Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Abses Otak / Neuroma Akustik

Neuroma Akustik

/
/
/
img
0
(0)

Neuroma akustik (schwannoma vestibular) adalah sejenis tumor otak non-kanker (jinak) yang tumbuh dan menyerang saraf otak pendengaran dan keseimbangan, menyebabkan masalah seperti gangguan pendengaran dan ketidakseimbangan.

Tumor otak Neuroma akustik biasanya tumbuh perlahan selama bertahun-tahun dan tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain (tidak bersifat metastatik)

Penyebab tumor otak Neuroma akustik

Neuroma akustik biasanya tidak memiliki penyebab yang jelas, walaupun sejumlah kecil kasus disebabkan oleh kelainan genetik yang disebut neurofibromatosis tipe 2 (NF2), cenderung mempengaruhi orang dewasa berusia 30 sampai 60

Gejala neuroma akustik

Neuroma akustik mungkin tidak menyebabkan gejala yang jelas pada awalnya. Gejala cenderung muncul dan berkembang secara bertahap, meliputi:

– Gangguan pendengaran yang biasanya hanya mempengaruhi satu telinga
– Tinnitus, mendengung (suara pendengaran yang berasal dari dalam tubuh)
– Muncul gejala vertigo (sensasi rasa bahwa Anda merasa bergerak berputar)

Tumor otak Neuroma akustik yang membesar juga terkadang menyebabkan gejala seperti:

– sakit kepala terus-menerus
– penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan sementara
– mati rasa, sakit atau kelemahan di satu sisi wajah
– Masalah dengan koordinasi dan keseimbangan anggota badan (ataksia) di satu sisi tubuh
– Suara serak atau susah menelan

Diagnosis

Neuroma akustik bisa sulit didiagnosis karena gejalanya bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti penyakit Ménière.

Jika dokter umum Anda mengira Anda memiliki neuroma akustik, Anda akan dirujuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan, seperti:

– Tes pendengaran untuk memeriksa dan menentukan apakah ada masalah pada saraf otak Anda
– Tes MRI, untuk mengambil gambar terperinci bagian dalam kepala Anda
– CT scan, serangkaian sinar-X untuk membuat gambar detil bagian dalam kepala Anda

Pengobatan neuromas akustik

Ada beberapa pilihan pengobatan yang berbeda untuk neuroma akustik, tergantung pada ukuran dan posisi tumor, seberapa cepat pertumbuhan dan bagaimana kondisi kesehatan Anda.

Pilihan utama pengobatan adalah:

– Pemantauan tumor – tumor kecil seringkali hanya perlu dipantau dengan pemindaian MRI biasa, dan perawatan khusus hanya direkomendasikan jika pemeriksaan menunjukkan bahwa tumor semakin besar.
– Operasi otak, adalah operasi untuk mengangkat tumor dari tengkorak kepala.
– Radiosurgery stereotactic – sisa tumor kecil, atau potongan tumor besar yang tersisa setelah operasi, dapat diobati dengan sinar radiasi.

Semua opsi ini membawa beberapa risiko efek sampingan. Misalnya, operasi dan radiosurgery kadang-kadang dapat menyebabkan mati rasa atau kelumpuhan wajah (ketidakmampuan untuk menggerakkan bagian wajah Anda).

Komplikasi Neuroma akustik

Neuroma akustik yang tidak diobati akan membesar dan bisa menjadi masalah serius karena bisa menyebabkan penumpukan cairan di otak yang mengancam jiwa (hydrocephalus).

Namun, jarang bagi penderita untuk mendapat komplikasi hydrocephalus. Semua tumor jinak bisa baik tumbuh lambat atau cepat harus segera diobati sebelum membesar.

Kadang setelah perawatan, gejala seperti gangguan pendengaran dan tinnitus bisa bertahan dan mempengaruhi kemampuan Anda untuk aktifitas, berkomunikasi atau berkendara.

Neuroma akustik kadang-kadang dapat kambuh kembali setelah pengobatan, dan diperkirakan terjadi pada sekitar 1 dari setiap 20 orang yang telah menjalani operasi bedah otak sehingga pemindaian MRI secara teratur tetap diperlukan setelah perawatan apapun, untuk memeriksa apakah tumor tumbuh kembali atau kambuh lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :