Tips Bumil Agar Bisa Sukses Melahirkan, Memiliki Bayi Sehat Dan Normal

Tips Bumil Agar Bisa Sukses Melahirkan, Memiliki Bayi Sehat Dan Normal

Persalinan merupakan momen yang paling ditunggu dan menegangkan bagi Anda yang sedang hamil trimester akhir. Biasanya Ibu hamil merasa khawatir, cemas, dan membayangkan rasa sakitsaat melahirkan, apalagi bagi yang baru pertama kali hamil.

Meskipun Anda sudah menentukan metode persalinan yang diinginkan, namun Anda tetap khawatir dengan resiko melahirkan seperti operasi caesar. Jika Anda dapat melahirkan secara normal, maka pemulihan pasca persalinan juga akan lebih cepat. Kesehatan ndapun akan segera kembali seperti semula.

Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan agar bayi Anda dapat lahir secara normal:

1. Ikuti kelas Ibu hamil

Dengan mengikuti kelasIbu hamil, maka Bumil dapat belajar tentang kesehatan Ibu hamil, mengatasi keluhan saat hamil dan perawatan penting untuk Ibu hamil. Ibu hamil juga dapat lebih mendalami tentang persalinan dan juga pasca persalinan yang berkaitan dengan perawatan nifas dan memilih alat kontrasepsi yang tepat.

Dengan mengikuti kelas Ibu hamil, maka Anda dapat berbagi pengalaman dengan Ibu hamil lainnya sehingga membuat Anda lebih tenang saat menghadapi masa persalinan. Hal ini akan meredakan kecemasan dan membuka kesempatan untuk Anda agar dapat melahirkan secara normal.

2. Memilih layanan kesehatan untuk melahirkan secara normal

Proses kelahiran memang dipengaruhi banyak faktor seperti usia, kesehatan dan riwayat persalinan. Akan tetapi dengan memilih pelayanan kesehatan yang tepat akan banyak membantu Anda agar dapat melahirkan secara normal. Mintalah rekomendasi dari teman-teman, keluarga dan rekan untuk memilih pelayanan kelahiran yang terbaik seperti Bidan atau Dokter kandungan.

3. Mengatur kenaikan berat badan selama hamil

Ibu hamil perlu mengatur kenaikan berat badannya karena berhubungan dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Kenaikan berat badan Ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga akan terlihat sangat pesat. Umumnya berat badan Ibu hamil akan naik berkisar 12-15 kg selama masa kehamilan. Kenaikkan berat badan yang terlalu tinggi akan mempersulit untuk proses kelahiran normal.

4. Menyiapkan energi ekstra untuk proses melahirkan

Proses persalinan normal membutuhkan energi yang ekstra agar dapat berjalan lancar. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan dan kebugaran Anda selama kehamilan terlebih menjelang masa persalinan. Jika perlu, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Ibu hamil seperti bidan atau Dokter kandungan untuk mendapat saran yang tepat.

5. Tetap tenang dan rileks menjelang persalinan

Menjelang persalinan, buatlah diri Anda tetap rileks agar tidak terlalu stress memikirkan proses persalinan yang bakal melelahkan. Anda dapat mendengarkan musik atau dengan merendam kaki pada air hangat agar lebih rileks. Dengan cara seperti ini, peluang melahirkan normal akan lebih besar.

Mudah-mudahan setelah mencoba tips di atas, Anda akan lebih tenang dalam menghadapi proses persalinan dan dapat melahirkan secara normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Kejadian Tak Menyenangkan Selama Kehamilan Dan Tips Merawatnya Saat kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan dibanding saat tidak hamil. Dalam waktu singkat, bukan hanya berat badan yang bertambah. Perubahan juga terjadi pada fungsi tubuh seperti produksi hormon yang meningkat sehingga […]
  • Masalah Demam Pada Ibu Hamil Dan Tips Mengatasinya Demam ibu hamil sebaiknya mendapat penanganan yang tapat. Mengingat wanita hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang obat, penanganan secara alami bisa menjadi solus yang lebih baik. Bila Anda sedang hamil, sebaiknya waspadai adanya […]
  • Penyebab Diare Pada bumil Dan Tips Mengatasinya Diare merupakan penyakit yang sering terjadi pada Ibu hamil. Hal ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat dan akibat ngidam makanan pedas, terlalu asam dan dan makanan yang tidak higienis. Keluhan diare pada Ibu hamil sebaiknya […]
  • Hamil Tetap Menyusui, Bahayakah Bagi Kesehatan Ibu, Bayi, dan Janin Bolehkah hamil tetap menyusui? Ini menjadi pertanyaan yang sangat awam di kalangan ini yang dinyatakan hamil lagi setelah baru beberapa bulan melahirkan dan masih menyusui. ASI merupakan makanan yang paling utama untuk bayi usia 0-6 […]
  • Perubahan Psikologis Kehamilan Trimester Pertama Ibu Hamil itu Mudah Marah, Benarkah? Banyak Orang ngomong kalau hamil muda itu sama kondisi ketika akan datang bulan. Sehingga, wanita yang sedang hamil cenderung lebih sensitif daripada yang sedang tidak hamil. Sama seperti wanita yang […]