10 Cara Cerdas Mencegah Asma Saat Anda Hamil

Salah satu kondisi serius selama kehamilan adalah asma. Insiden asma semakin besar hampir sekitar 10% menyerang wanita hamil.

Eksaserbasi alergi asma lebih sering muncul pada awal trimester ketiga kehamilan. Ini adalah masalah besar selama kehamilan, karena ibu hamil membatasi obat selama kehamilan.

Sekitar 30% dari wanita hamil dengan asma merasakan gejala sangat tidak nyaman selama kehamilan mereka. Sebaliknya, 30% dari wanita penderita asma merasa lebih baik selama kehamilan ketika mereka bisa mengendalikan penyakit tersebut.

Ibu hamil yang menderita asma, memerlukan perawatan segera selama kehamilan mereka. Oksigen sangat penting bagi ibu dan janin.

Setiap wanita hamil membutuhkan pengobatan yang akurat untuk mempertahankan tingkat oksigen yang tepat serta fungsi paru-paru mereka. Tingkat oksigen harus normal untuk menjaga pasokan oksigen ke janin.

Kebanyakan, ibu hamil dengan asma memiliki kelahiran normal dan bayi yang sehat. Tapi, pasokan miskin oksigen dapat mengurangi berat badan bayi.

Dengan mengetahui risiko dan bahaya asma selama kehamilan, Anda bisa menentukan sikap untuk bertindak dalam pencegahan insiden asma. Berikut tips yang perlu untuk Anda mempertimbangkan

1. Hindari bulu atau hewan berbulu

Jika Anda adalah seorang pasien asma, Anda selalu perlu untuk menjaga jarak yang cukup dari hewan peliharaan berbulu atau sesuatu yang berbulu seperti sulak, karpet bulu dll. Hal ini dilarang keras, jika Anda memiliki alergi.

2. Menjaga Anda tetap higienis dan rumah yang bersih

Selalu mencoba untuk higienis dan menjaga rumah Anda untuk selalu bersih. Cobalah rutinitas mencuci dan mengganti tirai, tempat tidur, dan sofa selimut.

Jika perlu, menggunakan pestisida ringan di rumah Anda untuk menghapus kecoak, tungau, semut dll

3. Gunakan masker

Gunakan masker saat Anda berada di jalan atau di luar ruangan: Jika Anda memiliki hipersensitivitas atau alergi spora atau serbuk sari, lebih baik jangan keluar rumah.

Jika Anda perlu pergi ke luar untuk beberapa alasan tertentu. gunakan masker setiap kali Anda melangkah keluar dari rumah atau ruangan.

4. Tingkatkan makanan bergizi

Makanan bergizi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda saat hamil

Pasien asma selalu dianjurkan untuk makan makanan yang memiliki vitamin A, E, dan C, makanan bergizi seperti ini akan meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Sejumlah tertentu penelitian juga menunjukkan bahwa diet ikan dan apel dapat mencegah asma saat hamil.

5. Hindari es krim atau minuman dingin

Asma memiliki hubungan erat dengan minuman es atau sesuatu yang dingin. Minuman dingin dapat menyebabkan serangan asma berat selama kehamilan. Oleh karena itu, Anda harus menghindari kebiasaan tersebut terutama selama kehamilan Anda.

6. Periksa setiap makanan yang akan dikonsumsi.

Sejumlah perempuan sangat sensitif terhadap pengawet dan pewarna makanan karena dapat bertindak sebagai penyebab utama asma. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati sebelum makan makanan olahan atau sebelum memasak.

7. Tinggalkan asap

Hal ini juga diketahui bahwa asap rok0k akan meningkatkan asma parah. Namun, asap disini tidak hanya temb4kau. Anda perlu menjauhkan diri dari semua jenis asap seperti asap dapur, knalpot kendaraan, bakaran sampah dll.

Jadi, Anda harus menghindari daerah-daerah berasap dan mencoba untuk mengambil udara segar sebanyak mungkin.

8. Hindari aroma kuat

Pasien asma selalu disarankan untuk menghindari bau zat yang kuat. Selama kehamilan Anda harus menghidar jauh dari bau zat yang kuat, seperti deodoran, parfum, cat, semprotan, cairan pembersih, dll

9. Latihan yoga secara teratur

Kecemasan mengundang serangan asma selama kehamilan. Jadi, cobalah untuk melakukan yoga secara teratur, karena sangat membantu untuk menghilangkan stres Anda.

10. Olahraga khusus

Biasanya ada sejumlah olahraga khusus untuk kehamilan. Namun, ada juga beberapa olahraga khusus yang Anda perlu dihindari karena asma.

Dalam kasus tersebut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai latihan apapun untuk menentukan jenis aktifitas fisik terbaik, untuk mencegah asma saat Anda hamil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Pada Temanmu!