Hit enter after type your search item
Home / Kolesterol Tinggi / Gejala-Gejala Kolesterol Tinggi Yang Penting Dipelajari

Gejala-Gejala Kolesterol Tinggi Yang Penting Dipelajari

(0)

Gejala kolesterol, apa saja? Kolesterol adalah zat lilin lunak yang merupakan komponen alami dari lemak dalam aliran darah dan di semua sel tubuh. Sementara kolesterol adalah bagian penting dari tubuh yang sehat, kadar kolesterol tinggi dalam darah (dikenal sebagai hiperkolesterolemia) meningkatkan risiko seseorang untuk penyakit kardiovaskular, yang dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Ketika ada terlalu banyak kolesterol yang bersirkulasi dalam darah, itu dapat membuat endapan lengket (disebut plak) di sepanjang dinding arteri.

Plak pada akhirnya dapat menghalangi atau bahkan menghalangi aliran darah ke otak, jantung, dan organ lain. Sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang Indonesia memiliki kolesterol tinggi – kondisi ini paling umum di antara mereka yang hidup mengikuti budaya Barat. (Gejala kolesterol)

Sementara faktor keturunan mungkin menjadi faktor bagi sebagian orang, gaya hidup yang semakin tidak aktif yang dikombinasikan dengan diet tinggi lemak jenuh tampaknya menjadi penyebab utama.

Kisaran kolesterol normal untuk kolesterol darah total adalah antara 140 dan 200 mg per desiliter (mg / dL) darah. Kadar antara 200 dan 240 mg / dL menunjukkan risiko sedang, dan kadar yang melebihi 240 mg / dL menunjukkan risiko tinggi.

Meskipun kadar kolesterol total penting, ia tidak menceritakan keseluruhan cerita. Ada dua jenis utama kolesterol: low density lipoproteins (LDL) dan high density lipoproteins (HDL).

HDL umumnya dianggap sebagai kolesterol “baik”, sedangkan LDL dianggap “buruk.” Trigliserida adalah jenis ketiga dari bahan lemak yang ditemukan dalam darah.

Sementara peran mereka dalam penyakit jantung tidak sepenuhnya jelas, tampak bahwa ketika kadar trigliserida naik, kadar kolesterol “baik” turun.

Ini adalah interaksi kompleks dari ketiga jenis lipid yang dibuang ketika seseorang memiliki hiperkolesterolemia. Kolesterol tinggi ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol LDL, kadar kolesterol HDL yang normal atau rendah, dan kadar trigliserida yang normal atau tinggi.

Tanda dan gejala kolesterol tinggi

Pada tahap awal, kolesterol tinggi umumnya terjadi tanpa gejala. Untuk alasan ini, penyaringan melalui tes darah rutin sangat penting untuk deteksi dini. Namun, dalam kondisi lanjutnya, kolesterol tinggi dapat menyebabkan salah satu dari yang berikut:

• Tumpukan lemak di tendon dan kulit (disebut xanthomas)
  • Hati dan limpa membesar (yang mungkin dirasakan oleh petugas kesehatan saat ujian)
  • Nyeri perut parah akibat pankreatitis (ini terjadi jika trigliserida tersimpan dalam pankreas, yang dapat terjadi ketika kadar trigliserida 800 mg / dL atau lebih tinggi)
  • Nyeri dada dan bahkan serangan jantung (ini dapat terjadi ketika kolesterol cukup menumpuk di dinding pembuluh darah untuk menghalangi aliran darah di jantung)

Pemicu gejala

Dalam beberapa kasus, kolesterol tinggi yang tidak normal mungkin terkait dengan kelainan bawaan. Penyebab genetik tertentu dari kolesterol abnormal dan trigliserida, yang dikenal sebagai herediter hiperlipidemia, seringkali sangat sulit diobati. (Gejala kolesterol)

Kolesterol tinggi atau trigliserida juga dapat dikaitkan dengan penyakit lain yang mungkin dimiliki seseorang, seperti diabetes. Namun, dalam kebanyakan kasus, kadar kolesterol tinggi dikaitkan dengan diet berlemak yang berlebihan ditambah dengan gaya hidup yang tidak aktif.

Hal ini juga lebih umum pada mereka yang mengalami obesitas, suatu kondisi yang kini telah mencapai proporsi epidemi di Indo, mempengaruhi sebanyak setengah dari populasi orang dewasa. – Gejala Kolesterol

Penyebab kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi meliputi:

• Hiperlipidemia herediter (Tipe IIa atau IIb)
  • Diet tinggi lemak jenuh dan kolesterol
  • Penyakit hati
  • Tiroid yang kurang aktif
  • Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik
  • Kelenjar pituitari yang terlalu aktif (kelenjar di otak yang membantu mengendalikan hormon dalam tubuh)
  • Gangguan ginjal yang disebut sindrom nefrotik yang ditandai dengan peningkatan kolesterol, hilangnya protein dalam urin yang menyebabkan rendahnya kadar protein dalam darah, dan retensi cairan yang berlebihan menyebabkan pembengkakan. (Gejala kolesterol)
  • Anorexia nervosa
  • Obat-obatan seperti progestogen, siklosporin, dan diuretik thiazide

Penyebab kolesterol HDL rendah termasuk: