Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Parenting / Tips Sehat Agar Bayi Atau Balita Anda Bisa Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Tips Sehat Agar Bayi Atau Balita Anda Bisa Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

/
/
/
img
0
(0)

Banyak  ibu yang merasa khawatir dan gelisah, ketika tengah malam sang bayi terbangun, mengangis keras dan terus terusan meminta susu atau ASI. Akibatnya, ibu harus terjaga, dan tak jarang ikut begadang menunggu bayi tidur kembali. Hal ini memang biasa dialami oleh orang tua baru. Memberikan bayi tidur nyenyak sepanjang malam, memang tidak mudah. Apalagi jika bayi itu terbilang newborn.

Beberapa hal yang biasa dilakukan ibu sebelum menidurkan bayi adalah mendendangkannya dengan lagu-lagu pengantar tidur. Beberapa ibu menidurkan bayi dalam keadaan gelap, sedang beberapa lainnya dalam keadaan terang. Menidurkan bayi sambil menyusuinya juga dianggap sebagai salah satu cara yang membuat bayi tidur nyenyak.

Lap Tubuh Bayi Dengan Air Hangat

Sebelum bayi Anda tidur, carilah washlap dan masukan ke air hangat. Lalu basuhkan pada setiap bagian tubuh bayi. Dengan begitu bayi akan merasa bersih dan mengurangi rasa gatal akibat bermain seharian.

Ibu juga sebaiknya menggantikan pakaian bayi dengan baju tidur yang berbeda dengan yang digunakan untuk bermain. Kebiasaan ini akan membuat bayi dan anak selalu tidur dalam keadaan bersih, dan dengan begitu ibu telah mempersiapkan bayi tidur nyenyak semalaman.

Memijat dan Mengoleskan Minyak Telon

Setelah seharian bermain, bisa jadi bayi Anda lelah dan letih. Pasti sangat menyenangkan untuk mereka apabila ibu memberikan sedikit pijatan sebelum tidur, agar bayi tidur nyenyak dan mimpi indah.

Jangan lupa mengoleskan minyak telon, agar tubuh bayi bisa lebih hangat. Atur juga suhu ruangan senyaman mungkin, sebaiknya tidak terlalu dingin, karena suhu udara terlalu dingin banyak disebut tidak baik untuk paru-paru bayi.

Membaca murrotal

Nah, jika ibu bisa membaca Alqur’an, silakan disalurkan saat ini juga. membaca surat-surat pendek dari ALqur’an sambil menidurkan bayi, akan membuat bayi lebih mudah tertidur ketimbang mendengarkan music. Suara ibu akan memberikan kenyamanan pada sang bayi, dan bayi meresa bahwa ia selalu bersama ibunya tercinta. Selain itu, akan membuat otak bayi merekam semua murotal yang Anda bacakan

Jangan Lupa Berdoa

Walaupun masih bayi, buka tak mungkin ibu mengajak bayi berdoa sebelum tidur. Bisikan di telinganya doa pengantar tidur, atau bisa dengan mengucapkan sambil memandang wajahnya. Jika ia meliat gerakan mulut ibu, maka ia pun tengah belajar berdoa bersama ibu.

Tidak sulit kan membuat bayi tidur nyenyak dan mendapatkan mimpi indah. Asalkan ibu sabar selalu, maka mimpi yang indahpun akan menjadi milik bayi ibu. Dan, saksikania tersenyum sepanjang malam.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :