Istilah Dan Kamus Penyakit Abses Otak

Abses otak adalah pembengkakan berisi kumpulan nanah yang terjadi di otak karena infeksi.

Di masa lalu, abses otak dianggap penyakit fatal, namun kemajuan dalam diagnosis dan pengobatan terkini telah meningkatkan peluang hidup untuk penderitanya.

Namun, abses otak tetap merupakan kondisi yang serius dan berpotensi mengancam jiwa. Komplikasi abses otak bervariasi, tergantung pada ukuran abses dan di mana ia terjadi di otak.

Kabar buruknya, tampaknya pria lebih rentan terhadap abses otak dibanding wanita. Dalam penelitian, usia rata-rata onset berkisar antara 24 tahun sampai 57 tahun.

Kamus Abses Otak

Anencephaly – gangguan bawaan saat lahir dan mempengaruhi pembentukan otak dan tulang tengkorak yang mengelilingi kepala, sehingga perkembangan otak terbatas.

Electro encephalogram (EEG) – sebuah prosedur yang mencatat aktivitas listrik otak yang kontinyu dengan menggunakan elektroda tertempel di kulit kepala.

Encephalitis – suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan pada otak. Kondisi ini menyebabkan masalah dengan fungsi otak dan sumsum tulang belakang.

Cedera kepala – sebuah istilah luas yang menggambarkan serangkaian cedera yang terjadi pada kulit kepala, tengkorak, otak, jaringan dan pembuluh darah di kepala. Cedera kepala juga disebut sebagai otak traumatis (TBI – traumatic brain injury), tergantung dari tingkat trauma kepala.

Hydrocephalus – kurangnya penyerapan, penyumbatan aliran, atau produksi berlebih dari cairan tulang belakang serebral yang ditemukan di dalam ventrikel (daerah dengan cairan penuh) di dalam otak.

Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya cairan, yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam kepala membuat tulang tengkorak melebar sehingga kepala tampak lebih besar dari normal.

Magnetic Resonance Imaging (MRI) – sebuah prosedur diagnostik yang menggunakan kombinasi magnet, radiofrequencies, dan komputer untuk menghasilkan gambaran rinci tentang organ dan struktur di dalam tubuh.

Sindrom Neurocutaneous – istilah luas yang menggambarkan sekelompok gangguan neurologis (otak). Tiga jenis sindrom neurokutan yang paling umum adalah sklerosis tuberous, neurofibromatosis (NF), dan penyakit Sturge-Weber.

CT Scan (Pemindaian Komputer Tomografi) – prosedur pencitraan diagnostik yang menggunakan kombinasi sinar-X dan teknologi komputer untuk menghasilkan gambar horizontal, atau aksial tubuh.

CT scan menunjukkan gambar rinci dari setiap bagian tubuh, termasuk tulang, otot, lemak, dan organ tubuh. Pemindaian CT lebih rinci daripada sinar-X

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Istilah Dan Kamus Sirosis hati Sirosis hati atau sirosis hepatis adalah bentuk penyakit liver kronis tahap akhir dimana hati menjadi tidak berfungsi dengan pembentukan jaringan parut dan nodul. Hati adalah salah satu organ terpenting tubuh kita. Ini adalah organ […]
  • IStilah Dan Kamus Reumatoid Artritis Reumatoid artritis (RA) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang persendian menyebabkan peradangan jaringan yang melapisi bagian dalam sendi (synovium) Sinovium berperan membuat cairan yang melumasi […]
  • Istilah Dan Kamus Refluks Gastroesofagus Esophagitis adalah radang atau iritasi esofagus. Esofagus adalah tabung yang mengirimkan makanan dari tenggorokan ke lambung Anda. Refluks asam lambung berarti saat isi perut dan asam kembali masuk ke kerongkongan. Kelainan ini bisa […]
  • IStilah Dan Kamus Penyakit Mata Penyakit mata adalah istilah yang mengacu pada sejumlah penyakit yang berkaitan dengan fungsi mata. Di bawah ini kami sedikit menjelaskan beberapa jenis penyakit mata yang umum dan bagaimana penyakit tersebut diobati. Untuk informasi […]
  • IStilah Dan Kamus Kanker USus Kanker kolorektal adalah kanker kolon (usus besar) atau rektum. Dalam kasus yang paling sulit - ketika kanker telah menyebar ke hati, paru-paru atau tempat lain - operasi menjadi pilihan bagi banyak orang, serta memperpanjang dan […]