Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Kolesterol Tinggi / 40 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Yang Ada Di Dekat Anda, Mulai Sekarang!

40 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Yang Ada Di Dekat Anda, Mulai Sekarang!

/
/
/
img
0
(0)

40 Makanan penurun kolesterol. Makanan atau diet tinggi kolesterol memengaruhi risiko Anda terkena stroke meski tidak menunjukkan tanda atau gejala sebelumnya, itulah sebabnya stroke datang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan gejala di rasa sebelumnya.

Penting Anda ketahui, pertama, ketahuilah: Kolesterol adalah zat berlilin yang mengalir melalui aliran darah Anda, tetapi tidak semuanya buruk. Kolesterol HDL (juga dikenal sebagai kolesterol “baik”) sebenarnya bekerja menyapu kolesterol LDL (kolesterol jenis “buruk”.

Tingkat LDL yang tinggi menempatkan Anda pada risiko serangan jantung dan stroke karena dapat menyumbat arteri sebagai plak, suatu kondisi yang disebut atherosclerosis.

Tes darah dapat menentukan apakah Anda memiliki kolesterol tinggi, dan dokter Anda akan merekomendasikan olahraga atau pengobatan seperti diet yang lebih sehat.

Meskipun ada diet yang dioptimalkan untuk hipertensi dan kesehatan kardiovaskular yang optimal (seperti diet DASH). Menurunkan kolesterol Anda melalui diet sebenarnya cukup mudah. Ini semua tentang menggandakan bahan tertentu yang menyehatkan jantung bila memungkinkan.

Menambahkan lebih banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan biji-bijian utuh ke dalam makanan Anda dapat membantu menurunkan level Anda dan mengurangi penumpukan plak – makanan penurun kolesterol

Makanan penurun kolesterol

Inilah 40 makanan penurun kolesterol yang sehat untuk jantung Anda berbasis nutrisi terbaik.

1) Coklat hitam

Cokelat hitam adalah makanan manis alami yang harus Anda sukai; ia mengandung lebih banyak kakao daripada produk cokelat lainnya, yang memberikan jumlah flavonoid yang lebih tinggi dalam setiap sajian.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa makan cokelat hitam (dan juga almond!) Meningkatkan profil lipid darah dari waktu ke waktu.

Cobalah untuk memilih produk cokelat hitam kandungan 75% terkonsentrasi atau lebih tinggi, kata Stefani Sassos, MS, RD, ahli diet terdaftar di Good Housekeeping Institute.

coklat hitam
Coklat

2) Stroberi

Polifenol, yang merupakan senyawa nabati yang secara alami membantu mengatur sistem kardiovaskular Anda, ditemukan dalam jumlah tinggi di stroberi. Penelitian telah mengaitkan stroberi dengan penurunan risiko penyakit jantung yang lebih rendah karena jumlah polifenolnya yang tinggi.

3) Okra

okra
Okra

Sayuran rendah kalori, okra adalah serat larut yang sehat untuk jantung. Ini sumber polifenol lain yang baik, yang melawan peradangan secara alami sebagai bagian dari diet seimbang.

4) Kentang

Kentang panggang sebenarnya menyediakan lebih banyak kalium yang menyehatkan jantung daripada pisang. Mendapatkan nutrisi yang sangat penting dalam jumlah yang cukup ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

5) Tomat

Inilah kalium dengan vitamin A dan C. Tomat juga mengandung antioksidan lycopene, senyawa yang terkait untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dalam dosis yang lebih tinggi.

6) Tuna

Apakah segar atau kalengan, makan setidaknya dua porsi tuna per minggu dapat membantu memperlambat laju pertumbuhan plak ateriosklerosis , menurut American Heart Association. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan juga dapat menurunkan kadar trigliserida, faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

7) Raspberry

Dengan 8 gram serat hanya dalam satu cangkir, raspberry dapat menurunkan angka kolesterol Anda ke arah yang benar. Makan serat yang memadai (setidaknya 25 gram per hari) menurunkan kadar LDL dan mendukung pencernaan yang sehat.

8) Kacang Hitam

Kacang hitam bahkan lebih padat serat, dengan 8 gram dalam porsi setengah cangkir, 100 kalori. Anda juga akan mendapatkan banyak protein nabati.

9) Kubis keriting

Kalium, magnesium, antioksidan, serat: Kale atau kubis keriting membuat sehat jantung. Mineral dalam sayuran silangan dapat mengimbangi efek natrium, menangkal hipertensi.

10) Apel

Sains setuju bahwa satu apel sehari mungkin, pada kenyataannya, menjauhkan sakit jantung Anda. Bukti menunjukkan bahwa seringnya konsumsi apel dapat mengurangi kolesterol total. Itu berkat senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit apel – a.k.a. senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi seluler yang sehat dan aliran darah yang baik.

11) Kemiri

Kemiri penuh dengan asam lemak tak jenuh tunggal, sejenis lemak yang dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol total. Manfaat lain dari Kemiri dipenuhi dengan antioksidan nabati – termasuk beta karoten dan vitamin E – yang melindungi sel dari kerusakan akibat peradangan kronis.

12) Ubi Jalar dan Labu

Ubi jalar, labu dan umbi lain baik untuk Anda karena lebih rendah kalori, diisi serat, dan penuh dengan kalium dan beta-karoten, keduanya melindungi dari penyakit jantung.

13) Oats

Oats mengandung jenis serat larut yang disebut beta-glukan, yang dikaitkan dengan menurunkan kadar LDL, menurut British Journal of Nutrition. Ini dilakukan dengan menyerap air di saluran usus Anda dan menghilangkan kelebihan lemak jenuh sebelum memasuki aliran darah Anda.

14) Lentil

Kacang lentil
Kacang lentil

Lentil adalah kacang-kacangan, mis. Biji kering dari tanaman tertentu (seperti kacang, buncis, dan kacang polong) dikemas dengan protein dan serat nabati, belum lagi antioksidan, mineral, dan vitamin B.

Semua senyawa itu membantu melindungi Anda dari penumpukan plak sambil mengoptimalkan aliran darah dan membantu tubuh Anda secara tidak efisien menggunakan nutrisi yang Anda konsumsi.

15) Kacang kenari

Makan kenari secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, menurut data dari Nurses ‘Health Study. Makan sesedikit satu porsi kacang ini setiap minggu dapat menurunkan peluang Anda terkena penyakit kardiovaskular hingga 19%!

Pertimbangkan kenari untuk sereal sarapan atau yogurt, atau dengan buah untuk menuai manfaat penurun kolesterol.

16) Minyak alpukat

Diekstrak dari bubur buah alpukat, minyak alpukat membawa banyak manfaat yang sama; itu sarat dengan lemak tak jenuh tunggal sehat jantung yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol.

17) Biji rami – makanan penurun kolesterol

Sebagai sumber serat, biji rami juga penuh dengan asam lemak omega-3 dan lignan, yang merupakan senyawa nabati lain yang secara holistik dapat menurunkan risiko stroke, menurut penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Reviews.

Ini semua adalah nutrisi yang direkomendasikan oleh American Heart Association untuk meningkatkan kesehatan jantung. Plus, biji rami mengandung fitosterol yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh.

18) Bumbu dapur

Cicipi makanan dengan bumbu dan rempah-rempah kapan pun Anda bisa. Ini akan membantu Anda mengurangi bumbu tinggi lemak jenuh sambil memaksimalkan rasa.

Rempah-rempah dan rempah-rempah juga mengandung antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol ketika dikombinasikan dengan sayuran. Yang kita sukai: kemangi, ketumbar, rosemary, sage, jahe, bawang putih, tarragon, cabai hitam dan merah, mint, dan oregano.

19) Alpukat

Karena kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang menyehatkan jantung, alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Uji klinis secara konsisten menemukan bahwa makan alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL Anda, dengan efek menguntungkan pada profil lipid dan lipoprotein.

20) Bluberi

Beberapa penelitian telah menghubungkan makan blueberry secara teratur dengan penurunan tekanan darah. Itu berkat efek meningkatkan sirkulasi pada pembuluh darah (atau dikenal sebagai “vasodilatasi”), yang memperlambat laju aterosklerosis.

21) Kinoa

kinoa

Memasak lebih banyak Kinoa dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kolesterol total, trigliserida, dan menurunkan LDL, menurut penelitian terbaru. Itu berkat kandungan antioksidan, serat, dan vitamin B biji-bijian yang sehat yang dapat meningkatkan aliran darah.

22) Ikan salmon

Sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik alami, salmon memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan trigliserida. – makanan penurun kolesterol

23) bayam

Menambahkan lebih banyak sayuran hijau ke piring Anda dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mempromosikan produksi nitrat oksida (NO) tubuh Anda, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi aterosklerosis.

24) Selai kacang

Kacang mengemas resveratrol dan pitosterol lainnya, senyawa yang terkait dengan menghambat penyerapan kolesterol dalam usus. Pusat protein juga bekerja dalam 8 gram hanya dalam 2 sendok makan selai kacang! makanan penurun kolesterol

25) kacang almond

Jika Anda sedang berburu camilan, pertimbangkan untuk mengambil almond. Studi populasi telah menunjukkan bahwa asupan almond yang konsisten mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol – mempertahankan HDL dan menurunkan LDL.

26) Buah Zaitun dan Minyak Zaitun

Diet Mediterania ini penuh dengan asam lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol total. Senyawa spesifik dalam zaitun juga dapat membatasi inisiasi proses inflamasi – faktor risiko lain yang meningkatkan kolesterol.

27) Anggur

Seperti produk lainnya, anggur mengandung senyawa polifenol yang dapat mengurangi kerusakan sel. Makan sekitar 1 hingga 2 cangkir anggur per hari juga dapat membantu melindungi jaringan Anda dan mengurangi tanda-tanda peradangan.

28) Terong

Ini telah dikaitkan dengan mengurangi stres oksidatif dalam artikel ulasan tahun 2015 yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complimentary and Alternative Medicine. Stres dapat menyebabkan kolesterol tinggi dengan memulai peradangan kronis dan bentuk plak.

29) Susu Kedelai tanpa pemanis

Dipenuhi dengan antioksidan dan mineral nabati, alternatif produk susu berbahan protein ini dapat membantu meningkatkan kadar lemak Anda. Itu karena lemak jenuhnya lebih rendah daripada vegan lainnya (ahem, minyak kelapa). Versi yang tidak diberi pemanis mengurangi sumber gula tambahan, jadi gunakan di pagi Anda untuk penambah kafein penurun kolesterol.

30) Minyak jagung

Minyak jagung ini mengandung sterol, senyawa yang mengurangi seberapa banyak lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol yang diserap tubuh Anda. Plus, itu dikemas dengan antioksidan seperti minyak nabati lainnya: kanola, zaitun, biji anggur, kacang tanah, safflower, bunga matahari, dan alpukat.

31) Kacang pistasi

pistachios

Penelitian telah menghubungkan kacang pistachio dengan meningkatkan kolesterol HDL sambil menurunkan kolesterol LDL. Karena kacang-kacangan ini kaya serat dan mengandung antioksidan, mereka juga melindungi sel-sel tubuh Anda dari stres oksidatif, kerusakan yang memungkinkan penumpukan plak di arteri Anda.

32) Buncis

Serat, terutama jenis yang larut dalam kacang, dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Dan buncis memberikan salah satu penurun kolesterol terbaik. Hanya 1/3 cangkir buncis mengandung sekitar 12 gram serat – setengah dari nilai harian Anda. Terlebih lagi, kacang-kacangan hangat ini dikemas dengan antioksidan dan dikaitkan dengan LDL yang lebih rendah.

33) Barley dan Bulgur

Butir yang kaya serat ini memberikan manfaat penurun kolesterol yang sama seperti gandum, tetapi hal favorit kami tentang butiran adalah keserbagunaannya. Cobalah mie soba atau tepung soba dalam pancake, barley dalam sup, dan bulgur dalam salad dan sereal untuk dosis serat larut yang sehat.

34) Ceri

Ceri mendapatkan warnanya dari anthocyanin, sejenis fitonutrien dengan kemampuan antioksidan yang kuat. Cobalah menambahkan ceri beku ke smoothie pagi atau ceri kering tanpa pemanis dengan salad.

35) Edamame

Sementara penelitian telah mengaitkan kedelai, tahu, dan susu kedelai dengan kolesterol rendah, camilan sehat ini adalah cara lain yang enak untuk membantu mengurangi kolesterol jahat dengan mengganti protein lain yang biasanya tinggi lemak jenuh. Karena edamame juga penuh serat.

36) Biji Waluh

Rendah kalori tetapi kaya serat, biji waluh labu adalah tanaman pertukaran musiman kaya antioksidan.

37) Biji Chia

biji chia

Mencari bentuk vegetarian omega-3? Biji chia penuh dengan asam lemak, serta serat, protein, dan antioksidan. Mereka dapat dikonsumsi utuh atau ditambahkan ke sup, sereal, smoothie, puding, dan bahkan makanan yang dipanggang.

38) Pisang

Pisang menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari sistem pencernaan Anda, mencegahnya pindah ke aliran darah Anda yang menyumbat pembuluh darah Anda. Untuk meningkatkan kesehatan jantung, iris pisang di atas roti gandum pagi dengan satu sendok makan biji chia.

39) Ikan sarden

Mereka dikemas dengan omega-3. Ditambah lagi, ikan sarden memiliki merkuri lebih sedikit daripada ikan berlemak lainnya dan tersedia dalam bentuk kalengan. Pastikan untuk membelinya dalam kaleng air, bukan minyak.

40) Minyak wijen

Minyak wijen adalah sumber yang kurang dikenal dari lemak tak jenuh tunggal yang biasanya disebut-sebut dalam minyak zaitun dan alpukat. Menggantinya dengan minyak goreng memberikan rasa pedas pada tumis atau lauk, jadi cobalah dengan kacang polong, bawang putih, dan jahe.

Ingat, lemak tak jenuh tunggal masih berupa lemak (mis., Kelebihan kalori), jadi pastikan Anda menggunakan satu sendok makan per sajian.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :