Hit enter after type your search item
Statistik Penyebaran Virus Corona Di Indonesia Dan Dunia - Terbaru Hari Ini!
Lihat Di Sini
Home / Penyakit / Asma / Definisi Penyakit Asma Menurut WHO

Definisi Penyakit Asma Menurut WHO

(1)

Menurut organisasi kesehatan dunia – WHO dan para ahli, penyakit Asma adalah penyakit paru-paru kronis (jangka panjang) yang mempersempit saluran udara pada pernafasan.

Asma menyebabkan mengi berulang (suara siulan ketika Anda bernapas), sesak dada, sesak napas, dan batuk. Batuk sering terjadi pada malam atau pagi hari.

Asma mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering dimulai selama masa kanak-kanak. tingkat keparahan dan frekuensi penyakit asma bervariasi dari orang ke orang. Dalam sebuah individu, mereka mungkin terjadi dari jam ke jam atau hari ke hari.

Para ahli sepakat bahwa penyakit asma merupakan penyakit kronis yang perlu dipantau dan dikendalikan seumur hidup.Siapapun orang bisa menderita penyakit asma, meskipun biasanya pertama kali didiagnosis adalah orang muda atau anak-anak.

Apa itu serangan asma?

Menurut para ahli terpercaya, untuk memahami serangan asma, Anda harus mengetahui bagaimana saluran udara bekerja. Saluran udara adalah tabung yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Orang yang memiliki asma berarti mereka memiliki radang saluran udara.

Peradangan membuat saluran udara bengkak dan sangat sensitif. Saluran udara cenderung bereaksi kuat terhadap zat inhalasi tertentu.

Ketika saluran udara bereaksi, otot-otot di sekitar menegang. Ini akan mempersempit saluran udara, menyebabkan udara yang mengalir ke paru-paru menjadi berkurang.

Pembengkakan juga bisa memburuk, membuat saluran udara menjadi sangat lebih sempit, menimbulkan lebih banyak lendir dari biasanya. Lendir adalah cairan lengket, semakin banyak lendir akan semakin mempersempit saluran pernafasan anda, kondisi ini disebut FLARE-UP

Reaksi berantai ini dapat mengakibatkan gejala serangan asma. Gejala dapat terjadi setiap kali saluran pernafasan meradang. Sebuah gejala asma yang mendadak atau flare-up berat kadang-kadang disebut serangan asma.

Bagaimana penyakit asma terjadi?

Penderita asma sering mengalami kesulitan bernapas ketika mereka mendapatkan “pemicu.” Ketika penderita asma memiliki gejala, ini berarti aliran udara terhambat saat masuk dan keluar dari paru-paru yang disebabkan oleh 2 faktor, yaitu:

1. Lapisan saluran udara menjadi meradang (iritasi, memerah dan bengkak), dan menghasilkan lendir lebih banyak.
2. Otot-otot yang mengelilingi saluran udara menjadi sensitif, menciut, dan kencang, menyebabkan penyempitan saluran udara.

Kedua faktor ini menyebabkan nafas sulit masuk dan keluar sehingga ANda akan kesulitan bernapas.

Apakah penyakit asma bisa disembuhkan?

Para ahli berpendapat, penyakit asma sulit disembuhkan. Kebanyakan penderita asma dapat hidup normal seperti umumnya, mereka punya kehidupan yang aktif asal mereka mau belajar bagaimana menjaga menjaga penyakitnya dari pemicu. Jika Anda memiliki asma, Anda dapat mengendalikannya:

1. Menghindari pemicu asma seperti: tungau, debu, hewan berbulu, kecoa, jamur, serbuk bunga, infeksi virus, dan polutan udara tertentu.
2. Minum obat dari dokter
3. Mengikuti arahan dari tim kesehatan

Jika Anda memiliki asma, Anda dapat mengambil peran aktif untuk mengelola penyakit. Untuk keberhasilan sebuah pengobatan yang menyeluruh dan berkelanjutan, Anda perlu membangun kemitraan dengan dokter dan penyedia layanan kesehatan lainnya.

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :