Cara Alami Mengobati Batuk Pada Anak-Anak Dan Balita

Cara Mengobati Bayi Batuk

Mengatasi batuk pada anak-anak atau balita memang berbeda dengan mengobati batuk pada orang dewasa. Jika orang dewasa bisa menyembuhkan batuk dengan membeli obat di warung atau toko obat, maka menyembuhkan batuk pada balita tidak bisa dilakukan dengan cara tersebut.

Biasanya orang tua cenderung khawatir atau cemas jika anaknya terkena batuk. Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan, sebab jika anak balita mengalami batuk pasti akan menjadi rewel dan cengeng. Para orangtua juga takut untuk memberikan obat-obatan yang dijual bebas karena takut akan efeksamping yang bisa ditimbulkan.

Efeksamping yang bisa ditimbulkan dari obat-obatan kimia juga bisa dibilang tidak sedikit, maka dari itu lebih baik menggunakan cara alami untuk menyembuhkan batuk pada balita.

Berikut adalah cara alami yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan batuk pada anak:

Terapi uap

Uap dapat melancarkan pernapasan pada hidung. Cara termudah untuk melakukan terapi uap guna menyembuhkan batuk yaitu dengan cara mengkondisikan kamar mandi menjadi kamar mandi uap. Nyalakan air panas di kamar mandi agar menghasilkan uap dan tutup pintu kamar mandi. Anda dapat duduk di dalam bersama si kecil untuk melakukan terapi uap ini selama 15 menit. Terapi ini dapat dilakukan dua kali sehari agar batuk cepat sembuh.

Madu dan lemon

Madu dan lemon merupakan campuran yang baik untuk melegakan tenggorokan karena dapat mengatasi infeksi dan membunuh bakteri. Caranya campurkan satu sendok madu dan lemon ke dalam air hangat dan minumkan pada anak. Banyak yang bilang madu tidak direkomendasikan untuk anak di bawah satu tahun, namun Anda dapat memilih madu balita yang memang sudah khusus diformulasikan untuk anak-anak.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang baik untuk mengatasi batuk pada bayi. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan kunyit pada minuman atau susu dua kali sehari.

Pemijatan

Pijatan lembut pada bayi menggunakan campuran minyak zaitun dan minyak essential akan membuat bayi lebih mudah bernapas. Gunakan minyak kayu putih, rosemary, dan minyak peppermintuntuk memijat si kecil pada bagian dada dan tenggorokan untuk meringankan batuk yang dialami.

Tips Mengobati Batuk Pada Balita yang telah diuraikan di atas merupakan cara sederhana untuk mengobati batuk . Namun jika batuk yang dialami anak tak kunjung sembuh dan semakin parah seperti demam tinggi, sulit bernafas hingga pada kondisi bibir membiru sebaiknya bawalah anak ke Dokter atau rumah sakit untuk mendapat penanganan yang tepat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Tips Sehat Agar Bayi Atau Balita Anda Bisa Tidur Nyenyak Sepanjang Malam Banyak  ibu yang merasa khawatir dan gelisah, ketika tengah malam sang bayi terbangun, mengangis keras dan terus terusan meminta susu atau ASI. Akibatnya, ibu harus terjaga, dan tak jarang ikut begadang menunggu bayi tidur kembali. […]
  • Cara Melihat Dan Memahami Tanda-Tanda Bayi Mulai Tumbuh Gigi Setiap ibu pasti menantikan kapan gigi pertama si Kecil akan mulai tumbuh dan menghiasi senyum manisnya. Ternyata tidak semua bayi memiliki masa pertumbuhan gigi yang sama. Pada umumnya masa pertumbuhan gigi dimulai antara usia 4 sampai […]
  • Cara Mengobati Ruam Atau Alergi Popok pada Kulit Bayi Kulit bayi yang begitu tipis, sangat lembut dan sensitif sangat rentan terhadap iritasi. Apalagi jika bayi terlalu sering menggunakan diapers atau popok sekali pakai yang terlalu ketat dan menahan kelembaban di kulit akan […]
  • Waspada Terhadap Gejala Penyakit Flek pada Anak Penyakit tuberculose (TB) yang menyerang anak atau pada masyarakat di kenal juga dengan nama flek pada anak di tanah air menduduki peringkat yang cukup mengkhawatirkan. Hal ini dapat terjadi karena ada beberapa faktor […]
  • Tips Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak-Anak Pada usia balita, anak-anak membutuhkan hiburan yang sesuai umurnya. Dengan hiburan/mainan yang tepat, maka sekaligus bisa membantunya untuk belajar. Sebab seperti yang kita perhatikan sekarang, hiburan yang ada cenderung tidak ramah […]