Apakah Penyakit Asma Menular Atau Tidak

Apakah Penyakit Asma Menular

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah penyakit asma bisa menular atau tidak , pertama Anda harus memahami bahwa meskipun asma adalah penyakit paru-paru kronis, namun itu bukan penyakit menular.

Asma diketahui menyebabkan peradangan di saluran udara yang pada gilirannya meningkatkan produksi lendir sehingga membuat Anda sulit untuk bernapas.

Ada dua jenis yang berbeda dari asma yaitu asma ekstrinsik dan asma intrinsik.

Pada asma alergi atau ekstrinsik, pemicunya adalah alergen yang mungkin ada di udara seperti bulu binatang atau serbuk sari.

Ketika alergen ini dihirup mereka cenderung untuk merangsang produksi lendir, membuat radang saluran napas dan juga membuat antibodi yang berlebihan.

Asma ekstrinsik merupakan salah satu dari berbagai jenis asma terkait dengan reaksi alergi seperti demam.

Sedangkan  jenis asma intrinsik disebabkan oleh paparan bahan kimia, olahraga atau stres yang pada gilirannya menghasilkan pengembangan hipersensitivitas pada saluran pernapasan.

Asma intrinsik tidak berhubungan dengan alergi dan tidak menyebabkan produksi antibodi, tetapi mempunyai gejala yang sama.

Olahraga, stres atau paparan kimia membuat reaksi hipersensitivitas pada saluran pernapasan, meningkatkan produksi lendir dan menciptakan peradangan.

Dari ke 2 tipe asma di atas, baik Asma intrinsik dan ekstrinsik bukanlah bentuk dari penyakit menular.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang obat-obatan, seperti steroid. Steroid mengurangi peradangan pada saluran pernapasan Anda, yang memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah, tetapi obat tersebut memiliki efek samping bila digunakan jangka panjang, seperti penurunan fungsi kekebalan tubuh dan tekanan darah tinggi.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat untuk membantu mengontrol flare-up jika pada gejala ringan. Obat-obat ini melemaskan otot-otot di sekitar saluran pernapasan, membuka saluran udara Anda.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami serangan lebih dari dua kali seminggu, yang menunjukkan bahwa asma Anda tidak di bawah kendali.

Apakah penyakit asma bisa menular melalui ciuman

Anda tidak bisa mendapatkan asma dari mencium istri/suami Anda. Asma adalah penyakit yang tidak menular (dengan kata lain, tidak dapat menyebar dari orang ke orang).

Mencium istri/suami Anda tidak menyebabkan dia mengalami serangan asma. Suami/istri penderita asma harus bekerja sama dengan dokter untuk menemukan obat terbaik dan pengobatan rejimen untuk membantunya membawa asma yang terkontrol sehingga dia tidak perlu pergi ke UGD.

Apakah penyakit asma bisa menular melalui air liur

Asma tidak dapat ditularkan melalui air liur karena asma adalah penyakit keturunan. Jika orang tua Anda adalah penderita asma, kemungkinan si anak juga akan menderita asma. Namun Anda tidak bisa tertular asma setelah mencium atau mendapat air liur dari seseorang penyandang asma.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Gejala Asma Pada Bayi dan Anak Tidak semua bayi atau anak anda memiliki gejala asma yang sama, namun gejala-gejala ini dapat bervariasi dari episode ke episode. Sebanyak 30 persen dari mereka memiliki setidaknya satu episode mengi pada saat mereka berusia tiga tahun. […]
  • Definisi Penyakit Asma Menurut WHO Menurut organisasi kesehatan dunia - WHO dan para ahli, penyakit Asma adalah penyakit paru-paru kronis (jangka panjang) yang mempersempit saluran udara pada pernafasan. Asma menyebabkan mengi berulang (suara siulan ketika Anda bernapas), […]
  • Asma Ibu Hamil : Penyebab Dan Dampak Utk Bayi Penyebab Asma Ibu Hamil. Kehamilan dengan asma adalah penyakit pernapasan kronis yang dapat memblokir oksigen ke ibu dan janin. Hal ini dapat disebabkan dan dipicu oleh suatu zat yang memiliki potensi ancaman. Kebijakan terbaik adalah […]
  • Istilah Dan Kamus Dalam Penyakit Asma Asma adalah salah satu penyakit pernafasan kronis yang paling umum di dunia. Kata asma berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'sesak napas atau terengah-engah', keduanya secara akurat menggambarkan serangan asma. Serangan asma […]
  • Gejala Asma Pada Usia Remaja Gejala penyakit asma di usia remaja bisa ringan atau berat. Seorang remaja mungkin belum memiliki gejala, baik gejala berat atau ringan, atau sesuatu di antara kedua kondisi tersebut. Gejala asma pada remaja Seberapa sering seorang remaja […]