Bahaya Bakteri Leptospira dari Kencing Tikus Dan Hewan Piaraan Lain

Bahaya Bakteri Leptospira

Penyakit Weil adalah bentuk leptospirosis parah akibat infeksi bakteri Leptospira. Bakteri ini berasal dari kencing, darah, atau jaringan tikus atau hewan lain yang terinfeksi, termasuk:

• hewan ternak, sapi
  • babi
  • anjing
  • tikus

Anda juga dapat tertular bakteri leptospira dari tanah atau air yang terkontaminasi.

Leptospirosis biasanya menyebabkan gejala mirip flu ringan, seperti sakit kepala dan kedinginan. Jika bakteri menginfeksi beberapa organ tertentu, mungkin ada reaksi lebih parah. Organ-organ terkena infeksi ini meliputi:

• hati
  • ginjal
  • paru-paru
  • jantung
  • otak

Reaksi ini dikenal sebagai penyakit Weil. Dalam kasus yang jarang terjadi, itu dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ dan mengancam jiwa.

Jika Anda didiagnosis menderita leptospirosis, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengobatinya. Tetapi jika Anda terserang penyakit Weil, Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk perawatan intensif.

Apa saja gejala infeksi bakteri leptospira?

Gejala-gejala leptospirosis biasanya muncul dalam 5 hingga 14 hari setelah Anda terinfeksi oleh bakteri, gejalanya dapat berkembang mulai dari 2 hingga 30 hari setelah infeksi, dengan rata-rata 10 hari setelah gejala awal, termasuk

• demam
  • panas dingin
  • Nyeri otot
  • sakit kepala
  • batuk
  • muntah
  • kehilangan selera makan

Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda dapat mengembangkan penyakit Weil, suatu bentuk leptospirosis parah.

Gejala penyakit Weil biasanya berkembang satu hingga tiga hari setelah gejala ringan leptospirosis. Gejalanya dapat bervariasi tergantung pada organ mana yang terinfeksi.

Gejala komplikasi leptospira pada Hati, ginjal, dan jantung

Jika ginjal, hati, atau jantung Anda terinfeksi oleh bakteri Leptospira, Anda mungkin mengalami:

• kehilangan selera makan
  • penurunan berat badan
  • kelelahan
  • pergelangan kaki, kaki, atau tangan yang bengkak
  • pembengkakan hati
  • sulit buang air kecil
  • sesak napas
  • detak jantung yang cepat
  • penyakit kuning

Gejala Infeksi leptospira pada Otak

Jika otak Anda terinfeksi, gejala Anda mungkin termasuk:

• demam tinggi
  • muntah
  • kekakuan atau nyeri leher
  • kantuk berat
  • sulit konsentrasi atau kebingungan
  • perilaku agresif
  • kejang-kejang
  • ketidakmampuan untuk mengontrol gerakan Anda (tremor)
  • ketidakmampuan untuk berbicara (gagap)

Gejala Infeksi leptospira pada Paru-paru

Jika paru-paru Anda terinfeksi, gejala Anda mungkin termasuk:

• demam tinggi
  • sesak napas
  • batuk darah

Beda antara penyakit weil dan leptospirosis

Penyakit Weil disebabkan oleh bakteri Leptospira. Jika infeksi Anda ringan, itu dikenal sebagai leptospirosis. Jika Anda mengalami infeksi parah, itu dikenal sebagai penyakit Weil.

Bakteri Leptospira biasanya menginfeksi beberapa hewan ternak, anjing, dan tikus.

Anda dapat terinfeksi oleh bakteri jika anggota tubuh Anda seperti mata, mulut, hidung, atau luka terbuka pada kulit Anda bersentuhan dengan:

• urin, darah, atau jaringan dari hewan yang membawa bakteri
  • air yang terkontaminasi dengan bakteri
  • tanah yang terkontaminasi dengan bakteri
  • Anda juga dapat tertular leptospirosis jika Anda digigit binatang terinfeksi.

Apa potensi komplikasi dari infeksi leptospirosis?

Jika tidak diobati, leptospirosis akan meningkat status menjadi penyakit Weil, dapat menyebabkan gagal ginjal, gagal hati, atau gagal jantung. Dalam kasus yang jarang terjadi, bisa menyebabkan kematian.

Jika Anda curiga Anda menderita penyakit Weil, buatlah janji dengan dokter Anda. Memulai antibiotik dengan cepat dapat sangat meningkatkan peluang pemulihan. Dokter mungkin juga meresepkan perawatan lain untuk membantu mengelola potensi komplikasi.