Waspadai, Kecoa Penyebab Asma Anak-Anak

Bagi sebagian orang menyebutkan nama kecoa membuat bulu kuduk berdiri. Tapi, kecoak adalah fakta kehidupan di perkotaan dan perkampungan kumuh.

Bagi sebagian dari kita, paparan kecoak merupakan bagian penting dari penyebab asma. Pelajaran penting untuk kita sekarang adalah, mempelajari dan memahami informasi tentang hubungan antara paparan kecoa dan asma.

Bagaimana kecoa bisa menyebabkan asma

Beberapa orang dilahirkan dengan kecenderungan untuk membuat respon alergi. Kebanyakan orang penderita asma memiliki kecenderungan untuk membuat respon alergi pada tabung bronkial selama mereka menarik nafas.

Selain menjijikkan, ternyata kotoran dan puing-puing dari bangkai kecoa yang membusuk, kering, yang tersapu angin masuk ke pernafasan – tabung bronkial – kemudian direspon oleh sistem kekebalan tubuh – untuk orang tertentu – sebagai sinyal untuk membuat reaksi alergi. Seperti yang Anda tahu, reaksi alergi pada saluran bronkial adalah asma.

Kecoa penyebab asma bayi dan anak

Dan asma terburuk ditemukan pada bayi dan anak-anak yang memiliki kecenderungan alergi untuk membuat reaksi akibat alergen kecoa dan paparan konsentrasi tinggi dari alergen kecoa di rumah mereka.

Anak-anak di rumah penuh kecoa yang tidak memiliki sensitivitas alergi terhadap kecoa mungkin mereka tidak memiliki asma berat.

Demikian pula, anak-anak yang memiliki kecenderungan untuk memiliki reaksi alergi kecoa tapi tinggal di rumah dengan sedikit kecoa juga kurang mungkin untuk memiliki asma berat.

Dan sebaliknya….

Itu adalah kombinasi dari kedua kecenderungan alergi dan paparan alergen yang menempatkan anak-anak dan bayi pada risiko terbesar untuk asma.

Bagian tubuh kecoa yang menyebabkan alergi asma

Air liur, tinja dan semua bagian isi tubuh kecoa dapat menyebabkan asma dan alergi. Alergen kecoa ini bertindak seperti tungau debu, memperparah gejala asma ketika bagian-bagian tubuh kecoa ditiup udara.

Tanda-tanda alergi kecoa

Tanda-tanda dan gejala alergi kecoa bisa dipelajari, meliputi:

– Batuk
– Hidung tersumbat
– Ruam kulit
– mengi
– Infeksi telinga
– Infeksi sinus

Dalam banyak kasus alergen kecoa, gejala-gejala dan tanda-tanda menjadi kronis, berlangsung di luar alergi musiman secara khusus.

Cara mendeteksi alergi kecoa

Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki alergi kecoa, yang bisa dilakukan adalah tes kulit. Tes ini melibatkan cairan khusus alergen yang dioleskan ke permukaan kulit Anda, kemudian dibiarkan sekitar 15 menit.

Reaksi positif ditandai seperti kulit mengangkat, benjolan merah dan gatal. Jika reaksi mengembangkan, dokter akan merekomendasikan obat, baik resep atau suntikan alergi, yang membantu tubuh Anda menjadi kurang sensitif terhadap alergen tertentu.

Cara menghilangkan kecoa rumahan

Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk mencegah alergi kecoa adalah untuk menghilangkan serangga ini dari rumah Anda.

Berikut tips nya:

– Menjaga rumah agar bersih, termasuk dapur lantai, wastafel, lemari dan kompor.
– Jauhkan wadah makanan dan tutup rapat bak sampah.
– Memperbaiki kebocoran rumah Anda karena secara tidak sadar bisa memberikan akses kecoa ke air.
– Hindari tumpukan – koran, baju kotor, majalah atau piring kotor.
– Berkonsultasi dengan petugas pengendalian hama atau pembasmi hama.