Beberapa Hal Yang Dilarang Selama Kehamilan

larangan selama kehamilan

Kehamilan adalah moment luarbiasa yang sepatutnya dijaga. Wanita hamil harus menjaga kesehatannya agar bayi yang dikandung dapat tumbuh dengan optimal. Selain itu, wanita hamil juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

Berikut adalah beberapa aktivitas berbahaya yang tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil:

1. Wanita hamil dilarang olahraga berat

Wanita hamil memang diwajibkan olahraga seperti yang telah dijelaskan Alami Ilmah pada artikel sebelumnya. Namun olahraga yang dilakoni wanita hamil bukanlah olahraga berat seperti yang dilakukan oleh orang yang tidak hamil.

Olahraga yang terlalu berat dapat mengancam keselamatan janin yang dikandung. Olahraga ekstrim seperti bersepeda dan latihan kekuatan sebaiknya dihindari oleh orang yang sedang hamil.

2. Wanita hamil dilarang menggunakan pembersih kimia

Bersh-bersih adalah hal lumrah yang kerap dilakukan Ibu-ibu. Namun untuk Ibu hamil sebaiknya hindari pembersih berbahan kimia ketika mengepel atau membersihkan kamar mandi.

Pembersih bahan kimia berbahaya untuk Ibu hamil karena paparan bahan kimia akan mengganggu pertumbuhan janin. Untuk menyiasatinya, sebaiknya gunakan alternatif lain ketika sedang bersih-bersih.

3. Wanita hamil dilarang menggunakan lotion

Penelitian telah menunjukkan penggunaan lotion dan produk kecantikan dapat mempengaruhi hormon pada wanita hamil. Sebaiknya gunakan lotion berbahan alami seperti minyak zaitun atau lotion berbahan teh.

4. Wanita hamil dilarang mewarnai rambut

Wanita hamil tidak diperbolehkan menyemir rambutnya karena kandungan bahan kimia pada pewarna rambut dapat membahayakan kandungannya. Jika ingin mewarnai rambut ketika hamil, sebaiknya pilih pewarna rambut berbahan nabati karena lebih aman untuk wanita hamil.

5. Wanita hamil dilarang minum obat pereda rasa sakit

Obat pereda nyeri sebaiknya jangan dikonsumsi sembarangan. Jika Anda mengalami keluhan ketika hamil sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jangan membeli obat di apotik tanpa resep dokter, obat seperti aspiran dapat mengencerkan darah sehingga tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh orang hamil. Jika Ibu hamil terkena flu, sebaiknya baca “Mengatasi Flu pada Ibu Hamil“.

6. Wanita hamil dilarang berendam pada air hangat terlalu lama

Relaksasi juga dibutuhkan oleh wanita hamil. Tapi ketika berendam di air hangat sebaiknya jangan terlalu lama karena dapat mempengaruhi kesehatan bayi yang dikandung.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Hamil Tetap Menyusui, Bahayakah Bagi Kesehatan Ibu, Bayi, dan Janin Bolehkah hamil tetap menyusui? Ini menjadi pertanyaan yang sangat awam di kalangan ini yang dinyatakan hamil lagi setelah baru beberapa bulan melahirkan dan masih menyusui. ASI merupakan makanan yang paling utama untuk bayi usia 0-6 […]
  • Masalah Demam Pada Ibu Hamil Dan Tips Mengatasinya Demam ibu hamil sebaiknya mendapat penanganan yang tapat. Mengingat wanita hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang obat, penanganan secara alami bisa menjadi solus yang lebih baik. Bila Anda sedang hamil, sebaiknya waspadai adanya […]
  • Perubahan Psikologis Kehamilan Trimester Pertama Ibu Hamil itu Mudah Marah, Benarkah? Banyak Orang ngomong kalau hamil muda itu sama kondisi ketika akan datang bulan. Sehingga, wanita yang sedang hamil cenderung lebih sensitif daripada yang sedang tidak hamil. Sama seperti wanita yang […]
  • Amankah Obat Penguat Kandungan Untuk Cegah Keguguran? Penguat kandungan yang dewasa ini dijadikan obat alternatif yang berfungsi untuk menanggulangi rasa sakit, nyeri yang terjadi pada perut khususnya memang digunakan untuk kandungan yang mengalami kontraksi pada ibu hamil, yang pada […]
  • Ragam Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil Dan Janinnya Manfaat madu memang tidak ada habisnya. Selain manfaat seperti yang telah diungkapkan pada keajaiban Madu, ternyata madu juga baik untuk Ibu hamil. Begitu banyak kandungan nutrisi pada madu. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan Ibu […]