Kenali Efek Buruk Gula Pada Kesehatan Anak-Anak Dan Batita

Efek Buruk Gula Pada Anak

Dampak buruk gula bagi anak-anak bisa sangat terasa sebab mereka cenderung menyukai makanan dan minuman manis. Es krim, gulali, permen, kue, cokelat dan susu manis merupakan makanan manis yang dikonsumsi hampir setiap hari.

Mulai sekarang, sebaiknya lebih hati-hati dalam memberi asupan pada si kecil, sebab konsumsi gula berlebih bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan bagi anak kita. Efek buruk gula yang bisa terjadi pada anak-anak misalnya mengakibatkan kerusakan gigi, resiko obesitas pada anak dan memicu diabetes tipe 2.

Resiko buruk akibat banyak mengonsumsi gula bagi anak

Berikut adalah resiko kesehatan akibat terlalu banyak mengonsumsi gula bagi si kecil:

Demam, batuk dan alergi

Salahsatu efek negatif akibat banyaknya konsumsi gula yang terjadi pada anak-anak yaitu timbulnya gejala flu. Jika anak Anda mengalami gejala seperti  batuk berlendir, batuk, hidung meler dan gejala infeksi sinus, cobalah untuk mengurangi asupan gula.

Sulit bernapas

Ketika akan tidur, mungkin anak akan terlihat sehat. Namun saat tengah malam terbangun batuk-batuk dan tiba-tiba kesulitan bernapas. Gejala seperti ini sering terjadi pada anak yang sering mengonsumsi susu cokelat. Sebab, kombinasi susu dan gula membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Kekebalan tubuh menurun

Di dalam tubuh terdapat berbagai bakteri baik yang berperan dalam pencernaan makanan, penghasil vitamin, serta melindungi tubuh dari kuman dan penyakit yang mengganggu. Namun, jika anak terlalu banyak mengonsumsi gula maka akan menyebabkan keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri buruk menjadi terganggu.

Hal ini tentu akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Harap perhatikan asupan gula yang dikonsumsi anak supaya tidak berlebihan, konsumsi gula yang seimbang akan membuat kekebalan tubuh anak semakin baik.

Merusak pola makan

Biasanya setelah anak kenyang mengonsumsi jajanan atau minuman manis, maka selera makannya akan terganggu. Mereka tidak lagi menginginkan makanan sehat yang sebenarnya baik untuk tubuh. Berbeda dengan anak yang lebih sering mengonsumsi buah atau sayur, mereka cenderung tidak memilih-milih makanan sehingga lebih mudah makan.

Semoga anak Anda bisa terhindar dari dampak buruk gula. Dengan pemberian gula yang bijak, semoga anak Anda akan selalu terjaga kesehatannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Cara Melihat Dan Memahami Tanda-Tanda Bayi Mulai Tumbuh Gigi Setiap ibu pasti menantikan kapan gigi pertama si Kecil akan mulai tumbuh dan menghiasi senyum manisnya. Ternyata tidak semua bayi memiliki masa pertumbuhan gigi yang sama. Pada umumnya masa pertumbuhan gigi dimulai antara usia 4 sampai […]
  • Tips Agar Anak Tidak Takut Pergi ke Dokter Gigi Perawatan gigi sejak dini, atau saat anak-anak sangatlah penting, mengingat gigi adalah asset jangka panjang, yang penggunaannya sangat penting. Karenanya, banyak pada ahli kesehatan, dalam hal ini dokter gigi menyarankan orang tua, […]
  • Kenali Penyebab Demam Pada Anak Agar Tak Salah Obat Demam pada anak seringkali membuat orang tua panik. Hal ini karena anak kecil memang rentan terkena panas dan demam. Orang tua seringkali tergesa-gesa dalam menangani demam pada anak karena khawatir dengan sakit yang dideritanya. […]
  • Cara Alami Mengobati Batuk Pada Anak-Anak Dan Balita Mengatasi batuk pada anak-anak atau balita memang berbeda dengan mengobati batuk pada orang dewasa. Jika orang dewasa bisa menyembuhkan batuk dengan membeli obat di warung atau toko obat, maka menyembuhkan batuk pada balita […]
  • Cara Memijat Bayi Sendiri Dan Manfaat Dari Pijat Bayi Manfaat pijat bayi ternyata sangat luar biasa, apalagi jika dilakukan sendiri oleh orang tua si anak. Bukan hanya untuk sang bayi, manfaat pijat ini juga bisa terasa bagi Ayah atau Ibu yang memijatnya. Bukan hanya membuat bayi lebih […]