Kejadian Tak Menyenangkan Selama Kehamilan Dan Tips Merawatnya

Saat kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan dibanding saat tidak hamil. Dalam waktu singkat, bukan hanya berat badan yang bertambah. Perubahan juga terjadi pada fungsi tubuh seperti produksi hormon yang meningkat sehingga mengakibatkan perubahan pada kulit dan emosi saat sedang mengandung.

Apa saja sih perawatan yang penting untuk Ibu hamil? Ini dia jawabannya yang akan diulas bersama Alami Ilmiah

1. Cegah melasma dengan tabir surya

Produksi hormon estrogen dan progesteron pada wanita hamil cenderung meningkat. Meningkatnya hormon tersebut akan menstimulasi kulit untuk memproduksi melanosit, gejala ini disebut melasma. Akibat yang ditimbulkan ari gejala ini adalah timbulnya bercak-bercak hitam pada area leher, pipi, kening dan bibir.

Gejala melasma umumnya terjadi pada trimester kedua kehamilan. Karena paparan sinar ultraviolet matahari, melasma bisa menjadi semakin parah. Oleh karena itu wanita hamil disarankan untuk tidak beraktivitas di bawah terik matahari langsung.

Namun jika diharuskan beraktifitas di luar ruangan, gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF. Bekas hitam yang terjadi karena melasma biasanya akan hilang sendiri setelah melahirkan.

2. Perawatan untuk stretch mark

Stetch mark adalah peregangan pada kulit di bagian perut saat kehamilan. Akibat peregangan ini, pada bagian perut akan terjadi guratan-guratan memanjang dengan pola yang tidak beraturan. Stretch mark cenderung susah diobati, tapi jika Anda telaten stretch mark dapat dicegah sebelum terjadi.

3. Gunakan produk kecantikan yang bebas minyak

Produksi minyak pada kulit wajah ketika hamil biasanya akan lebih ekstra. Pada trimester pertama biasanya wajah akan lebih berminyak dan tumbuh jerawat. Sebaiknya hindari produk kecantikan yang berbahan dasar minyak karena akan menutup pori, jika akan mengobati jerawat sebaiknya gunakan cara alami agar lebih aman, karena bahan kimia pada obat jerawat terindikasi dapat membahayakan janin.

4. Merawat kaki bengkak

Saat hamil, biasanya wanita rawan mengalami kaki bengkak. Untuk mengatasi pembengkakan di daerah kaki, gunakan gel khusus untuk memijat kaki. Pilihlah yang mengandung menthol, eucalyptus atau minyak peppermint untuk mendinginkan kaki dan membuat otot-otot kaki lebih rileks. Biasakan untuk jalan-jalan kecil atau peregangan ringan.

5. Cegah varises dengan konsumsi vitamin C

Pelebaran pembuluh balik atau disebut varises juga menjadi masalah bagi Ibu hamil. Urat di bagian kaki, area di balik lutut, dan tangan jadi tampak menonjol. Untuk mencegah varises pada wanita hamil, sebaiknya perbanyak konsumsi vitamin C, hindari aktivitas yang terlalu berat dan jangan berdiri terlalu lama.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!