Gerakan Senam Ibu Hamil Muda, Mudah-Mudahan Bermanfaat

Gerakan Senam Ibu Hamil Muda, Mudah-Mudahan Bermanfaat

Senam Ibu Hamil Muda perlu mulai dilakukan di saat seorang ibu mengetahui bahwa dia sedang hamil sebab ibu tersebut bertanggung jawab dan wajib menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya selama kehamilan.

Salah satu yang bisa dilakukan seorang ibu hamil muda untuk menjaga kebugaran tubuhnya adalah melakukan gerakan senam ibu hamil muda yang pastinya tidak memberatkan dan tidak menguras tenaga.

Beberapa Gerakan Senam Ibu Hamil Muda

Berikut adalah beberapa gerakan senam ibu hamil muda yang bisa dilakukan di rumah dengan sendirian atau didampingi dengan orang yang ahli. Jangan lupa untuk menyiapkan matras atau bisa juga menggunakan kasur yang empuk saat melakukan gerakan senam ibu hamil muda ini.

  1. Duduklah di atas matras atau kasur yang empuk dengan posisi kaki bersila, tegakkan punggung dan letakkan tangan di kaki seperti orang yang sedang bermeditasi. Tarik dan keluarkan nafas perlahan-lahan melalui hidung, lakukan dengan santai selama beberapa menit.
  2. Masih dalam posisi duduk. Luruskanlah kedua kaki lalu condongkan tubuh ke belakang dan jadikan kedua lengan sebagai penahan tubuh. Ayunkan kaki secara perlahan ke atas, ke bawah, dan ke samping dengan posisi kaki tetap dalam keadaan lurus
  3. Gerakan selanjutnya adalah dalam posisi seperti merangkak. Kepala, punggung dan pantat dalam keadaan lurus dan sejajar. Lalu turunkan kepala untuk bisa melihat perut, tahan dan kembali lagi ke posisi awal. Lakukan gerakan ini beberapa kali sambil mengatur nafas.
  4. Masih dalam posisi merangkak, turunkan tubuh bagian depan seperti ketika sujud, tahan lalu kembali ke posisi awal. Lakukan hal ini berulang-ulang dan secara perlahan-lahan.
  5. Sekarang cobalah ambil posisi berbaring dengan posisi miring ke satu sisi. Letakkan bantal di bawah kepala dan di bawah perut agar perut tidak dalam posisi menggantung. Setelah itu tekukkan kedua kaki dan tangan ke arah perut bersamaan, tahan dan kembali ke posisi awal. Lakukan beberapa kali, kemudian lakukan hal yang sama untuk sisi satunya. Atur irama nafas agar tubuh Anda semakin rileks.

Manfaat Gerakan Senam Ibu Hamil Muda

Walau gerakan senam ibu hamil muda ini terlihat mudah dan tidak mengeluarkan banyak keringat, tapi senam ini memiliki beberapa manfaat yang besar untuk tubuh ibu , di antaranya:

  1. Dapat mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang serta dapat melancarkan peredaran darah
  2. Tubuh akan terasa lebih rileks dan segar sehingga tubuh terasa semakin bugar.

Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk melakukan gerakan senam ibu hamil ini saat usia kandungan 4 bulan ke atas dan sangat dianjurkan untuk bertanya pada dokter atau bidan terlebih dahulu sebelum melakukan senam ibu hamil muda tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Perubahan Psikologis Kehamilan Trimester Pertama Ibu Hamil itu Mudah Marah, Benarkah? Banyak Orang ngomong kalau hamil muda itu sama kondisi ketika akan datang bulan. Sehingga, wanita yang sedang hamil cenderung lebih sensitif daripada yang sedang tidak hamil. Sama seperti wanita yang […]
  • Ragam Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil Dan Janinnya Manfaat madu memang tidak ada habisnya. Selain manfaat seperti yang telah diungkapkan pada keajaiban Madu, ternyata madu juga baik untuk Ibu hamil. Begitu banyak kandungan nutrisi pada madu. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan Ibu […]
  • Kejadian Tak Menyenangkan Selama Kehamilan Dan Tips Merawatnya Saat kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan dibanding saat tidak hamil. Dalam waktu singkat, bukan hanya berat badan yang bertambah. Perubahan juga terjadi pada fungsi tubuh seperti produksi hormon yang meningkat sehingga […]
  • Beberapa Hal Yang Dilarang Selama Kehamilan Kehamilan adalah moment luarbiasa yang sepatutnya dijaga. Wanita hamil harus menjaga kesehatannya agar bayi yang dikandung dapat tumbuh dengan optimal. Selain itu, wanita hamil juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas fisik yang […]
  • Hamil Tetap Menyusui, Bahayakah Bagi Kesehatan Ibu, Bayi, dan Janin Bolehkah hamil tetap menyusui? Ini menjadi pertanyaan yang sangat awam di kalangan ini yang dinyatakan hamil lagi setelah baru beberapa bulan melahirkan dan masih menyusui. ASI merupakan makanan yang paling utama untuk bayi usia 0-6 […]