Benarkah Buah Apel Bisa Turunkan Kadar Kolesterol? Pelajari Lebih Lanjut…

Buah Apel Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kabar untuk wanita, terutama yang berusia paruh baya. Beberapa penyakit akan sangat mudah menyerang wanita, seiring bertambahnya usia. Masa menopause pada wanita di atas usia 40 tahunan, akan mempengaruhi kadar estrogen.

Salah satu akibat paling besar yang bisa dirasakan wanita adalah meningkatnya kadar kolesterol. Ada banyak cara yang ditempuh untuk mengantisipasi ini, beberapa orang memilih menggunakan obat. Gaya hidup yang baik  sangat dibutuhkan untuk pencegahan naiknya kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi buah apel untuk menurunkan kolesterol, juga bisa dilakukan.

Mengenai khasiat buah apel, untuk membantu menurunkan kolesterol pada wanita menopause, memang sudah banyak diteliti. Bahkan hal ini tidak diragukan lagi. Mengkonsumsi apel Malang, terutama dikatakan memiliki peranan dalam hal ini.

Walaupun apel lainnya juga berperan dalam hal menurunkan kolesterol. Disebutkan oleh beberapa ahli kesehatan, dengan mengkonsumsi buah apel, jenis apapun setiap hari selama 6 bulan, maka kemungkinan akan membantu menurunkan kolesterol darah sebanyak 25%.

Penurunan Kadar Lipoprotein Terbesar Saat Mengkonsumsi Buah Apel

Lipoprotein adalah jenis lemak yang ada dalam darah. Saat mengkonsumsi buah apel, terjadi penurunan kadar lipoprotein yang cukup significant. Tentu hal ini sangat menguntungkan, mengingat lipoprotein adalah salah satu kolesterol jahat dalam tubuh.

Dengan munculnya penelitian ini menegnai penurunan lipoprotein ini, beberapa pakar kesehatan mulai menarik benang merah bahwa mengkonsumsi buah apel dengan rutin, juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, karena lipoprotein adalah lemak jahat yang bertanggung jawab pada penyumbatan saluran darah.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, menyebutkan bahwa saat seorang wanita mengkonsumsi buah apel selama 3 bulan dan rutin, maka kadar kolesterol secara keseluruhan akan turun sebanyak 9 persennya.

Bahkan jika mengkonsumsi buah apel diteruskan, akan mungkin menurunkan kadar LDL sampai 16 persen. Karenanya, di beberapa negara maju, buah apel banyak dibuat dalam bentuk buah kering, sehingga praktis dikonsumsi dimana saja.

Memilih dan Memanfaatkan Buah Apel

Sayangnya, saat ini buah apel banyak ditambahkan zat lilin untuk membuatnya berkilau dan tampak segar. Hal ini tentu tidak lagi baik untuk kesehatan. Perlu kecermatan untuk memilih buah apel yang baik, terutama jika kita ingin mengkonsumsi buah apel secara rutin.

Pilihlah buah apel yang segar. Buah apel segar ditandai dengan permukaannya yang cerah. Waspada jika permukaan buah apel sangat licin dan tidak kesat, bisa jadi ada penambahan zat lilin di dalamnya. Ada baiknya memilih buah apel lokal daripada memilih yang import. Buah apel lokal biasanya lebih segar, dan tidak mengandung senyawa kimia. Saat ini buah apel organik juga mulai banyak diperjualbelikan.

Beberapa orang tidak menyukai rasa apel yang sedikit hambar-manis dan asam. Karenanya perlu cermat untuk mengakali buah apel tersebut agar tetap nikmat mengkonsumsinya. Membuatnya menjadi juice adalah pilihan yang tepat. Disamping itu, mengolah apel menjadi salad, juga bisa dilakukan sebagai bagian dari diet sehat. Jika ingin yang lebih berbeda, saat ini produsen buah apel mulai tertarik membuatnya menjadi keripik buah apel.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait