Cara Melihat Dan Memahami Tanda-Tanda Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Cara Melihat Dan Memahami Tanda-Tanda Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Setiap ibu pasti menantikan kapan gigi pertama si Kecil akan mulai tumbuh dan menghiasi senyum manisnya. Ternyata tidak semua bayi memiliki masa pertumbuhan gigi yang sama. Pada umumnya masa pertumbuhan gigi dimulai antara usia 4 sampai 6 bulan.

Namun, ada beberapa bayi yang hingga usia tersebut belum juga tumbuh gigi karena memiliki masa pertumbuhan gigi yang lebih lama dari yang lain. Memang masa pertumbuhan gigi pada bayi tidak dapat diprediksi secara tepat. Tetapi beberapa tanda atau gejala mungkin akan muncul apabila bayi akan mulai tumbuh gigi.

Tanda-tanda bayi akan mulai tumbuh gigi

Banyak mengeluarkan air liur

Bayi akan lebih banyak mengeluarkan air liur saat akan mengalami masa pertumbuhan gigi dan hal ini biasanya terjadi pada saat bayi berusia 3 atau 4 bulan.

Ruam di sekitar wajah dan dagu

Karena saat masa pertumbuhan gigi bayi banyak mengeluarkan air liur, maka ruam kulit di sekitar wajah dan dagu si Kecil mungkin terjadi akibat kontak langsung dengan air liur tersebut. Hal itu dapat diatasi dengan cara membersihkan dan mengeringkan air liur yang keluar dengan sapu tangan atau tisu yang lembut.

Batuk

Batuk yang dimaksud di sini adalah bukan karena alergi atau batuk yang disertai flu dan pilek. Namun batuk yang terjadi adalah akibat dari banyaknya produksi air liur sehingga dapat membuat bayi tersedak dan batuk.

Sering menggigit

Saat gigi akan keluar melalui gusi tentu menimbulkan tekanan pada gusi yang akan membuat rasa gatal dan tidak nyaman pada gusi. Karena rasa gatal itulah kemudian bayi akan menggigit apa saja mulai dari mainan, jari,  hingga puting susu ibunya.

Sakit dan rewel

Tekanan yang ditimbulkan saat gigi akan tumbuh keluar melalui gusi dapat menyebabkan peradangan pada gusi yang menimbulkan rasa sakit luar biasa sehingga akan membuat kebanyakan bayi lebih sering menangis dan rewel.

Demam

Peradangan yang dialami oleh gusi saat gigi akan keluar juga dapat menyebabkan demam ringan, selain itu daya tahan tubuh bayi juga akan mengalami penurunan sehingga mereka lebih mudah terkena infeksi dan mengalami gangguan kesehatan lain. Namun jika demam yang dialami berlangsung hingga 3 hari maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Kurang nafsu makan

Bayi yang sudah mulai diperkenalkan dengan makanan padat pendamping ASI bisa saja menolak untuk makan karena rasa sakit dan tidak nyaman selama masa pertumbuhan gigi ini.

Memang tidak semua bayi yang tumbuh gigi mengalami setiap tanda atau gejala di atas, ada bayi yang mungkin akan mengalami salah satu atau beberapa gejala, namun ada juga bayi yang bisa melewati masa pertumbuhan gigi ini dengan cepat dan tanpa banyak keluhan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Cara Alami Mengobati Batuk Pada Anak-Anak Dan Balita Mengatasi batuk pada anak-anak atau balita memang berbeda dengan mengobati batuk pada orang dewasa. Jika orang dewasa bisa menyembuhkan batuk dengan membeli obat di warung atau toko obat, maka menyembuhkan batuk pada balita […]
  • Kenali Efek Buruk Gula Pada Kesehatan Anak-Anak Dan Batita Dampak buruk gula bagi anak-anak bisa sangat terasa sebab mereka cenderung menyukai makanan dan minuman manis. Es krim, gulali, permen, kue, cokelat dan susu manis merupakan makanan manis yang dikonsumsi hampir setiap hari. […]
  • Cara Mengobati Ruam Atau Alergi Popok pada Kulit Bayi Kulit bayi yang begitu tipis, sangat lembut dan sensitif sangat rentan terhadap iritasi. Apalagi jika bayi terlalu sering menggunakan diapers atau popok sekali pakai yang terlalu ketat dan menahan kelembaban di kulit akan […]
  • Cara Memijat Bayi Sendiri Dan Manfaat Dari Pijat Bayi Manfaat pijat bayi ternyata sangat luar biasa, apalagi jika dilakukan sendiri oleh orang tua si anak. Bukan hanya untuk sang bayi, manfaat pijat ini juga bisa terasa bagi Ayah atau Ibu yang memijatnya. Bukan hanya membuat bayi lebih […]
  • Tips Agar Anak Tidak Takut Pergi ke Dokter Gigi Perawatan gigi sejak dini, atau saat anak-anak sangatlah penting, mengingat gigi adalah asset jangka panjang, yang penggunaannya sangat penting. Karenanya, banyak pada ahli kesehatan, dalam hal ini dokter gigi menyarankan orang tua, […]