Masalah Demam Pada Ibu Hamil Dan Tips Mengatasinya

Masalah Demam Pada Ibu Hamil Dan Tips Mengatasinya

Demam ibu hamil sebaiknya mendapat penanganan yang tapat. Mengingat wanita hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang obat, penanganan secara alami bisa menjadi solus yang lebih baik.

Bila Anda sedang hamil, sebaiknya waspadai adanya virus di udara. Termasuk virus penyebab demam. Jika Anda terkena demam saat hamil, maka kesehatan janin dalam kandungan juga harus diwaspadai. Demam pada wanita hamil  sangat menghambat pertumbuhan janin, apalagi jika terjadi pada trimester pertama. Oleh karenanya, memberikan penanganan yang tepat pada Ibu hamil yang terkena demam wajib hukumnya.

Berikut adalah cara sederhana untuk mengatasi demam pada wanita hamil:

1. Perbanyak minum air

Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air. Jika cairan tubuh tercukupi, maka suhu tubuh akan lebih stabil. Banyak minum air juga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi ketika ibu hamil demam.

2. Minum teh

Satu cangkir teh dapat mengurangi demam yang dialami oleh Ibu hamil. Teh akan mengurangi sekresi sehingga suhu badan turun. Jadi jika Ibu hamil mengalami demam, seduhlah satu cangkir teh dan minum hangat-hangat.

3. Minum jus segar

Untuk menjaga tubuh agar selalu sehat, minum jus segar sangat disarankan. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam jus akan mendorong keluarnya racun dari sistem jaringan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Jangan keluar rumah

Wanita hamil yang terkena demam sebaiknya jangan pergi keluar rumah. Kondisi di luar ruangan akan memperburuk intensitas suhu tubuh Anda sehingga demam makin parah.

5. Jangan berpakaian ketat

Kenakan pakaian yang agak longgar ketika Anda terkena demam saat hamil. Dengan menggunakan pakaian yang lebih longgar, Anda akan lebih mudah bernapas ketika mengalami demam.

6. Latihan ringan

Sebuah latihan ringan sangat penting untuk meringankan demam saat hamil. Latihan ringan akan meningkatkan sirkulasi pernapasan dan membantu melawan infeksi penyebab demam.

7. Istirahat

Jangan lakukan pekerjaan apapun ketika Anda mengalami demam. Apalagi dalam kondisi hamil, Anda harus ekstra hati-hati. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh Anda tetap dingin dan menghindari resiko jatuh karena pusing.

8. Mandi air hangat

Hindari mandi dengan air dingin ketika mengalami demam. Gunakan air hangat untuk mandi, ini akan membuat tubuh lebih nyaman sekaligus menurunkan demam.

Demikian 8 Tips Mengatasi Demam Ibu Hamil di atas dapat dicoba jika demam menimpa Anda. Namun Anda seharusnya tetap sehat selama masa kehamilan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Kejadian Tak Menyenangkan Selama Kehamilan Dan Tips Merawatnya Saat kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan dibanding saat tidak hamil. Dalam waktu singkat, bukan hanya berat badan yang bertambah. Perubahan juga terjadi pada fungsi tubuh seperti produksi hormon yang meningkat sehingga […]
  • Tips Bumil Agar Bisa Sukses Melahirkan, Memiliki Bayi Sehat Dan Normal Persalinan merupakan momen yang paling ditunggu dan menegangkan bagi Anda yang sedang hamil trimester akhir. Biasanya Ibu hamil merasa khawatir, cemas, dan membayangkan rasa sakitsaat melahirkan, apalagi bagi yang baru pertama kali […]
  • Beberapa Hal Yang Dilarang Selama Kehamilan Kehamilan adalah moment luarbiasa yang sepatutnya dijaga. Wanita hamil harus menjaga kesehatannya agar bayi yang dikandung dapat tumbuh dengan optimal. Selain itu, wanita hamil juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas fisik yang […]
  • Perubahan Psikologis Kehamilan Trimester Pertama Ibu Hamil itu Mudah Marah, Benarkah? Banyak Orang ngomong kalau hamil muda itu sama kondisi ketika akan datang bulan. Sehingga, wanita yang sedang hamil cenderung lebih sensitif daripada yang sedang tidak hamil. Sama seperti wanita yang […]
  • Penyebab Diare Pada bumil Dan Tips Mengatasinya Diare merupakan penyakit yang sering terjadi pada Ibu hamil. Hal ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat dan akibat ngidam makanan pedas, terlalu asam dan dan makanan yang tidak higienis. Keluhan diare pada Ibu hamil sebaiknya […]