Hit enter after type your search item
Home / Kolesterol Tinggi / Kadar Kolesterol Normal Menurut Usia, Berapa Untuk Anda?

Kadar Kolesterol Normal Menurut Usia, Berapa Untuk Anda?

/
/
/
img
4.3
(24)

Kolesterol normal, berapa untuk Anda seiring usia meningkat? Semakin dini Anda mencoba membuat pilihan gaya hidup sehat, semakin sehat Anda seiring bertambahnya usia. Pikirkan tentang membuat perubahan kecil sekarang yang akan menyebabkan perubahan besar bertahun-tahun kemudian.

Ini seperti kereta yang sedikit mengubah jalurnya, yang mengarah ke perbedaan besar di tujuan akhirnya. Ini terutama benar ketika menyangkut kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah zat berlemak yang dibuat hati Anda. Itu juga ditemukan dalam makanan tertentu. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol agar berfungsi dengan baik. Tetapi memiliki terlalu banyak jenis kolesterol jahat – kolesterol LDL tinggi – membuat Anda berisiko terkena serangan jantung atau stroke.

Kolesterol dalam aliran darah Anda dapat menumpuk di dinding pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan yang dapat menyebabkan:

  • mengurangi aliran darah ke jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung
  • penurunan aliran darah ke otak dan peningkatan risiko stroke

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Sumber Tepercaya Sumber Tepercaya yang Dipercaya, memiliki kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Level kolesterol total Anda adalah jumlah keseluruhan kolesterol yang ditemukan dalam darah Anda. Terdiri dari:

  • low-density lipoproteins (LDL)
  • high-density lipoproteins (HDL)
  • trigliserida

LDL juga disebut kolesterol “jahat” karena kolesterol ini memblokir pembuluh darah Anda dan meningkatkan risiko penyakit jantung. HDL dianggap kolesterol “baik” karena membantu melindungi Anda dari penyakit jantung. Semakin tinggi HDL Anda, semakin baik.

Akhirnya, kolesterol total termasuk jumlah trigliserida. Ini adalah jenis lemak lain yang dapat menumpuk di tubuh dan dianggap sebagai “blok bangunan” kolesterol.

Kadar trigliserida yang tinggi dan kadar HDL yang rendah meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol normal untuk orang dewasa

Seiring bertambahnya usia, kadar kolesterol cenderung meningkat. Pria umumnya berisiko lebih tinggi daripada wanita untuk kolesterol tinggi. Namun, risiko wanita meningkat setelah memasuki menopause.

Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi dan faktor risiko jantung lainnya seperti diabetes, tes yang lebih sering direkomendasikan.

Tabel kolesterol untuk orang dewasa

Menurut pedoman 2018 tentang manajemen kolesterol darah yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology (JACC), ini adalah pengukuran yang dapat diterima, batas, dan tinggi untuk orang dewasa.

Semua nilai dalam mg / dL (miligram per desiliter) dan didasarkan pada pengukuran puasa.

Total KolesterolHDL LDL Trigliserida
NormalDibawah 200 (but the lower the better)Idela 60 atau lebih; 40 atau lebih untuk Pria; 50 atau lebih untuk wanita Kurang dari 100; di bawah 70 jika ada penyakit arteri koronerKurang dari 149; ideal adalah <100
Ambang batasCukup tinggi200–239n/a130–159
150–199Tinggi240 atau lebihn/a160 atau lebih tinggi; 190 dianggap sangat tinggi
200 atau lebih tinggi; 500 dianggap sangat tinggiRendahn/akurang dari 40n/a

Kolesterol normal untuk anak-anak

Anak-anak yang giat fisik, memiliki pola hidup sehat, tidak memiliki pbesitas, dan tidak memiliki riwayat keluarga berkolesterol tinggi, mereka berisiko lebih rendah untuk memiliki kolesterol tinggi.

Pedoman saat ini merekomendasikan agar semua anak memeriksakan kolesterol mereka antara usia 9 dan 11, dan sekali lagi antara usia 17 dan 21.

Anak-anak dengan faktor risiko yang lebih banyak, seperti diabetes, obesitas, atau riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, harus diperiksa antara usia 2 dan 8, dan sekali lagi antara usia 12 dan 16.

Tabel kolesterol normal untuk anak-anak

Menurut JACC, berikut ini adalah kadar kolesterol yang disarankan untuk anak-anak:

Semua nilai dalam mg / dL (miligram per desiliter):

Total kolesterolHDL LDL Trigliserida
Normal170 atau kurangLebih dari 45Kurang dari 110Kurang dari 75 pada anak-anak usia 0-9; kurang dari 90 pada anak-anak usia 10-19
Ambang batas170–19940-45110–12975-99 pada anak-anak usia 0-9; 90-129 pada anak-anak usia 10–19
Tinggi200 atau lebihn/a130 atau lebih100 atau lebih pada anak-anak usia 0-9; 130 atau lebih pada anak usia 10-19
Rendahn/akurang dari 40n/an/a

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.3 / 5. Vote count: 24

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :