Cara Mencegah Dan Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Cara Mencegah Dan Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Cara mengobati biang keringat merupakan hal yang yang paling banyak dicari para Ibu yang sedang merawat balitanya. Biang keringat biasanya terjadi karena penyumbatan pori sehingga keringat tidak bisa keluar bebas. Apalagi diperparah dengan cuaca panas dan lembab yang akan mengakibatkan semakin banyaknya keringat yang terjebak.

Terjadinya biang keringat pada bayi biasanya akan membuat bayi menjadi rewel karena merasa gatal dan perih. Sedangkan anak bayi belum tau apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Gejala biang keringat yaitu terjadinya bintik putih atau kemerahan di kulit bayi dan membuat kulit gatal terutama saat cuaca panas.

Biang keringat tidak hanya terjadi pada kulit wajah, tetapi juga bisa berada di eher, punggung, dada, tangan, dan kepala. Jadi jika bayi mengalami biang keringat pastinya akan menjadi rewel dan sering menangis.

Cara mencegah biang keringat

  1. Pastikan untuk menjaga kebersihan badan bayi Anda. Pakaian dan lingkungan juga harus dijaga kebersihannya untuk mencegah terjadinya biang keringat. Jika cuaca panas dan lembab, sering-seringlah mengelap badan anak agar keringat tidak membasahi dan menyebabkan biang keringat.
  2. Jangan memakaian pakaian yang terlalu tebal pada bayi, usahakan pakaian agak longgar dan berbahan yang mudah menyerap keringat. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat pada bayi agar udara bisa bebas melewati sela-sela baju.
  3. Ganti pakaian bayi secara rutin ketika basah atau kotor karena keringat. Cucu pakaiannya sampai benar-benar bersih dan steril, jangan ada sisa sabun saat membilas pakaian.
  4. Buatlah sirkulasi udara yang baik dan memadai di kamar bayi agar udara tidak terlalu panas dan menyebabkan biang keringat.

Cara mengobati biang keringat

  1. Jika bayi terkena biang keringat, berikan obat gatal khusus bayi sehingga lebih aman. Tanyakan pada Dokter atau apoteker saat membeli obat gatal untuk bayi Anda.
  2. Bisa juga dengan menggunakan obat gatal alami untuk mengatasi biang keringat. Caranya yaitu dengan memberi kulit bayi yang gatal dengan tepung tapioka yang dicampur air bersih. Sifat dingin tepung tapioka diyakini dapat mendinginkan kulit bayi yang gatal karena biang keringat. Bahan alami lainnya yaitu dengan melumatkan timun yang dicampur dengan tepung beras, lalu dioleskan ke bagian yang gatal.

Jaga selalu kebersihan badan pakaian dan lingkungan di sekitar anak Anda agar bisa terhindar dari biang keringat. Mudah-mudahan ulasan cara mencegah dan mengobati biang keringat di atas bermanfaat untuk Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Cara Mengobati Ruam Atau Alergi Popok pada Kulit Bayi Kulit bayi yang begitu tipis, sangat lembut dan sensitif sangat rentan terhadap iritasi. Apalagi jika bayi terlalu sering menggunakan diapers atau popok sekali pakai yang terlalu ketat dan menahan kelembaban di kulit akan […]
  • Waspada Terhadap Gejala Penyakit Flek pada Anak Penyakit tuberculose (TB) yang menyerang anak atau pada masyarakat di kenal juga dengan nama flek pada anak di tanah air menduduki peringkat yang cukup mengkhawatirkan. Hal ini dapat terjadi karena ada beberapa faktor […]
  • Cara Alami Mengobati Batuk Pada Anak-Anak Dan Balita Mengatasi batuk pada anak-anak atau balita memang berbeda dengan mengobati batuk pada orang dewasa. Jika orang dewasa bisa menyembuhkan batuk dengan membeli obat di warung atau toko obat, maka menyembuhkan batuk pada balita […]
  • Cara Memijat Bayi Sendiri Dan Manfaat Dari Pijat Bayi Manfaat pijat bayi ternyata sangat luar biasa, apalagi jika dilakukan sendiri oleh orang tua si anak. Bukan hanya untuk sang bayi, manfaat pijat ini juga bisa terasa bagi Ayah atau Ibu yang memijatnya. Bukan hanya membuat bayi lebih […]
  • Kenali Penyebab Demam Pada Anak Agar Tak Salah Obat Demam pada anak seringkali membuat orang tua panik. Hal ini karena anak kecil memang rentan terkena panas dan demam. Orang tua seringkali tergesa-gesa dalam menangani demam pada anak karena khawatir dengan sakit yang dideritanya. […]