Diagnosa, Pengobatan Dan Pencegahan Leptospirosis – Penyakit Weil’s

pengobatan penyakit Weil

Bagaimana penyakit Weil didiagnosis? Jika Anda mengembangkan leptospirosis tahap awal, mungkin sulit untuk didiagnosis. Gejala-gejalanya cenderung menyerupai kondisi-kondisi lain, seperti flu. Namun, penyakit Weil lebih mudah didiagnosis karena gejalanya lebih parah.

Baca: Gejala Infeksi Leptospira

Untuk membuat diagnosis, dokter Anda kemungkinan akan memulai dengan mengambil riwayat kesehatan Anda. Beri tahu dokter Anda jika Anda:

• baru-baru ini bepergian
  • telah melakukan olahraga air
  • telah melakukan kontak dengan sumber air tawar
  • memiliki pekerjaan yang melibatkan hewan atau produk hewani

Jika dokter Anda mencurigai Anda terkena leptospirosis atau infeksi bakteri lain, mungkin segera tes darah, tes urin, atau keduanya.

Laboratorium rumah sakit dapat menguji sampel darah atau urin Anda untuk mengetahui adanya bakteri Leptospira, atau tidak. Dalam kasus penyakit Weil, dokter dapat melakukan pemindaian pencitraan, seperti rontgen dada, dan tes darah untuk memeriksa fungsi hati dan ginjal Anda. Pemindaian rontgen dan tes darah juga dapat membantu dokter Anda mengetahui organ mana yang mungkin terinfeksi.

Bagaimana pengobatan penyakit Weil?

Sebagian besar kasus leptospirosis bersifat ringan dan sembuh sendiri, artinya tubuh Anda bisa mengobati sendiri. Tapi, Jika Anda didiagnosis menderita penyakit Weil, Anda mungkin dirawat di rumah sakit.

Di rumah sakit, Anda kemungkinan akan menerima antibiotik secara intravena untuk membantu membersihkan infeksi bakteri. Antibiotik seperti Penisilin dan doksisiklin adalah dua pilihan disukai.

Anda juga dapat menerima perawatan tambahan, tergantung pada gejala dan organ mana yang terpengaruh. Misalnya, jika Anda kesulitan bernapas, Anda mungkin terhubung ke ventilator. Jika ginjal Anda telah terinfeksi dan rusak, Anda mungkin perlu menjalani dialisis.

Tanyakan kepada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut tentang diagnosis, rencana perawatan, dan pilihan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Bagaimana mencegah penyakit Weil ?

Para ilmuwan telah mengembangkan vaksin yang tampaknya memberikan perlindungan terhadap leptospirosis. Vaksin untuk manusia hanya tersedia di beberapa negara, seperti Kuba dan Prancis.

Namun, vaksin-vaksin ini hanya dapat melindungi terhadap bentuk-bentuk tertentu dari bakteri Leptospira, dan mungkin tidak memberikan efek kekebalan jangka panjang.

Adakah vaksin bakteri Leptospira? Belum ada vaksin leptospirosis yang tersedia untuk Indonesia, meskipun vaksin tersedia untuk anjing, sapi, dan beberapa hewan lainnya.

Jika Anda bekerja di peternakan atau terkait produk hewani, Anda dapat menurunkan risiko infeksi dengan mengenakan alat pelindung yang mencakup:

• sepatu tahan air
  • kacamata
  • sarung tangan

Anda juga harus mengikuti langkah-langkah sanitasi dan pengendalian tikus untuk membantu mencegah penyebaran bakteri Leptospira. Tikus adalah salah satu pembawa infeksi utama.

Hindari air yang tergenang dan air dari limpasan pertanian, dan minimalkan terhadap kontaminasi hewan terhadap makanan atau sisa makanan hewan ternak.