacology mengatakan bahwa ketamin obat yang digunakan dalam anestesi dapat membuat mimpi buruk dibandingkan dengan obat yang lain.

4. Makan sebelum Tidur

Orang tua melarang tidur setelah makan, ternyata makan menjelang waktu  tidur dapat menyebabkan kita mengalami mimpi buruk. Hal ini karena mempengaruhi metabolisme tubuh dan meningkatkan aktivitas otak.

5. Penyakit

Beberapa jenis penyakit seperti demam dan flu dapat membuat tidur tidak nyaman, sering terbangun dan menyebabkan kualitas tidur jadi berkurang yang pada akhirnya akan membuat Anda mengalami mimpi buruk.

Hal yang bisa Anda lakukan agar tidak mimpi buruk  yaitu dengan menenangkan pikiran, dan buat Anda menjadi rileks, dengan begitu Anda akan terhindar dari Mimpi Buruk.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Terapi Kerokan Saat Masuk Angin, Bahaya Atau Tidak? Siapa yang tidak kenal istilah kerokan. Terapi ini kerap menjadi terapi favorit banyak orang yang menderita masuk angina, atau sekadar sakit linu pada otot-otot. Banyak yang berpikir terapi ini sangat efektif, namun beberapa orang […]
  • Rajin Minum Teh Ini Bikin Tulang Kuat Dan Cegah Osteoporosis Ada kabar baik bagi seseorang yang hobi minum teh, karena kesukaannya pada teh, berbonus pada kesehatan tulang. Tulang adalah salah satu organ penyangga tubuh yang sangat vital. Namun pentingnya nilai tulang, saat ini tidak diiringi […]
  • Manfaat Sinar Matahari Untuk Penderita Hipertensi Bagi Anda yang terbiasa menghabiskan akhir pekan dengan bersantai, tanpa melakukan aktivitas apapun utnuk meningkatkan kesehatan, maka Anda bisa dikategorikan orang yang akan rugi di hari tua nanti. Banyak hal-hal ringan, yang bisa […]
  • 10 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Setelah Usia 40 Tahun Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh. Laju metabolisme tergantung seberapa cepat tubuh Anda membakar kalori. Beberapa orang memiliki metabolisme yang cepat. Pria cenderung membakar lebih banyak kalori daripada wanita, meskipun saat […]
  • Benarkah Makanan Cepat Saji Di Restoran Bisa Sebabkan Diabetes? Ternyata, DM tipe 2 dapat terjadi karena makanan cepat saji. Makanan cepat saji diistilahkan sebagai junk foods. Bagaimana makanan ini bisa menyebabkan diabetes? Jawaban paling mudah adalah bahwa mengonsumsi gula dan lemak berlebihan […]