Mitos & Fakta, Bolehkah Penderita Asma Minum Susu

Mitos & Fakta, Bolehkah Penderita Asma Minum Susu

Sebuah mitos mengatakan bahwa penderita asma harus menghindari susu. Mitos ini berawal dari kesalahpahaman bahwa produk susu akan meningkatkan lendir di saluran udara, sehingga memicu serangan asma.

Mitos

Untuk melawan mitos ini, Dewan Asma Nasional Australia mengingatkan penderita asma, terutama anak-anak, untuk orang tua atau pengasuh mereka bahwa minuman susu tidak menyebabkan asma dan jarang memicu gejala asma, menghindari minum susu adalah sebuah kesalahan dengan konsekuensi merugikan kesehatan.

Professor Mimi Tang, Jubir Dewan Asma Nasional dan alergi pediatrik dan imunologi bekerjasama dengan Rumah Sakit Melbourne Royal Children mengatakan:

“Tidak ada bukti klinis bahwa penderita asma yang mengurangi atau menghindari minum susu akan memperbaiki gejala asma, kecuali ada sejarah dan bukti yang jelas dari alergi susu.”

“Susu tidak menyebabkan produksi lendir. Ketika Anda minum susu, produksi air liur Anda sementara meningkat dan banyak orang bingung ini dan menganggap itu adalah lendir. ”

Profesor Tang menambahkan, “Kurang dari 2% dari orang dewasa dan 11% anak-anak mengalami gejala asma terkait dengan makanan, termasuk susu. Dalam hal ini, gejala asma hampir selalu dikaitkan dengan fitur-fitur lain dari alergen makanan seperti gatal-gatal. ”

Dalam sebuah percobaan klinis dari 20 penderita asma – 10 orang percaya bahwa penderita asma minum susu akan meningkatkan gejala asma dan 10 orang tidak percaya.

Semua koresponden diberi uji tantangan minum susu, kondisi awal dan tes fungsi paru-paru telah dicatat baik sebelum dan setelah tantangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pasien asma yang melaporkan peningkatan batuk atau produksi dahak setelah mengikuti uji tantangan minum susu.

Fakta

Sebuah studi internasional baru-baru ini menunjukkan bahwa asupan susu dan produk susu tidak terkait dengan peningkatan gejala asma.

Justru sebaliknya, penderita asma minum susu dikaitkan dengan penurunan gejala asma meskipun sulit untuk mengetahui apakah ini merupakan akibat langsung dari asupan susu atau hanya sebuah temuan sementara.

Juga, Dewan Asma Nasional menyarankan penderita asma minum susu dan produk susu lainnya sebagai bagian dari diet seimbang, diet bergizi.

Ahli diet susu Australia Janine Cornel mengatakan:

“Bahaya mitos tersebut menyebabkan penderita asma akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka.

Makanan susu secara alami mengandung lebih dari 10 nutrisi penting termasuk kalsium, riboflavin, protein, vitamin A dan B12.

Penelitian telah menemukan bahwa anak-anak yang menghindari susu sapi berada pada risiko yang lebih besar dari kekurangan nutrisi ini, mereka memiliki konsekuensi masalah kesehatan yang serius.

Kami sangat prihatin, orang tua mengurangi makanan susu dalam diet anak-anak mereka. Padahal, studi telah menunjukkan bahwa 47 persen dari orang tua telah mengubah diet anak-anak mereka karena sakit asma.

Sebagian besar dari orang tua memilih untuk menghindarkan anak-anak mereka dari minum susu dan tidak berkonsultasi lebih dulu dengan dokter mereka atau ahli gizi. ”

Kedua Profesor Tang dan Ms Cornel mendorong penderita asma atau orang tua yang memiliki anak dengan asma untuk berbicara dengan dokter mereka sebelum melakukan perubahan pola makan.

Kesimpulan

Mitos : Penderita asma harus menghindari minum susu karena bisa meningkatkan gejala asma

Fakta : Penderita asma yang minum susu dikaitkan dengan penurunan gejala asma. Anak-anak yang tidak minum susu akan mengalami konsekwensi dari gangguan kesehatan yang serius.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Bagikan Pada Temanmu!

Artikel Terkait

  • Mengenal Teknik Bowen Untuk Mengobati Asma Sebuah sistem pijat rileksasi di Australia dikenal dengan istilah teknik bowen. Teknik pijat ini banyak digunakan untuk mengobati asma, dan dalam banyak kasus penderita asma bisa sembuh total serta tidak membutuhkan inhaler lagi. Penemu […]
  • Asma Ibu Hamil : Penyebab Dan Dampak Utk Bayi Penyebab Asma Ibu Hamil. Kehamilan dengan asma adalah penyakit pernapasan kronis yang dapat memblokir oksigen ke ibu dan janin. Hal ini dapat disebabkan dan dipicu oleh suatu zat yang memiliki potensi ancaman. Kebijakan terbaik adalah […]
  • 7 Cara Mencegah Asma Pada Bayi Baru Lahir Ada kabar baik bahwa ibu hamil penderita asma tidak meningkatkan kesempatan untuk memiliki bayi cacat lahir atau memiliki penyakit asma. Banyak studi menunjukkan bahwa asma dapat dikontrol dengan obat-obatan selama kehamilan dengan […]
  • Ancaman Tersembunyi Bahan Kimia Tatoo Menyebabkan Kanker Kulit Dewan Kanker Di Australia telah memperingatkan bahwa tato dapat menutupi kanker kulit dan mencegah diagnosis dini, dan bahwa beberapa tinta tato sebenarnya mengandung zat-zat kimia yang bisa menyebabkan kanker kulit. Banyak […]
  • 8 Penyebab Asma Secara Biologis Meskipun banyak penelitian telah mengungkapkan tentang fakta-fakta biologis dan fisiologis terkait penyebab asma selama dekade terakhir, namun kita masih belum benar-benar memahami apa sebenarnya yang menyebabkan penyakit ini. Para […]