Gejala Penyakit Asma Pada Kehamilan

Gejala Penyakit Asma Pada Kehamilan

Gejala Penyakit Asma Pada Kehamilan. Asma adalah penyakit paru-paru kronis yang dapat membuat sulit untuk bernapas. Ini adalah salah satu penyakit yang paling umum menyerang wanita selama kehamilan.

Jika Anda penderita asma, tidak ada cara untuk mengetahui bagaimana kehamilan Anda akan mempengaruhi. Asma Anda mungkin menjadi lebih buruk selama kehamilan.

Bahkan jika Anda tidak memiliki riwayat asma, Anda mungkin mengalami serangan asma saat Anda sedang hamil.

Gejala

Pelajari tentang gejala dan potensi risiko asma selama kehamilan.  Gejala umum dari asma termasuk:

– sesak di dada
– kesulitan bernapas
– batuk
– mengi

Anda juga harus mendapatkan nasihat medis jika Anda menggunakan inhaler, atau pengobatan lain karena bisa mempengaruhi janin dan kehamilan Anda.

Jika gejala asma selama kehamilan menjadi lebih buruk, ada kesempatan baik untuk kontrol pada trimester kedua atau ketiga selama Anda hamil.

Meskipun belum ada obat untuk asma, perawatan yang tersedia untuk membantu Anda mengelola kondisi Anda sendiri. Dokter akan membantu atau menyesuaikan rencana pengobatan asma Anda selama kehamilan.

Penyebab

Para ahli belum menunjukkan apa penyebab secara pasti dari perubahan asma selama kehamilan. Ini mungkin melibatkan hormon, kata Larry Altshuler, M.D., seorang praktisi di Pusat Medis Regional Southwest di Tulsa, Oklahoma.

“Hormaon estrogen dapat menyebabkan hidung tersumbat dan sinus, dan progesteron dapat menyebabkan peningkatan sesak napas,” kata Altshuler. “Masalahnya adalah dengan produksi yang tidak menentu dari estrogen dan progesteron yang dapat menyebabkan gejala asma selama kehamilan.”

Cara mencegah serangan asma selama kehamilan

Anda mungkin tidak dapat mencegah semua gejala asma selama kehamilan, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menurunkan risiko serangan asma:

– Hindari alergen.
– Hindari iritasi potensial dari rumah Anda, seperti penyegar udara ruangan.
– Jangan tidur dalam waktu dua jam setelah makan. Gastroesophageal reflux, atau asam refluks, adalah umum selama kehamilan, dan itu dapat memicu gejala asma.

Katakan kepada dokter Anda jika Anda melihat perubahan dalam gejala asma selama anda hamil. Dokter akan membantu Anda menyesuaikan rencana pengobatan asma dan membantu menjaga Anda dan bayi Anda sebelum kelahiran.


Image illustrasi : huffpost.com

Beri Vote Jika Bermanfaat

Artikel Terkait

  • Gejala Asma Pada Usia RemajaGejala Asma Pada Usia Remaja Gejala penyakit asma di usia remaja bisa ringan atau berat. Seorang remaja mungkin belum memiliki gejala, baik gejala berat atau ringan, atau sesuatu di antara kedua kondisi […] Posted in Asma
  • Asma Ibu Hamil : Penyebab Dan Dampak Utk BayiAsma Ibu Hamil : Penyebab Dan Dampak Utk Bayi Penyebab Asma Ibu Hamil. Kehamilan dengan asma adalah penyakit pernapasan kronis yang dapat memblokir oksigen ke ibu dan janin. Hal ini dapat disebabkan dan dipicu oleh suatu zat yang […] Posted in Asma
  • 10 Cara Cerdas Mencegah Asma Saat Anda Hamil10 Cara Cerdas Mencegah Asma Saat Anda Hamil Salah satu kondisi serius selama kehamilan adalah asma. Insiden asma semakin besar hampir sekitar 10% menyerang wanita hamil. Eksaserbasi alergi asma lebih sering muncul pada awal […] Posted in Asma
  • Istilah Dan Kamus Dalam Penyakit AsmaIstilah Dan Kamus Dalam Penyakit Asma Asma adalah salah satu penyakit pernafasan kronis yang paling umum di dunia. Kata asma berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'sesak napas atau terengah-engah', keduanya secara akurat […] Posted in Asma
  • Gejala Asma Pada Bayi dan AnakGejala Asma Pada Bayi dan Anak Tidak semua bayi atau anak anda memiliki gejala asma yang sama, namun gejala-gejala ini dapat bervariasi dari episode ke episode. Sebanyak 30 persen dari mereka memiliki setidaknya satu […] Posted in Asma
  • 7 Cara Mencegah Asma Pada Bayi Baru Lahir7 Cara Mencegah Asma Pada Bayi Baru Lahir Ada kabar baik bahwa ibu hamil penderita asma tidak meningkatkan kesempatan untuk memiliki bayi cacat lahir atau memiliki penyakit asma. Banyak studi menunjukkan bahwa asma dapat […] Posted in Asma
Bagikan Ke Temanmu: