Istilah Dan Kamus Dalam Penyakit Asma

Asma adalah salah satu penyakit pernafasan kronis yang paling umum di dunia. Kata asma berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘sesak napas atau terengah-engah’, keduanya secara akurat menggambarkan serangan asma.

Serangan asma menyebabkan infeksi paru-paru, kelelahan dan batuk. Serangan asma menyebabkan kesulitan bernapas. Asma akut berlangsung dalam waktu singkat. Asma kronis bila berlangsung berhari-hari.

Kamus Asma

Alergi – reaksi tubuh terhadap makanan tertentu atau zat lain seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan atau gigitan serangga.Rinitis alergi – kondisi umum dimana bagian dalam hidung anak meradang jika bersentuhan dengan alergen seperti serbuk sari, debu atau hewan peliharaan.

Antihistamin – obat untuk mengurangi gejala alergi, tersedia dari dokter umum atau apotek.

Serangan asma – saat gejala asma (batuk, mengi, sesak napas, dada kencang) semakin parah dan sulit bagi mereka untuk bernafas.

Bronchiolitis – infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus yang dapat mempengaruhi bayi dan anak kecil di bawah dua tahun.

Bronkodilator – sekelompok obat asma untuk membuka saluran udara, membuat pernapasan lebih mudah.

Kombinasi inhaler – pemebrian kombinasi inhaler yang menggabungkan dua jenis obat: pereda seperti sesak napas dan kortikosteroid untuk mencegah peradangan pada saluran udara penderita.

Eksaserbasi – profesional kesehatan kadang-kadang menggunakan kata ini untuk menggambarkan serangan asma – ketika gejala asma (batuk, mengi, sesak napas, dada yang kencang) semakin parah dan mereka perlu menggunakan inhaler.

Inhaler – alat yang digunakan untuk mengantarkan obat asma ke paru-paru dengan cara menghirupnya.

Teknik inhaler – cara menggunakan inhaler. Teknik inhalasi yang baik itu penting karena membantu obat masuk langsung ke paru-paru di tempat yang dibutuhkannya, bukan berakhir di bagian belakang tenggorokan atau di mulut.

Leukotriene receptor antagonists (LTRAs) – pengobatan tambahan non-steroid yang diresepkan untuk membantu gejala asma dengan mencegah peradangan di saluran napas. LTRA biasanya merupakan pilihan pertama untuk pengobatan asma pada anak balita.

Infeksi saluran pernapasan – infeksi apapun yang mempengaruhi sistem pernapasan, biasanya disebabkan oleh virus. Flu biasa adalah infeksi saluran pernapasan bagian atas yang mempengaruhi hidung, sinus dan tenggorokan.

Rhinitis – ini adalah kondisi umum saat bagian dalam hidung meradang. Gejala khas meliputi hidung tersumbat, gatal atau berair, mata gatal dan tenggorokan gatal. Rhinitis bisa membuat gejala asma memburuk.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • IStilah Dan Kamus Kanker Nasofaring Karsinoma nasofaring adalah kanker yang terjadi di nasofaring, di belakang hidung dan di atas bagian belakang tenggorokan Anda. Karsinoma nasofaring sulit dideteksi sejak dini. Itu mungkin karena gejala karsinoma nasofaring meniru […]
  • IStilah Dan Kamus Reumatoid Artritis Reumatoid artritis (RA) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang persendian menyebabkan peradangan jaringan yang melapisi bagian dalam sendi (synovium) Sinovium berperan membuat cairan yang melumasi […]
  • Istilah Dan Kamus Penyakit Herpes Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Herpes mulut menyebabkan luka dingin di sekitar mulut atau wajah. Genital herpes mempengaruhi alat kelamin, bokong atau daerah dubur. Genital herpes adalah penyakit […]
  • Ciri-ciri Dan Gejala Asma Bronkitis Ciri-ciri Dan Gejala Asma Bronkitis. Asma bronkitis mengacu pada insiden bronkitis akut pada orang dengan asma. Bayi, anak-anak, dan orang lanjut usia memiliki risiko tertinggi mengembangkan asma bronkitis akut. Asma bronkitis akut […]
  • IStilah Dan Kamus Dalam Sakit Pinggang Nyeri pinggang bawah sangat bervariasi mulai dari kadang muncul kadang tidak, kemudian berkembang secara bertahap hingga nyeri terus-menerus di pinggang bawah. Penyebab yang paling umum adalah ketegangan otot yang sering dikaitkan […]