Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Asma / Apakah Penyakit Asma Menular Atau Tidak

Apakah Penyakit Asma Menular Atau Tidak

(0)

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah penyakit asma bisa menular atau tidak , pertama Anda harus memahami bahwa meskipun asma adalah penyakit paru-paru kronis, namun itu bukan penyakit menular.

Asma diketahui menyebabkan peradangan di saluran udara yang pada gilirannya meningkatkan produksi lendir sehingga membuat Anda sulit untuk bernapas.

Ada dua jenis yang berbeda dari asma yaitu asma ekstrinsik dan asma intrinsik.

Pada asma alergi atau ekstrinsik, pemicunya adalah alergen yang mungkin ada di udara seperti bulu binatang atau serbuk sari.

Ketika alergen ini dihirup mereka cenderung untuk merangsang produksi lendir, membuat radang saluran napas dan juga membuat antibodi yang berlebihan.

Asma ekstrinsik merupakan salah satu dari berbagai jenis asma terkait dengan reaksi alergi seperti demam.

SedangkanĀ  jenis asma intrinsik disebabkan oleh paparan bahan kimia, olahraga atau stres yang pada gilirannya menghasilkan pengembangan hipersensitivitas pada saluran pernapasan.

Asma intrinsik tidak berhubungan dengan alergi dan tidak menyebabkan produksi antibodi, tetapi mempunyai gejala yang sama.

Olahraga, stres atau paparan kimia membuat reaksi hipersensitivitas pada saluran pernapasan, meningkatkan produksi lendir dan menciptakan peradangan.

Dari ke 2 tipe asma di atas, baik Asma intrinsik dan ekstrinsik bukanlah bentuk dari penyakit menular.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang obat-obatan, seperti steroid. Steroid mengurangi peradangan pada saluran pernapasan Anda, yang memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah, tetapi obat tersebut memiliki efek samping bila digunakan jangka panjang, seperti penurunan fungsi kekebalan tubuh dan tekanan darah tinggi.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat untuk membantu mengontrol flare-up jika pada gejala ringan. Obat-obat ini melemaskan otot-otot di sekitar saluran pernapasan, membuka saluran udara Anda.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami serangan lebih dari dua kali seminggu, yang menunjukkan bahwa asma Anda tidak di bawah kendali.

Apakah penyakit asma bisa menular melalui ciuman

Anda tidak bisa mendapatkan asma dari mencium istri/suami Anda. Asma adalah penyakit yang tidak menular (dengan kata lain, tidak dapat menyebar dari orang ke orang).

Mencium istri/suami Anda tidak menyebabkan dia mengalami serangan asma. Suami/istri penderita asma harus bekerja sama dengan dokter untuk menemukan obat terbaik dan pengobatan rejimen untuk membantunya membawa asma yang terkontrol sehingga dia tidak perlu pergi ke UGD.

Apakah penyakit asma bisa menular melalui air liur

Asma tidak dapat ditularkan melalui air liur karena asma adalah penyakit keturunan. Jika orang tua Anda adalah penderita asma, kemungkinan si anak juga akan menderita asma. Namun Anda tidak bisa tertular asma setelah mencium atau mendapat air liur dari seseorang penyandang asma.

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :