Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Parenting / Cara Mengobati Ruam Atau Alergi Popok pada Kulit Bayi

Cara Mengobati Ruam Atau Alergi Popok pada Kulit Bayi

/
/
/
img
0
(0)

Kulit bayi yang begitu tipis, sangat lembut dan sensitif sangat rentan terhadap iritasi. Apalagi jika bayi terlalu sering menggunakan diapers atau popok sekali pakai yang terlalu ketat dan menahan kelembaban di kulit akan menimbulkan ruam kemerahan yang disebut ruam popok.

Selain penggunaan diapers, ruam popok pada bayi bisa juga disebabkan oleh beberapa hal misalnya penggunaan detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian atau kain bayi. Frekuensi buang air besara atau kecil yang belum terkontrol juga dapat memperparah ruam popok yang terjadi pada kulit bayi.

Ruam popok biasanya terjadi pada pantat bayi, lipatan paha, dan daerah sekitar alat kelamin bayi. Gejalanya adalah timbul ruam-ruam kemerahan atau bengkak di sekitar area tersebut. Ruam popok seperti ini biasanya akan sembuh dalam beberapa hari setelah mendapat perawatan di rumah.

Ruam popok pada kulit bayi memang sulit dihindari namun Anda para orang tua dapat melakukan perawatan untuk mencegah dan mengurangi resiko terjadinya ruam popokdengan cara berikut:

  1. Gantilah popok bayi lebih sering karena popok yang dipakai terlalu lama dan sudah banyak menampung urine akan menimbulkan kelembaban.
  2. Bilas pantat dan alat kelamin bayi setiap kali mengganti popok dan pastikan kulit bayi sudah benar-benar kering ketika memakaikan popok kembali.
  3. Keringkan pantat bayi dengan menggunakan handuk atau kain yang lembut dengan cara menepuk-nepuk pelan-pelan, bukan dengan cara menggosokkannya.
  4. Jangan menggunakan popok yang terlalu ketat atau ukuran yang tidak sesuai agar kulit bayi dapat bernapas dan membuat bayi lebih nyaman.
  5. Jangan selalu menggunakan diapers atau popok sekali pakai setiap waktu. Berilah kesempatan kulit bayi untuk bernafas. Sesekali selinggi dengan menggunakan popok kain atau celana biasa ketika berada di rumah.
  6. Ketika mencuci pakaian bayi, bilaslah sampai benar-benar bersih agar tidak ada lagi sisa detergen yang tertinggal pada kain dan menyebabkan iritasi pada kulit bayi.
  7. Oleskan krim yang dapat meredakan ruam yang dapat diperoleh di apotik. Namun penggunaan krim ini juga harus dikonsultasikan pada bidan atau dokter agar tidak terjadi kesalahan penggunaan obat sehingga memperparah ruam popok yang terjadi.
  8. Hindari penggunaan bedak tabur pada area yang mengalami ruam. Meskipun penggunaan bedak tabur dapat mengontrol keringat dan menjaga kulit tetap kering, namun penggunaan bedak pada kulit yang mengalami ruam dapat memperparah ruam popok yang terjadi.

Mudah-mudahan tips mengatasi ruam popok dari klinik Hijau ini dapat membantu Anda yang sedang merawat bayi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :